$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Wow Excellent! Anak Buah Ahok Pengganti Anies

GELORABANGSA - Seperti yang sudah kita ketahui rentang pada 2022 - 2023 bakal banyak kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya. Terd...



GELORABANGSA - Seperti yang sudah kita ketahui rentang pada 2022 - 2023 bakal banyak kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya. Terdapat 271 daerah yang akan dipimpin oleh Pj pada 2022-2023. Sebanyak 101 kepala daerah hasil pilkada 2017 habis masa jabatannya pada 2022, dan 170 kepala daerah hasil pilkada 2018 habis masa jabatannya pada 2023. Untuk Gubernur, bakal ada 7 kepala daerah yang akan habis masa jabatannya di 2022 dan 17 orang pada 2023. Jadi totalnya ada 24 gubernur akan lengser sebelum 2024.

Konsekuensi dari Pilkada Serentak 2024 tidak hanya terasa bagi kepala daerah yang kehilangan panggung, melainkan juga daerah yang ditinggalkan. Menurut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, untuk kepala daerah yang masa jabatnnya habis pada 2022-2023, maka Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menunjuk penjabat (Pj) gubernur pada 2022 dan 2023. Berbeda dengan Plt maupun Plh, Pj disebut memiliki kewenangan penuh sesuai dengan aturan di UU Pemilu dan UU Pilkada.

Nah, dari sekian banyaknya jabatan yang bakal di isi oleh Pj pengganti sudah barang tentu yang menarik salah satunya di pemprov DKI Jakarta. Pasalnya pada Oktober 2022 masa jabatan Anies Baswedan sebagai gubernur akan berakhir. Maka dengan demikian akan digantikan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.


 
Sementara itu penetapan jadwal pemilihan umum (Pemilu) 2024 masih menjadi perdebatan. Tarik-ulur terjadi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan legislatif. Mereka belum satu suara memutuskan tanggal pemungutan suara. Semula pileg dan pilpres pada 21 Februari 2024. Sementara pilkada, digelar 27 November 2024. Akan tetapi kemudian Kemendragi dalam hal ini pemerintah usul pada 15 Mei 2024. Sehingga di parlemen terjadi tarik ulur.

Sikap partai politik di DPR pun beragam mengenai perbedaan tanggal pemilu ini. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menolak usulan dari pemerintah.

Sementara itu, empat partai lainnya; Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai NasDem mendukung usulan pemerintah agar pencoblosan Pemilu 2024 dilaksanakan 15 Mei 2024.

Baik kita tinggalkan sejenak tarik ulur soal penetapan tanggal pileg, pilpres dan pilkada serentak pada 2024 yang masih mbulet dan belum ketemu kata sepakat setidaknya sejak artikel ini dibuat.

Saya justru tertarik dengan pesan epic yang hendak disampaikan oleh Presiden Jokowi melalui pejabat (Pj) gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. DKI Jakarta memang wilayah yang seksi untuk digelitik. Saat ini sedang santer rumor yang berkembang bahwa mantan anak buah Ahok yang digadang-gadang gantikan Anies. Jika benar maka ini bisa menjadi hantaman yang sangat telak tapi halus, terutama bagi para pendukung Anies Baswedan saat pilkada DKI Jakarta tahun 2017 silam.

Rupanya waktu 5 tahun terasa begitu cepat. Dan sudah barang tentu akan timbul pertanyaan-pertanyaan umum dari masyarakat. Apa yang sudah Anies Baswedan kerjakan selama menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta?

Mengapa Indeks Kebahagiaan Warga DKI Jakarta sejak Anies menjadi gubernur justru semakin rendah. Dan mengapa bangunan yang sifatnya monumental dan terlihat oleh mata telanjang terkesan dikebut sedemikian rupa? Misal JIS yang mana project itupun sudah ada sejak era Jokowi. Atau ajang Formula E yang masih diselimuti misteri sampai saat ini.

Jika jadi, apakah itu salah satu strategi menutupi kegagalan dan biar dipandang sukses oleh rakyat? Saya rasa saat ini masyarakat sudah pintar, mana yang pencitraan mana yang kenyataan dan tak mudah dikelabui begitu saja.

O, iya lantas bagaimana dengan janji kampanye seperti DP Nol, bagaimana realisasinya? Lalu Ok Oce, janji mengatasi banjir, sumur resapan, mengurangi pengangguran di DKI dan lain sebagainya itu. Kiranya terlalu banyak problem di DKI Jakarta yang belum terselesaikan sepanjang 5 tahun menjabat.

Belum termasuk dengan persoalan-persoalan tata kelola keuangan pemprov DKI Jakarta di mana BPK kerap menemukan over pay atau kelebihan bayar. Seperti tak ada habisnya saja. Tapi yang bersangkutan justru terlihat sibuk mengunggah penghargaan di akun sosial medianya yang diikuti pujian ndakik-ndakik para pendukungnya yang berbaris rapi dan patuh dalam satu komando.

Maka tidak keliru jika kemudian figure yang digadang-gadang pejabat (Pj) gubenur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan adalah orang yang mumpuni di bidangnya dan dulu anak buah Ahok saat masih menjadi gubernur.

Dan orang tersebut adalah Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Kiprah Heru Budi Hartono di birokasi Pemprov DKI cukup mumpuni. Jabatan terakhir di DKI yakni Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta 2015-2017. Sebelumnya, dia menjabat Wali Kota Jakarta Utara tahun 2014.

Berikut profil Heru Budi Hartono:


 
Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara (1993)
Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara (1995)
Kasubbag Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara (1999)
Kasubbag Sarana & Prasarana Kota Jakarta Utara (2002)
Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara (2007)
Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara (2008)
Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta (2013)
Wali Kota Jakarta Utara (2014)
Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta (2015)
Kepala Sekretariat Presiden (2017)
Melihat latar belakang Heru Budi Hartono di atas sudah barang tentu sangat mengenal betul dapur pemprov DKI Jakarta. Dengan latar belakang sebagai mantan Wali Kota dan sebagai Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta sudah barang tentu tidak main-main. Jejak warisan tata kelola keuangan di era Anies Baswedan dapat dipelototin dan disisirnya dengan cermat.

Jika Heru adalah mantan anak buah Ahok sudah dapat dipastikan jaminan mutu soal kinerjanya. Jika yang bersangkutan tidak becus dan bagus sudah barang tentu tak ditarik oleh Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

Jika benar, keterpilihan Heru anak buah Ahok ini, seperti menghapus euforia kemenangan pendukung Anies Baswedan yang merebut kursi Balai Kota DKI Jakarta melalui pilkada yang buruk sepanjang sejarah perpolitikan di Indonesia yang disertai demo berjilid-jilid membuang duit rakyat dan juga seperti menghapus jejak sepanjang 5 tahun kepemimpinan Anies Baswedan yang kerap menguras energi warga.

Jabatan (Pj) Heru pengganti Anies sebagai orang nomor 1 di DKI Jakarta ini terbilang lumayan lama sampai tahun 2024 atau sampai pilkada serentak sukses dilaksanakan. Sampai di sini Ahok menang banyak. Usai keluar dari penjara menjadi Komisaris Utama di Pertamina lalu anak buahnya menjadi pengganti Anies. Hmmm, excellent. Cara Jokowi memang keren gila. Langkah caturnya sulit ditebak. Lawan di skakmat tak berdaya.

Lantas kemana setelah Anies Baswedan menganggur tak memiliki jabatan? Barangkali ia akan berusaha safari keliling ke parpol atau ke daerah-daerah jual diri untuk 2024. Atau (mungkin) justru sebaliknya, sibuk mengurusi jejak samar yang tertinggal di pemprov DKI Jakarta karena masuk radar KPK.

So, bagaimana menurut Anda?

Demikian, salam



S:Anton Cahya


Name

Berita,6681,Internasional,313,Nasional,6212,Opini,260,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Wow Excellent! Anak Buah Ahok Pengganti Anies
Wow Excellent! Anak Buah Ahok Pengganti Anies
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh0torrB6O0qnXD8wOKWpSvhAKxBh1FnLnrPjW3XkFjNowUTF-NRQQUnf5tmuoOY9CCG7d0z7mH1cowcpqaQZ4Onl5HNBO2GqF9HIqYcF8HnTAFLKOK5e-5ocR-r6eJlY9PXoe_hX0sM7Xqlm3Xlo1WIPa8L-gnRAMvEnvsO0-OXXvEI4WlCrqSBfZu=w640-h306
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh0torrB6O0qnXD8wOKWpSvhAKxBh1FnLnrPjW3XkFjNowUTF-NRQQUnf5tmuoOY9CCG7d0z7mH1cowcpqaQZ4Onl5HNBO2GqF9HIqYcF8HnTAFLKOK5e-5ocR-r6eJlY9PXoe_hX0sM7Xqlm3Xlo1WIPa8L-gnRAMvEnvsO0-OXXvEI4WlCrqSBfZu=s72-w640-c-h306
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2022/01/wow-excellent-anak-buah-ahok-pengganti.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2022/01/wow-excellent-anak-buah-ahok-pengganti.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy