$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Terungkap Perintah Khusus Presiden kepada Shin Tae-yong

GELORABANGSA - Seperti yang sudah kita ketahui bersama timnas Indonesia baru saja melakoni laga di ajang Piala AFF. Timnas Indonesia telah ...



GELORABANGSA - Seperti yang sudah kita ketahui bersama timnas Indonesia baru saja melakoni laga di ajang Piala AFF. Timnas Indonesia telah menuntaskan perjuangan di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura. Piala AFF 2020 sendiri merupakan ajang pertama bagi Shin Tae-yong untuk memimpin skuad Garuda di turnamen resmi secara penuh. Hasilnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu membuat Indonesia tampil cukup baik.

Tak hanya itu, timnas racikan STY yang mayoritas berkekuatan pemain muda bahkan berhasil tembus final Piala AFF 2020. Sayangnya, Indonesia belum beruntung untuk menyabet gelar juara setelah dikalahkan Thailand. Kendati demikian apresiasi tinggi diberikan kepada skuad Garuda di turnamen tersebut dari berbagai elemen masyarakat.

Dan tak hanya masyarakat tapi secara khusus juga dari Presiden Joko Widodo. Barangkali hal yang lumrah atau wajar jika seorang kepala negara memberikan apresiasi kepada para atlet. Tapi ada catatan yang menarik. Mengingat, berdasarkan pengakuan coach Shin Tae-yong yang bersangkutan mengatakan diberikan intruksi secara khusus dari Presiden Joko Widodo.


 
Shin Tae-yong menyebut bahwa Presiden Joko Widodo meminta dirinya fokus mempersiapkan tim untuk turnamen Piala Dunia U20 2023. "Kami sudah berjuang dengan sangat baik," kata Shin Tae-yong. "Saya diminta berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U20 2023 dari sekarang," ujarnya.

Piala Dunia U20 sendiri sejatinya digelar pada tahun 2021 dengan Indonesia menjadi tuan rumah. Namun, pandemi Covid-19 membuat Piala Dunia U20 pada 2021 dibatalkan. Kendati demikian status tuan rumah tetap diberikan kepada Indonesia pada penyelenggaraan edisi 2023.

Presiden Joko Widodo sendiri sejatinya menyukai olah raga sepak bola. Presiden sadar jika sepak bola merupakan olah raga yang sangat populer di Indonesia. Maka tidak keliru jika sang anak yaitu Kaesang Pangarep mulai melirik potensi sepak bola dan sampai akhirnya menjadi direktur di Persis Solo.

Dan melalui sentuhannya, target putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, membawa Persis Solo promosi ke Liga 1 langsung tercapai pada tahun pertamanya sebagai Dirut PT Persis Solo Saestu (PSS). Persis Solo dipastikan promosi ke Liga 1 musim depan setelah menumbangkan Dewa United 2-1 pada semifinal Liga 2 2021.

Sedikit menyinggung tentang kiprah Kaesang Pangarep sang anak presiden, sebetulnya Persis Solo sendiri jauh hari sudah diprediksi akan mudah masuk ke Liga 1. Pasalnya, tiga pemilik baru Persis Solo bukanlah sosok yang sembarangan.

Mereka adalah putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Direktur PT Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho. Pemilik baru Persis Solo diresmikan di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) sebagai pihak yang menaungi klub.

Dalam pengumumannya, Kaesang Pangarep disebutkan sebagai Direktur Utama PT PSS (Persis Solo) dengan saham mayoritas sebesar 40 persen. Adapun saham Kevin Nugroho berjumlah 30 persen sementara Erick Thohir 20 persen. Sisanya, 10 persen saham Persis Solo masih menjadi milik para pendiri PT PSS dan juga 26 tim internal.

Lantas, apa hubungannya dengan Shin Tae-yong dan perintah khusus Presiden Joko Widodo kepadanya?

Rasa suka dan cinta Presiden Joko Widodo kepada olah raga sepak bola tak perlu diragukan, hal itu juga dapat dilihat sang anak yang terlibat secara langsung dalam klub sepak bola. Itu salah satu poinnya.

Selain dari pada itu, sebagai rakyat pasti tahu karakter sang Presiden republik Indonesia ini. Jika sudah memiliki kemauan dan target harus tercapai. Itulah salah satu karakter kuat Presiden Jokowi. Contoh yang paling sederhana tentu project-project strategis nasional yang telah dicanangkan oleh presiden untuk bangsa ini.

Maka tak berlebihan jika kemudian intruksi Presiden kepada coach Shin Te-yong sebagai pesan kuat untuk membangun sepak bola Indonesia keluar dari problem. Presiden sangat memahami rakyat Indonesia sangat haus dan lapar akan kemenangan dan keluar sebagai juara. Minimal di level se-Asia Tenggara dan level Asia.


 
Coach Shin Tae-yong yang dikontrak 4 tahun dengan bayaran tertinggi se-Asia Tenggara yaitu 14 miliar per tahun ini, diharapkan membuat pondasi dasar yang kuat persepakbolaan di Indonesia. Dan target itu harus terpenuhi tak ada daya tawar lagi. Dan saya rasa karakter cara kepemimpinan dan style Presiden dan coach Shin Te-yong nyaris serupa yaitu sama-sama berusaha memperkuat pondasi dasar dulu. Saat pondasi kuat maka akan mampu berbuat banyak di masa depan.

Maka dari sini kita jadi mengetahui mengapa coach Shin Tae-yong di ajang Piala AFF 2020 di Singapore sebagian besar skuad Garuda masih berusia muda. Efeknya sejak semula timnas diremehkan, tapi coach Shin Tae-yong dan anak didiknya tak soal dan justru membuktikan kepada semua orang. Bahkan FIFA memberikan apresiasi khusus jika timnas disebut sebagai tim yang paling berkembang di kawasan Asia.

Perlu sedikit diketahui sebelum ditangani coach Shin Tae-yong timnas rangking 175 FIFA dan sekarang sudah mulai naik menjadi 164 FIFA.

Dari sini kita sudah dapat membayangkan saat nanti di ajang Piala AFF U-23 di Kamboja pada Februari 2022 timnas Indonesia akan dapat berbuat banyak. Mengingat di ajang ini timnas Indonesia juga sebagai juara bertahan. Pasalnya skuad timnas di ajang Piala AFF 2020 sebagian bakal memperkuat di ajang Piala AFF U-23 di Kamboja.

Selain itu masih banyak jadwal di 2022 yang menanti timnas Indonesia dan sepertinya coach Shin Tae-yong dan timnya harus bekerja keras luar biasa mewujudkan harapan Presiden dan rakyat Indonesia, adapun jadwal timnas sebagai berikut:

24 Januari-2 Februari 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)

14-26 Februari 2022: Piala AFF U-23 2022 (Timnas U-23)

21-29 Maret 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)

12-23 Mei 2022: SEA Games 2021 (Timnas U-22)

8-14 Juni 2022: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 (Timnas Indonesia)

10-25 September 2022: Asian Games 2022 (Timnas U-23)

19-27 September 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)

Desember 2022: Piala AFF 2022 (Timnas Indonesia)

Sepertinya di masa sisa jabatan sebagai Presiden RI sebelum tahun 2024, Presiden Jokowi ingin menorehkan tinta emas di masa kepemimpinannya di sektor sepak bola. Nah, bagaimana kira-kira racikan Shin Tae-yong di masa yang akan datang dan kemudian menjawab tantangan yang diberikan oleh presiden.

Well, bagaimana menurut Anda?

Demikian, salam


Name

Berita,6736,Internasional,314,Nasional,6267,Opini,261,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Terungkap Perintah Khusus Presiden kepada Shin Tae-yong
Terungkap Perintah Khusus Presiden kepada Shin Tae-yong
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhyPS2DVgKN_WI1h9Dpi-QqgO7nN5hS93BQTjGFfdsESTmynIIORhsy3krMFmnH5TYc5JYVqr7ogpBRH1johfNjAgyS0cA6gFMReiEi4qpP3Br7uhq7vRDhl_QdXWb4CCrcvFRJS36JcrgK_MueEsvQj68_p4ZMCJrvlYWsNRgfsjICknaCC_LVNYVT=w640-h372
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhyPS2DVgKN_WI1h9Dpi-QqgO7nN5hS93BQTjGFfdsESTmynIIORhsy3krMFmnH5TYc5JYVqr7ogpBRH1johfNjAgyS0cA6gFMReiEi4qpP3Br7uhq7vRDhl_QdXWb4CCrcvFRJS36JcrgK_MueEsvQj68_p4ZMCJrvlYWsNRgfsjICknaCC_LVNYVT=s72-w640-c-h372
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2022/01/terungkap-perintah-khusus-presiden.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2022/01/terungkap-perintah-khusus-presiden.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy