$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Telak! Kemenlu “Tampar” Narasi Indah JK Soal Taliban!

GELORABANGSA - Situasi di Afganistan masih tidak menentu, pasca Taliban menguasai seluruh wilayahnya. Presiden Afganistan, Ashraf Ghani yan...



GELORABANGSA - Situasi di Afganistan masih tidak menentu, pasca Taliban menguasai seluruh wilayahnya. Presiden Afganistan, Ashraf Ghani yang dikabarkan melarikan diri, ternyata sudah terkonfirmasi sekarang berada di Uni Emirat Arab (UEA) Sumber. 

Semua media yang memberitakan soal kondisi Afganistan saat ini, masih menyebut Ashraf Ghani sebagai Presiden Afganistan. Pun Wakil Presiden (Wapres) Afganistan, Amrullah Saleh, tetap menyebut dirinya sebagai pemimpin tertinggi di Afganistan, dengan tidak adanya presiden di sana Sumber. 

Bahkan Wapres juga dikabarkan tetap melakukan perlawanan dengan menyerukannya lewat video. Wapres Amrullah Saleh sedang menggalang kekuatan perlawanan pada Taliban dari Lembah Panjshir. Menyatakan tidak akan pernah tunduk pada teroris di Taliban Sumber.

Sementara itu, Taliban sendiri sudah memastikan untuk menolak sistem pemerintahan demokrasi. Mereka akan menerapkan syariat Islam dalam sistem pemerintahan Sumber. Apa arti ini semua? Artinya Taliban menurut pandangan umum dianggap sudah menggulingkan pemerintahan yang sah. Bukan perilaku yang layak untuk dipuji. Apalagi mengingat kekejaman dan kebengisan Taliban selama ini.

Oleh sebab itu, sangat mengherankan dan cukup mengkhawatirkan, ketika ada orang Indonesia yang memuji dan mendukung Taliban. Apalagi mereka yang merupakan tokoh publik. Bahkan sampai disebut oleh para netizen sebagai jubir untuk Taliban. Siapa lagi kalau bukan Jusuf Kalla (JK). JK sampai mengadakan konferensi pers khusus untuk membahas Taliban, pada hari Senin lalu (16/8).


 
Dalam konferensi pers itu, JK berusaha menceritakan akar masalah konflik di Afganistan. Tentunya yang versi JK, di mana Taliban seakan menjadi korban dari serangan Amerika Serikat sekitar 20 tahun lalu. Karena Taliban menolak menyerahkan Osama Bin Laden, pemimpin Al Qaeda yang disebut sebagai dalang aksi teroris 9/11. Bahkan JK menyebut Taliban akhirnya menguasai ibu kota Afganistan, Kabul dengan damai. Karena JK belum mendapat laporan adanya korban jiwa Sumber.

JK juga menegaskan bahwa Taliban yang sekarang sudah banyak berubah dan berbeda dengan Taliban yang pernah memerintah Afganistan dulu. Taliban disebut lebih terbuka. 

Juga telah berjanji tidak akan mengusik kantor-kantor kedutaan besar negara asing di Afganistan, apalagi KBRI. Sebuah jaminan keamanan yang telah disampaikan petinggi Taliban kepada JK pada Januari lalu Sumber Sumber. Lewat suara JK, Taliban tampak humanis dan berakhlak mulia.


 
Beda dengan JK, pihak Kementrian Luar Negeri RI (Kemenlu) bersikap hati-hati dengan segala perkembangan yang terjadi di Afganistan. Tentu RI tidak akan mencampuri urusan dalam negeri Afganistan. Namun, Kemenlu tahu bahwa perdamaian dan stabilitas merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat Afganistan dan dunia internasional. Prioritas RI adalah keselamatan WNI, termasuk staf KBRI Kabul Sumber. Pada hari Selasa lalu (17/8), pihak Kemenlu menyebut ada 15 WNI yang masih berada di Afganistan Sumber. Apakah mereka akan meletakkan nasib ke tangan JK, hanya berpegang pada pernyataan-pernyataan JK? Tentu tidak! Karena pihak Kemenlu pasti lebih tahu dengan kenyataan yang sekarang terjadi di Afganistan.

Omongan JK soal Taliban, dengan sendirinya perlahan luntur, dengan berbagai perkembangan berita dari Afganistan. Kericuhan di bandara di mana ribuan orang Afganistan yang ketakutan berusaha kabur keluar dari sana. Kemudian ada gubernur perempuan bernama Salima Mazari yang dikabarkan telah ditangkap oleh Taliban. Salima dikenal sebagai tokoh yang merekrut dan melatih militan untuk memerangi Taliban sejak 2019 Sumber. Padahal pada konferensi pers pertamanya pada hari Selasa lalu (17/8), Taliban menyatakan tidak akan membalas dendam pada lawan-lawan mereka di Afganistan. Taliban akan memberikan ampunan pada mereka Sumber. Namun ternyata, sebuah dokumen PBB mengungkap bahwa Taliban malah mengintensifkan pencarian orang-orang yang bekerja dengan pasukan AS dan NATO. Taliban bahkan sudah membuat daftar prioritas orang-orang yang hendak ditangkap. Penangkapan disebut dilakukan dengan cara kunjungan dari pintu ke pintu. Termasuk penangkapan terhadap keluarganya Sumber.

Gimana, masih percaya bahwa Taliban itu baik hati, ramah dan berakhlak mulia? Seperti yang sudah saya paparkan di tulisan sebelumnya tentang kekejaman Taliban, pada tahun 2014 mereka bahkan membantai anak-anak di sebuah sekolah. Dan tidak merasa bahwa itu adalah kejahatan. Hanya orang yang membutakan hatinya yang mau percaya pada kebaikan Taliban ini.

Akhirnya, hari ini, Kemenlu pun mengambil keputusan yang “menampar” segala omongan JK soal kebaikan Taliban. Diumumkan oleh Menlu Retni Marsudi, bahwa Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul dengan pesawat TNI AU. "Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)," tulis Retno lewat akun medsos resminya Sumber. Disertai dengan ucapan syukur “alhamdulillah”. Sebuah keputusan yang harusnya mendapatkan dukungan dari kita semua. Karena keselamatan WNI adalah perhatian utama pemerintah. Tidak peduli dengan apa pun omongan JK. Dari keputusan ini, kita bisa menilai, bagaimana kredibilitas seorang JK. Omongannya ternyata tidak bisa dipercaya. Kemenlu sudah membuktikannya! Selalu dari kura-kura!



S: Ninanoor


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Telak! Kemenlu “Tampar” Narasi Indah JK Soal Taliban!
Telak! Kemenlu “Tampar” Narasi Indah JK Soal Taliban!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8PgQoPSwaRz1ru9GSlwtc_Kh51xSB8jX6Pnz6w57wYqH0Zhflqz-YKQ0MaD0Lj04_daIqAqyDTlZ6IC1tgRmMPNh0RKYVEkziL0VK4A_1hatvBqc5XXOiFLFOwKGlk-SRobfwF-hKV3Nt7ITxKGv6py3Kl3JT3RhGAuKLRnFnEV3fMVUm_mlhlsZg=w640-h392
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8PgQoPSwaRz1ru9GSlwtc_Kh51xSB8jX6Pnz6w57wYqH0Zhflqz-YKQ0MaD0Lj04_daIqAqyDTlZ6IC1tgRmMPNh0RKYVEkziL0VK4A_1hatvBqc5XXOiFLFOwKGlk-SRobfwF-hKV3Nt7ITxKGv6py3Kl3JT3RhGAuKLRnFnEV3fMVUm_mlhlsZg=s72-w640-c-h392
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/telak-kemenlu-tampar-narasi-indah-jk_20.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/telak-kemenlu-tampar-narasi-indah-jk_20.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy