$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Data Nikkei Covid-19 Recovery Index Bikin Rizal Ramli dkk Makin Malu dan Tak Bermutu

GELORABANGSA - Ada kabar baik buat Indonesia. Bukan kabar baik yang besar sih, hanya berupa informasi saja yang saya rasa cukup berguna aga...



GELORABANGSA - Ada kabar baik buat Indonesia. Bukan kabar baik yang besar sih, hanya berupa informasi saja yang saya rasa cukup berguna agar pembaca menambah wawasan dan tidak lagi percaya dengan narasi busuk para kadrun dan kelompok sakit hati yang tiap hari selalu menyerang pemerintah dalam hal penanganan pandemi.

Ini datang dari Nikkei Covid-19 Recovery Index. Silakan lihat tabel full di link di bawah artikel. Artikel berbahasa Inggris, tapi ada tabel yang berisi data tabel 121 negara dan skor pemulihan Covid-19.

Data ini memberi penilaian dalam hal penanganan pandemi, penetrasi vaksinasi dan mobilitas sosial masyarakat. Semakin tinggi skor, maka negara tersebut makin mendekati kehidupan normal dengan ciri-ciri, angka infeksi kecil, tingkat vaksinasi yang tinggi serta pembatasan sosial atau social distancing yang longgar.

 
China sebelumnya menempati posisi tertinggi sejak index Nikkei pertama kali dirilis sejak Juli lalu, karena tingkat infeksi yang kecil dan vaksinasi yang masif. Tapi saat ini posisinya melorot ke posisi 9 karena angka mobilitas masyarakat tetap rendah.

Peringkat pertama sekarang diambil oleh Negara Malta dengan skor 73. Posisi kedua dan ketiga ditempati Chile dan Bahrain dengan skor sama yaitu 72. Peringkat empat UAE dengan skor 71. Peringkat lima Arab Saudi dengan skor 70,5.

Sebenarnya index pemulihan lebih tinggi di negara-negara yang penduduknya kecil, karena vaksinasi lebih cepat dan kepadatan penduduk yang juga kecil.

Akan tetapi mari kita ambil negara dengan populasi terbesar, yaitu China, India, USA, Indonesia dan Brazil.

China tadi posisi 9. India di posisi 40 dengan skor 57,5. USA malah di posisi 70 dengan skor 49. Sedangkan Indonesia di posisi 54 dengan skor 54,5. Brazil di posisi 62 dengan skor 51,5.


Dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia termasuk hebat dengan peringkat 54 dari 121 negara. Apalagi Indonesia sempat mendapatkan apresiasi dari John Hopkins University karena penanganan pandemi termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Luar biasa.

Nah mari kita bandingkan dengan sesama negara ASEAN. Catatan: entah kenapa Brunei tidak masuk dalam data ini.


 
Se-ASEAN, Indonesia paling tinggi index recovery-nya. Selanjutnya Singapura dengan skor 49 (peringkat 70), sama dengan USA. Lalu diikuti oleh Kamboja dengan skor 48 (peringkat 76), Malaysia skor 41,5 (peringkat 102), Myanmar skor 40,5 (peringkat 105), Thailand skor 38,5 (peringkat 109), Vietnam skor 33 (peringkat 118), Laos skor 31,5 (peringkat 120) dan nomor buncit ditempati Filipina dengan skor 30,5 (peringkat 121 dari 121 negara).

Makanya saya katakan, untuk ukuran negara dengan populasi yang sangat besar, kepadatan penduduk yang lumayan tinggi serta mobilitas yang lumayan cepat, pandemi bisa landai dengan cepat bahkan lebih baik dari sebagian besar negara di dunia ini. Berkat PPKM dan vaksinasi yang masif, serta Luhut yang diberi tanggungjawab tangani pandemi, saat ini angka positif sudah sangat rendah. Kasus aktif kian menurun.

Mari kita ucapkan selamat kepada Indonesia. Dan jangan lupa ucapkan salut kepada pemerintah yang berhasil tangani pandemi, dari kondisi yang sangat buruk (pernah hampir capai 50 ribu kasus sehari) menjadi hanya di bawah 2.000 kasus saja.

Tentu saja kita harus tanyakan kembali logika dari Rizal Ramli dkk. Pada Juli lalu, dia memberikan sebuah statement amatir yang ngawur. Dia pernah memuji USA yang dianggapnya berhasil tangani Covid-19.

Menurut Rizal Ramli, mengganti presiden merupakan slaah satu cara ampuh dalam menyelesaikan banyak kasus kesehatan dalam penanganan covid-19. “Pelajaran, ganti presiden kalau pengin corona cepat diselesaikan!” kata Rizal Ramli dalam akun Twitter-nya.

Apa kabar Rizal Ramli? Dengan melihat data di atas, maka semakin membuktikan kalau orang ini sama sekali tidak sehebat yang diklaim mulutnya. Mengaku paling hebat, tapi omongan aja amburadul.

Ganti presiden bukan karena presiden berikutnya bisa tangani pandemi, tapi karena pelampiasan sakit hatinya. Kalau pun diganti, mau ganti siapa? Rizal Ramli? Makin hancur dong negara ini.

Bayangkan kalau Jokowi diganti, tentu saja kita tidak akan bisa menikmati hasil yang sekarang ini. Lihat saja di kota-kota besar, jalanan mulai macet kembali. Mobilitas masyarakat mulai menuju normal.

Rizal Ramli fixed, banyak omong aja.

Bagaimana menurut Anda



S:xhardy


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Data Nikkei Covid-19 Recovery Index Bikin Rizal Ramli dkk Makin Malu dan Tak Bermutu
Data Nikkei Covid-19 Recovery Index Bikin Rizal Ramli dkk Makin Malu dan Tak Bermutu
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjmD-PrW6gC9RmWY2NytR_4L-g2JNMEEn4DaqtfhKIXv3M91eps_ibTGmcy54WRRbOlNZUasjOhmiRBx6KpjulFiD4uA4vXrUAb95pXUebfwUNSUIueQY8sAOdoFpiYtwW6MlCgSOsjTtUSOYu_usxk5uODUs8nlWCoZPx4JMorFam98u6KxcLBse_K=w640-h278
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjmD-PrW6gC9RmWY2NytR_4L-g2JNMEEn4DaqtfhKIXv3M91eps_ibTGmcy54WRRbOlNZUasjOhmiRBx6KpjulFiD4uA4vXrUAb95pXUebfwUNSUIueQY8sAOdoFpiYtwW6MlCgSOsjTtUSOYu_usxk5uODUs8nlWCoZPx4JMorFam98u6KxcLBse_K=s72-w640-c-h278
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/data-nikkei-covid-19-recovery-index.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/10/data-nikkei-covid-19-recovery-index.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy