$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Modyar! Irwan Prayitno Bongkar Fakta Sesungguhnya Pembelian Mobil Dinas Baru Gub Sumbar

GELORABANGSA -Polemik pembelian mobil dinas baru Gubernur Sumbar dan wakilnya terus menjadi perbincangan publik. Bahkan sudah menjalar kema...



GELORABANGSA -Polemik pembelian mobil dinas baru Gubernur Sumbar dan wakilnya terus menjadi perbincangan publik. Bahkan sudah menjalar kemana-mana.

Kali ini mantan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno terpaksa harus angkat bicara karena namanya disentil dalam isu itu.

Pendiri Yayasan Pendidikan Adzkia tersebut diberitakan dirinya-lah yang menganggarkan pengadaan mobil dinas itu saat dia jadi gubernur dulu.

Tidak pelak, Irwan pun mendadak panas hatinya, karena jelas pemberitaan itu telah mencoreng dan menodai namanya.

Hingga ia membongkar apa fakta sesungguhnya yang terjadi.

Eks Gubernur Sumbar dua periode tersebut mengatakan, sesuai dengan peraturan yang ada, kepala daerah, baik gubernur, walikota/bupati memang disediakan kendaraan dinas. Dan kendaraan dinas itu adalah hak kepala daerah.

Karena hak maka wajib dianggarkan.

Irwan juga menjelaskan bahwa anggota DPRD periode sebelumnya banyak yang setuju, bahkan bersemengat menganggarkan kendaraan dinas untuk kepala daerah ini. Alasannya, bisa saja kawan separtainya yang jadi Gubernur nanti.

Namun lagi-lagi menurut Irwan, karena ini adalah hak bukan kewajiban maka si Gubernur dan wakilnya sah-sah saja menolak.

Ibarat nyoblos di Pemilu. WNI yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) memang punya hak suara untuk memilih siapa kepala daerah, presiden atau wakil mereka di DPR. Tapi karen itu hak, warga yang tidak milih atau Golput, gak kena sanksi.

Itu artinya apa?

Meskipun anggaran untuk beli mobil dinas baru itu memang ada, Gubernur Sumbar yang notabene kader PKS tersebut dan wakilnya boleh-boleh saja menolaknya. Dengan alasan sebaiknya dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Irwan juga mencontohkan, kala itu ia memutuskan untuk menolak anggaran mobil dinas baru. Hingga ia memakai mobil pribadi untuk menjunjang kegiatannya sehari-hari sebagai Gubernur.

"Saya pun menolak kendaraan dinas, pembangunan rumah dinas Gubernur yang sudah tidak layak. Dalam perjalanan naik pesawat, saya pun menolak naik kelas bisnis. Tentu banyak juga hak Gubernur yang ditolak," ujarnya coba meluruskan, (17/8).

Yang mana kala itu kondisi Provinsi Sumatera Barat kura-kura sama seperti sekarang ini, yakni dilanda bencana. Jika kini bencana yang melanda ranah Minang tersebut adalah pandemi Korona, maka dulu Sumbar dilanda musibah gempa yang dahsyat.

Untuk itu, karena Mahyeldi dan Audy Joinaldy tetap menerima mobil dinas baru tersebut padahal mereka bisa saja menolaknya maka itu mah sudah bukan urusan Irwan lagi.


 
Dan menurut hemat penulis sih, ada betul juga sih si Irwan ini. Di samping ia memang berhak untuk melakukan klarifikasi.

Lalu, kalau Irwan betul, siapa yang patut disalahkan?

Mardani Ali Sera dan kader PKS lainnya yang mengkritik keras cat ulang pesawat kepresidenan beberapa waktu yang lalu.

Kala itu Mardani mengecam langkah istana mengubah warna pesawat RI-1 itu, dari yang awalnya dominan berwarna biru menjadi merah putih, sesuai dengan warna bendera Indonesia.

Bagi Mardani hal yang tidak urgent seharusnya ditunda, dan sebaiknya dialihkan untuk keperluan mengatasi pandemi Korona.

"Ayo pemimpin, contohkan menjadi ayah bagi rakyatnya. Jangan rakyatnya susah, pemimpinnya ngecat sesuatu yang tidak urgent dan tidak primary need," ujar Ketua DPP PKS tersebut, (4/8).

Padahal pesawat kepresidenan itu sudah 7 tahun lho tidak dicat. Jadi sangat wajar kalau difreshkan kembali.

Lagian juga, menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, perawatan rutin pesawat tersebut sesuai dengan rekomendasi pabrik yang jatuh pada tahun 2021 ini. Yang sepaket dengan pengecatan ulangnya.

Di samping itu, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia pesawat presidennya berwarna merah putih.

Apalagi sekarang lagi euforia HUT-RI ke-76. Sehingga momentumnya sangat tepat.

Bosan pula melihat pesawat presiden kayak warna Partai Demokrat terus.

Partainya nyaris gurem tapi warnanya terus terbang bersama RI-1, kan gak lucu. Kwkwkwk

Nah, kenapa si Mardani ini patut disalahkan?

Karena ia sama sekali tidak nyinyirin kader partainya beli mobil dinas baru di tengah pandemi Korona. Beda 180 derajat responnya dengan pengecatan ulang pesawat kepresidenan.

Padahal seperti yang dilansir oleh merdeka.com harga mobil dinas Gubernur dan wakil Gubernur Sumbar itu juga Rp 2 miliar.

Seharusnya kritik juga dong. Biar gak jadi orang munafik gitu.

Masa jadi kader partai dakwah tapi gak adil?

Malu dong sama Roy Suryo




S:Fery Fadly


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Modyar! Irwan Prayitno Bongkar Fakta Sesungguhnya Pembelian Mobil Dinas Baru Gub Sumbar
Modyar! Irwan Prayitno Bongkar Fakta Sesungguhnya Pembelian Mobil Dinas Baru Gub Sumbar
https://1.bp.blogspot.com/-RXFrafEKoR0/YRzasT5dM0I/AAAAAAAAQIw/j4j0CqbN91cPq1qsemaDrk__wgb9RM07gCLcBGAsYHQ/w640-h356/Screenshot_2021-08-18-17-01-15-81.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RXFrafEKoR0/YRzasT5dM0I/AAAAAAAAQIw/j4j0CqbN91cPq1qsemaDrk__wgb9RM07gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Screenshot_2021-08-18-17-01-15-81.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/modyar-irwan-prayitno-bongkar-fakta.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/modyar-irwan-prayitno-bongkar-fakta.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy