$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sontekan Manis tapi Mematikan, Ayang Utriza: SBY 'Maling Duit Rakyat'

GELORABANGSA - Wow, kata pembuka dari saya untuk akademisi muslim dari Nahdathul Ulama (NU) yang masih terbilang kategori usia muda, yang s...



GELORABANGSA - Wow, kata pembuka dari saya untuk akademisi muslim dari Nahdathul Ulama (NU) yang masih terbilang kategori usia muda, yang secara tiba-tiba menghajar tanpa teding aling-aling kepada mantan presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan juga mantan presiden ke-2 Soeharto dengan menyebut "maling duit rakyat", pemilihan kalimat yang tajam, bak anak panah yang menancap tepat di jantung, bikin partai Demokrat seketika njepat.

Diantara kedua mantan presiden saya lebih tertarik ke SBY. Sebelumnya siapa nama pemuda tersebut? Namanya Ayang Utriza Yakin. Saya mencoba mencari tahu melalui wikipedia. Dan cukup terkesima juga dengan latar belakangnya. Rupanya Ayang Utriza Yakin memang bukan orang sembarangan. Ia akademisi muslim (NU) Indonesia di bidang hukum Islam, filologi, dan sejarah Islam. (Wikipedia)

Sekilas tentang Ayang Utriza, di masa akhir pasca doktoralnya di Universitas Katolik de Louvain, Yakin mengajar di Universitas Ghent sebagai dosen tamu di departemen Kajian Islam dan Arab serta Studi Timur Tengah selama 3 tahun dari tahun 2019 sampai 2022.


 
Pada tahun 2014 sampai 2016, Yakin mengajar di Sekolah Program Pascasarjana dan Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Jakarta. Pada tahun 2021, ia mengajar di Fakultas Teologi, Universitas KU Leuven, Belgia. Disamping itu ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) PBNU, pada periode 2015-2020. Pada tahun 2021, menjadi panitia dalam pembangunan masjid di Brussel, Belgia.

Pengalaman studinya ini membuat Riza panggilan akrabnya, berhasil menguasai berbagai bahasa seperti, Bahasa Belanda, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, hingga bahasa Persia.

Di sini saya tidak akan membahas yang dipersoalkan oleh Riza atau Ayang Utriza terkait sebutan korupsi di era SBY, tapi reaksi partai Demokrat terhadap cuitannya yang bagai suara halilintar yang mengelegar di bunting siang. Berikut cuitan Riza.

“Soeharto merampok duit rakyat NKRI: 35 milyar dolar AS! Maling duit rakyat terbesar dalam sejarah dunia! YM. "para anak-cucu Soeharto: kapan Anda kembalikan harta jarahan rakyat NKRI?” kata Ayang di Twitter-nya, @Ayang_utriza, dikutip FIN, Sabtu (14/8).

Dia mengatakan bahwa dirinya ikut merasakan korban kekejaman rezim Soeharto dan SBY.

“Itu kenyataan? Motif saya? saya korban kekejaman dan korupsi Soeharto dan SBY! saya rakyat jelata, seperti kebanyakan orang!Kenapa pak? Anda rela duit rakyat NKRI dimaling dan dirampok Soeharto dan SBY?” ungkapnya.

Tak hanya sampai di situ kembali menghajar. Dosen Institut Ilmu Politik Sciences-Po Bordeuax, Prancis ini mengungkit korupsi Bank Century dan korupsi Hambalang yang diduga melibatkan SBY.

“YM. Bapak @SBYudhoyono mohon jelaskan ke rakyat NKRI soal korupsi Century Rp. 6,7 trilyun, korupsi Hambalang Rp2,5 trilyun, dll. Benarkah Bapak, Pak Budiono, Gub/Wagub BI, politisi Demokrat, dll. terlibat, agar tidak jadi fitnah?,” tandas Ayang Utriza Yakin.

Tentu saja cuitan Riza bikin kebakaran jenggot partai Demokrat melalui kadernya yang biasa bermain sosmed. Siapa lagi kalau bukan Rachland Nashidik. Ini orang nganggur apa ya? Haha. Cepat sekali tanggapannya.

Rachland melakukan perlawanan dan mengatakan tuduhan tersebut serius dan tanpa dasar. “Wah tuduhan ini sangat serius. Saya kader Demokrat. Tapi saya akan objektif. Saya minta Anda buktikan bahwa SBY korupsi. Silahkan buka. Beban pembuktian ada pada orang yang menuduh. Saya beri Anda 2 x 24 jam. Atau kami akan ambil langkah hukum,” ujar Rachland Nashidik.

Rachland bilang bahwa jika upaya hukum tidak dilanjuti sekarang, maka tunggu akan ada upaya hukum pada waktu-waktu akan datang jika rezim ini akan berakhir di 2024.


 
“Mungkin upaya hukum kami tidak akan ditindaklanjuti sekarang. Tapi kami orang yang sabar dalam mengejar kebenaran. Rezim ini akan berakhir sebelum masa kadaluarsa pidana berakhir. Buktikan. Anda punya 2 x 24 jam” tuturnya.

Sungguh aneh, mengancam tapi dimentahkan sendiri, dengan mengait-ngaitkan dengan rezim sekarang. Barangkali Rachland ini baru sadar siapa yang dia hadapi. Kalau lapor tinggal lapor apa susahnya? Siapa tahu kasus dari Riza ini bisa buka kembali Century, Hambalang, BLBI bahkan mungkin merembet ke Antasari Azhar, dan lain sebaginya. Rakyat pasti sangat mendukung.

Sementara itu, Ayang menjawab dengan santai. Ancaman yang dilontarkan oleh Rachland Nashidik. Dia mempersilahkan Rachland mempolisikannya.

“Silahkan Pak Rachlan Nashidik laporkan saya ke DHumas Polri atas cuitan saya tentang praktik korupsi Bapak SBY di kasus Bank Century dan di kasus Hambalang. Saya tunggu laporannya,” tuturnya.

Dan batas waktu 2×24 jam yang diberikan politisi Partai Demokrat Rachland Nashidik kepada akademisi Ayang Utriza Yakin telah habis. Rachland nampak sewot dan menyebut Ayang Utriza tidak mampu menunjukkan bukti bahwa Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY korupsi Hambalang Rp2,5 triliun.

“Sudah 2 x 24 jam. Jelas sudah. Profesor ini tak mampu menunjukkan apapun untuk menopang tuduhan ngawurnya bahwa SBY korupsi. Orang ini aib bagi dunia akademi. Noda memalukan bagi Universitas tempatnya bekerja. Omongannya tak lebih cerdas dari celotehan BuzzeRp,” cuit Rachland, dikutip Pojoksatu.id, dari akun Twitter pribadinya, @rachlannashidik, Minggu (15/8/2021).

“Ada tiga hal bisa dipertimbangkan. Satu, mengadukan @Ayang_Utriza ke polisi. Dua, menyurati Universitas tempatnya bekerja. Tiga, mendorongnya berkonsultasi dengan psikiater — sekurangnya dengan psikolog,” jelas Rachland.

“Orang ini agaknya punya masalah kejiwaan atau sekurangnya kepribadian,” tambahnya.

Jadi geli, kalau membaca celoteh kader satu ini. Tiba-tiba ia sebut buzzeRp kemudian malah menuduh orang punya masalah kejiwaan. Padahl ada yang namanya hukum cermin. Siapa yang biasa berprasangka buruk itulah gambaran dirinya sendiri.

Soal buzzeRp jelas siapa sih yang sebenarnya pantas dituduh sebagai buzzeRp? Bukankah setelah tempo hari kelompoknya ramai-ramai mau melawan buzzeRp kemudian akun para penggiat media sosial kena suspend? Tak perlu cyber crime. Orang awam juga pasti paham siapa pelakunya.

Kader ini seebut masalah dengan kejiwaan. Siapa tempo hari yang menantang minta ditangkap polisi lantaran terindikasi hina lagu indonesia raya dan kepala negara. Apakah lupa? Padahal baru beberapa hari yang lalu, lantas siapa yang lebih pantas disebut bermasalah dengan kejiwaan, jika begitu?

Kita tunggu episode berikutnya, agar kita dapat bahan yang enak untuk dimasak. Tapi menurut saya Rachland hanya gertak sambal, tak bakal berani melaporkan dengan berbagai pertimbangan.

Jika melaporkan otomatis triliunan duit yang disebut telah dimaling bakal makin terang benderang di persidangan dan diketahui anak-anak milenial, gen Z dan Y. Riza bakal membuka kotak pandora yang di dalamnya ada pesta pora dan euforia. Bisa nangis darah AHY. Ambisi dan mimpi jadi presiden RI bisa kian tenggelam hingga mengeram dalam kelam.

Demikian, salam

Anto Cahaya


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Sontekan Manis tapi Mematikan, Ayang Utriza: SBY 'Maling Duit Rakyat'
Sontekan Manis tapi Mematikan, Ayang Utriza: SBY 'Maling Duit Rakyat'
https://1.bp.blogspot.com/-HCcT1Uoz_rs/YRuHy0hhLYI/AAAAAAAAQIg/mg9F9LZzhycKOi0JQgfq-D8MUrOXAGhewCLcBGAsYHQ/w640-h372/Screenshot_2021-08-17-16-55-43-86.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HCcT1Uoz_rs/YRuHy0hhLYI/AAAAAAAAQIg/mg9F9LZzhycKOi0JQgfq-D8MUrOXAGhewCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h372/Screenshot_2021-08-17-16-55-43-86.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/sontekan-manis-tapi-mematikan-ayang.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/sontekan-manis-tapi-mematikan-ayang.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy