$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Nglindur, Pengalamannya Apa? AHY-AP Calon RI 1 dan Ibu Negara

GELORABANGSA - Tak sedikit warganet terutama pengikut akun sosial media Annisa Pohan yang sudah pasti kebanyakan berisi simpatisan Demokrat...



GELORABANGSA - Tak sedikit warganet terutama pengikut akun sosial media Annisa Pohan yang sudah pasti kebanyakan berisi simpatisan Demokrat selalu memuji-muji pasangan AHY dan AP atau Anissa Pohan.

Dan pujiannya pun kadang menyerempet ke politik semisal Agus Harimurti Yudhoyono anak sulung SBY ini oleh para pengikut mereka dipandang cocok menjadi calon RI 1 sedang kemudian nanti Annisa Pohan menjadi Ibu Negara.

Ya, namanya juga keinginan warganet terlebih pengikut setia mereka tentu sah-sah saja. Meski demikian tak sedikit yang mengomentari dengan tajam. Alhasil debat kusir terjadi, pro dan kontra khas nitizen kita.

Dan rata-rata yang tak sependapat memuji pasangan di atas menanyakan kapasitas dan kapabilitas AHY, serta pengalamannya. "Jika ada Jendral yang berkualitas ngapain pilih Mayor?", kata nitizen lainnya menimpali.

Cukup menarik juga jika disimak, meskipun bahasan mereka seputar yang secara umum masyarakat awam pun mengetahuinya.

AHY adalah ketua umum partai Demokrat versi tergugat oleh kubu eks Demokrat versi KLB. Karena masih ada perselisihan diantara mereka maka saya sebut saja partai Demokrat kubu AHY.

Tampilnya AHY ke dalam perpolitikan di tanah air memang sedikit tidaknya membuat warna yang berbeda. AHY meski secara pengalaman politik terbilang sangat minim bahkan kering tapi dengan polesan bapaknya yang mantan presiden RI bisa menjadi salah satu alternatif pemilih.

Sebab berdasarkan riset konon ada 27,5% yang berada di kelompok Gen Z. Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah generasi Y. Kumpulan orang yang termasuk ke dalam generasi ini adalah mereka yang lahir di tahun 1995 sampai dengan 2010. Jadi bila Anda lahir di rentang waktu itu maka Anda juga turut termasuk ke dalam generasi Z.

Umumnya mereka yang merupakan generasi Z disebut juga sebagai iGeneration atau generasi internet atau generasi net. Mereka selalu terhubung dengan dunia maya dan dapat melakukan segala sesuatunya dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada.

Dan menariknya generasi ini terutama yang sudah bisa memilih nanti di tahun 2024 akan menggunakan hak suaranya di pemilu. Prosentase pemilih di generasi ini ceruknya cukup besar. Generasi Z akan memilih figure yang menurut mereka rentang usia yang dipandang relatif masih muda.

Kendati ada pula sebuah penelitian jika generasi Z ini sikap mereka terhadap politik masih apatis. Dan rata-rata masih ikut apa kata orang yang lebih dewasa di atasnya atau orang tua mereka. Mereka bisa dikatakan hanya sekedar ikut-ikutan saja.


 
Hal ini tentu sedikit berbeda dengan generasi milenial. Generasi milenial atau generasi Y adalah generasi yang lahir sekitar tahun 1980 hingga tahun 1995 pada saat teknologi telah maju. Mereka tumbuh di dunia yang telah mahir menggunakan media sosial dan juga smartphone sehingga otomatis mereka sangat mahir dalam teknologi.

Nah, di ke-2 generasi di ataslah peran calon pemimpin yang relatif masih muda mendapatkan ceruk pasar yang cukup signifikan. Sebab jika keduanya digabungkan berdasarkan riset angkanya cukup besar.

Perlu diketahui pada pemilu 2019 yang lalu saja generasi milenial berjumlah 42 juta pemilih. Maka diperkirakan pada tahun 2024 suara pemilih di kelompok ini akan lebih besar lagi. Sensus penduduk pada tahun 2020 menyatakan bahwa generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87%. Data tersebut menyatakan bahwa arah gerak bangsa ditentukan oleh anak muda.

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Suara anak muda merupakan suara penentu, jika calon presiden dan wakilnya bisa menguasai dan menarik simpati anak muda untuk mendukung mereka, maka kemungkinan besar mereka akan memenangkan pada pemilu 2024.

Akan tetapi, pada saat ini beberapa generasi milenial mulai acuh tak acuh terhadap perpolitikan Indonesia, mereka sibuk dengan dunia sendiri sehingga tidak peduli dengan politik negaranya.

Arah pergerakan anak muda sulit ditebak, meskipun ada beberapa anak muda yang tergabung dalam organisasi baik berada di eksternal pendidikan maupun internal. Namun, itu hanya beberapa dan masih banyak yang lainnya yang kurang peduli terhadap politik Indonesia.

Jika partai politik bisa masuk dan mengedukasi mereka maka bisa menjadi sebuah kekuatan tersendiri. Dan saya melihat banyak tokoh atau politikus yang mulai mengambil hati generasi milenial dan generasi Z melalui akun-akun sosial media mereka.

Nah, lalu apakah AHY yang dalam berbagai survei masuk bursa capres menjadi salah satu figure yang sukses merebut generasi tersebut? Meskipun secara pengalaman AHY masih kalah jauh dibanding tokoh-tokoh lainnya.

Sungguh cilaka kiranya jika calon presiden di sebuah negara sebesar republik Indonesia dengan 277 juta jiwa jatuh kepada seorang pemimpin yang sama sekali belum memiliki pengalaman dalam sebuah organisasi atau menjadi kepala daerah yang mumpuni.

Kalau boleh memilih hanya berdasarkan pemimpin muda sih penulis lebih suka Gibran Rakabuming Raka yang sudah jelas track recordnya sebagai Wali Kota dari pada AHY yang baru ketua umum partai saja. Sebab kepala daerah langsung praktek mengenal birokrat dan dekat serta bersentuhan dengan masalah rakyat. Bukan hanya sekedar teori dan retorika di atas panggung.

Bagaimana menurut Anda?

Demikian, salam




S:Anto cahya


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Nglindur, Pengalamannya Apa? AHY-AP Calon RI 1 dan Ibu Negara
Nglindur, Pengalamannya Apa? AHY-AP Calon RI 1 dan Ibu Negara
https://1.bp.blogspot.com/-hx7M7OMFaps/YVY9-f-Ke5I/AAAAAAAAQmM/fLh07FhFf_QeSrYQFpHVhDUv3RYwD5PvwCLcBGAsYHQ/w640-h360/IMG_20211001_054415.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hx7M7OMFaps/YVY9-f-Ke5I/AAAAAAAAQmM/fLh07FhFf_QeSrYQFpHVhDUv3RYwD5PvwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/IMG_20211001_054415.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/nglindur-pengalamannya-apa-ahy-ap-calon.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/nglindur-pengalamannya-apa-ahy-ap-calon.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy