$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Pigai Sukses Jadi Juru Kampanye Ganjar!

GELORABANGSA - Entah apa yang ada di pikiran mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, ketika dia mengunggah kata-kata yang sekarang ja...



GELORABANGSA - Entah apa yang ada di pikiran mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, ketika dia mengunggah kata-kata yang sekarang jadi polemik. Serangkaian kata-kata yang sekarang jadi perhatian publik. Karena dinilai bernada rasis terhadap suku Jawa, khususnya orang Jawa Tengah.

Apa saja kata Pigai? Dia menyebut begini : “Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar. Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat Papua, injak-injak harga diri bangsa Papu dengan kata-kata rendahan rasis, monyet dan sampah. Kami bukan rendahan. Kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Saya penentang ketidakadilan”. Demikian kata-kata yang diunggah Pigai Sumber: Twitter. Pigai juga menyertakan video yang berisi kegiatan qGanjar ketika berkunjung ke Papua. Di mana Ganjar terlihat memakan makanan khas Papua sambil memuji enaknya makanan itu.

Pertama kali saya membaca pernyataan itu, lalu saya baca berulang kali. Maka persepsi saya tetap saja sama, bahwa kata-kata tersebut memang terasa rasis. Memandang kesukuan orang Jawa Tengah sebagai orang yang tidak bisa dipercaya. Apalagi dengan adanya video di mana Ganjar sedang memperlihatkan rasa hormatnya terhadap makanan khas Papua yang disuguhkan khusus buat Ganjar. Sementara Pigai juga melemparkan berbagai tuduhan perbuatan jahat yang dilakukan oleh “mereka”, yang merujuk pada orang Jawa Tengah. Kalau bukan seperti itu, lalu maksudnya apa?

Pigai sendiri kemudian membantah bahwa pernyataannya mengandung nada rasis. Dengan menyebut bahwa tidak ada koma, antara kata “orang Jawa Tengah” dengan Jokowi dan Ganjar. Yang saya tidak paham maksudnya apa. Mungkin sekedar mengaburkan nada rasis di perkataannya sendiri. Alias mencoba ngeles hehehe… Pigai juga menyatakan bahwa pernyataannya itu dia buat untuk mengkritik sistem politik Indonesia. Yang menurut dia menimbulkan ketimpangan kesempatan dalam berpolitik. Dia merujuk kepada fakta bahwa kepala negara selama ini selalu berasal dari suku Jawa. Pigai juga menyebut bahwa 28 menteri Kabinet Presiden Jokowi juga berasal dari Jawa.

Waah, Pigai kok lupa ya sama (almarhum) BJ Habibie, mantan presiden RI yang punya garis keturunan Sulawesi Sumber. Sementara soal menteri-menterinya Presiden Jokowi? Ada kok yang bukan dari suku Jawa, seperti Menteri Kominfo dan Menteri Pertanian. Jangan-jangan, Pigai sekalian curhat nih karena tidak terpilih jadi menteri? Hehehe… Sumber

Argumen Pigai pun jadi nampak absurd dan tidak masuk akal. Sehingga bisa saja publik menilai bahwa Pigai tidak sedang melontarkan kritik. Tetapi Pigai sekedar mau cari perhatian alias caper atau bisa dibilang pansos kan?

Nah, ada satu hal lagi yang menjadi efek terbesar dari pernyataan Pigai. Yang mungkin tidak pernah diperhitungkan oleh Pigai. Yang tidak pernah disangka oleh Pigai, bahwa pernyataannya yang didesain sedemikian rupa itu, malah jadi menguntungkan orang yang dia “serang”. Terutama Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.


 
Ganjar selama ini sering disebut sebagai bakal capres terpopuler. Dari berbagai survei, dari berbagai lembaga. Ganjar terbukti cukup populer di media massa maupun media sosial. Bahkan, hebatnya lagi, Ganjar diprediksi bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2024, lewat partai selain PDIP Sumber. Para pendukung Ganjar pun menggelar deklarasi dukungan terhadap pencapresan Ganjar di berbagai daerah, di Indonesia maupun di berbagai negara Sumber Sumber.

Pigai mungkin mengira bahwa dia bisa mengalahkan kepopuleran Ganjar, hanya dengan kata-kata bersayap itu. Nyatanya, Ganjar malah makin bersinar. Pertama, adalah ketika Ganjar menanggapi pernyataan Pigai. Alih-alih terpancing emosinya, Ganjar malah mempertontonkan akhlak yang mulia. Ganjar malah mendoakan agar Pigai sehat selalu. Selain itu, Ganjar juga menyebut bahwa dia sangat menghormati sambutan warga Papua yang hangat Sumber.

Oh iya, Ganjar memang merasakan sambutan yang luar biasa dari warga Papua, ketika berkunjung ke sana, selama PON digelar di Papua beberapa hari ini. Ganjar sudah mendapatkan sambutan meriah sejak kedatangannya di Bandara Sentani Jayapura pada hari Jumat lalu (1/10). Berbeda dengan pejabat lain yang turun di area VIP Bandara, Ganjar didampingi sang istri turun di area kedatangan umum. Dan langsung dikerumuni oleh masyarakat setempat. Yang mengelu-elukan Ganjar dan meminta foto bareng Sumber.

Ganjar juga dihujani dengan banyak hadiah berupa noken, tas tradisional Papua, dari masyarakat Papua. Noken ini selalu menemani Ganjar ketika berkunjung ke berbagai wilayah di Papua Sumber. Menjelang pembukaan PON XX, Ganjar sempat melakukan siaran radio dan menari bersama Bupati dan anak-anak Jayapura Sumber. Kegiatan Ganjar terbilang sangat padat. Pada hari Minggu-nya (3/10), Ganjar juga sempat menerima sejumlah aktivis mahasiswa kelompok Cipayung Papua, di hotel tempatnya menginap. Para mahasiswa itu menilai Ganjar banyak menginspirasi para pemuda nusantara. Mereka juga memuji ide-ide Ganjar, termausk pembentukan desa kembar antara Jawa Tengah dan Papua. Pertemuan selama 2 jam itu pun berlangsung hangat dan meriah Sumber.

Kunjungan Ganjar tidak hanya terbatas di Jayapura. Ganjar juga mengunjungi Mimika. Di sana, Ganjar bertemu dengan para orang tua dari para pelajar dan mahasiswa asal Papua di Jawa Tengah. Mereka sangat mengapresiasi bagaimana perhatian Ganjar terhadap para pelajar dan mahasiswa asal Papua selama masa pandemi. Di mana Ganjar bukan hanya mengunjungi mereka, namun juga memberikan bantuan sembako dan berbagai kemudahan buat mereka Sumber.

Lalu Pigai tiba-tiba saja melemparkan pernyataan bernada rasis dan tuduhan-tuduhan keji ke arah Ganjar? Kehadiran Ganjar dan hangatnya sambutan masyarakat Papua sudah ramai menghiasi berita media. Hal ini sudah disebut pengamat politik sebagai momentum yang mendongkrak popularitas Ganjar, serta memantik simpati publik Sumber. Ditambah dengan polemik yang diciptakan oleh Pigai. Makin populer lah Ganjar di mana-mana. Makin mendapat simpati dari publik. Makin bersinar dan berkibar.

Sebuah efek yang mengejutkan, di luar dugaan dan prediksi Pigai. Disangka Pigai, dia bisa memainkan posisi sebagai korban dan sebagai pejuang di mata publik. Eh malah jadinya kecele. Malah dia mendapat banyak hujatan dari netizen. Sementara Ganjar namanya semakin terangkat. Meluncur sukses, meninggalkan Pigai yang masih kaget? Hehehe… Atau Pigai ini diam-diam memang jadi juru kampanye Ganjar? Selamat, anda sukses jadi juru kampanye terbaik! Selalu dari kura-kura



S:Ninanoor


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Pigai Sukses Jadi Juru Kampanye Ganjar!
Pigai Sukses Jadi Juru Kampanye Ganjar!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh-UgoLi4FJujhKR1cI-jo-jctpPLCm-Bxl5_s1mHu_YhN6CLDHHmiQfI2Aylfnj16RWEhCcHaysDIju6stv033IGJtOqrSJyTcxcBLQ9bycwrZW4aBL9blOdMczV9I1_KTwabgpbhNypnrUEPE1-Uhc6SKKdvMRE3OmWpu8oLnEXvIUPvl9z1LnBZe=w640-h382
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh-UgoLi4FJujhKR1cI-jo-jctpPLCm-Bxl5_s1mHu_YhN6CLDHHmiQfI2Aylfnj16RWEhCcHaysDIju6stv033IGJtOqrSJyTcxcBLQ9bycwrZW4aBL9blOdMczV9I1_KTwabgpbhNypnrUEPE1-Uhc6SKKdvMRE3OmWpu8oLnEXvIUPvl9z1LnBZe=s72-w640-c-h382
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/pigai-sukses-jadi-juru-kampanye-ganjar.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/pigai-sukses-jadi-juru-kampanye-ganjar.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy