$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bernie Penghina Suku Baduy dan Jokowi Disinyalir Wartawan

GELORABANGSA - Gemas bahkan mungkin saja geram dan murka. Masih saja ada manusia-manusia di tengah kita yang selalu berusaha melihat dari s...



GELORABANGSA - Gemas bahkan mungkin saja geram dan murka. Masih saja ada manusia-manusia di tengah kita yang selalu berusaha melihat dari sudut pandang dan pemahaman yang sangat jahat untuk sesuatu yang sebetulnya baik dan mulia.

Penghinaan terhadap sesama anak bangsa, kali ini menerpa saudara kita suku Baduy dan kepada presiden Indonesia Jokowi kembali terjadi. Mengapa jari dan otak mereka ini kok sangat cepat sekali bereaksi di sisi yang sempit dan negatif?

Seperti yang telah saya rangkum berikut ini. Pemilik akun Twitter @pawletariat sontak ramai diserang netizen karena cuitannya yang Rasis terkait pakaian adat suku Baduy yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Tahunan MPR 2021 pada Senin (16/8/2021) pagi.


Identitas asli akun Twitter @pawletariat berhasil ditemukan oleh AKhmad Sahal yang mempunyai akun Twitter @Sahal_AS adalah Mohammad Bernie, salah satu oknum wartawan media TirtoID. sumber

Netizen menghujat kalimat postingan akun @pawletariat yang rasis yang diposting pukul 13.21 WIB berbunyi :

“ Azzzzzsksks Jokowi make baju adat Baduy cocok banget, tinggal bawa madu plus jongkok di perempatan ”.

Namun setelah itu cuitan dan bahkan akun yang bersangkutan menghilang. Tweet rasis itu pun lenyap tapi sudah menyebar. Dan tentu saja menjadi hujatan nitizen yang kesal. 

Apa salah suku Baduy jualan madu? Dan lantas mengimajinasikan seorang presiden jongkok di perempatan dengan pakaian tersebut. Saya jadi curiga ini orang biasa bermain imajinasi untuk hasratnya.

Disinyalir Mohammad Barnie ini berprofesi sebagai wartawan TirtoID. Tapi sejak artikel ini saya buat belum ada tanggapan dari Tirto terkait hal tersebut. 

Saya mencoba telusuri melalui internet dan menemukan beberapa fakta di dunia maya. Jika merujuk nama bersangkutan memang betul wartawan TirtoID.

Terlihat beberapa rilisan beritanya yang menggunakan nama yang bersangkutan sebagai penulisnya. Dapat di cek yang bersangkutan sebagai author atau penulis di TirtoID. Bisa klik di sini.

Nah, pertanyaannya jika memang benar yang bersangkutan, kendati yang dilakukan atas nama pribadi namun setidaknya pihak TirtoID memberi pernyataan atas kelakuan wartawannya. Minimal meminta manusia jenis Bernie ini klarifikasi secara terbuka. Maksud dan tujuannya apa?


 
Menghina suku Baduy dan presiden Jokowi sebagai kepala negara dan untuk sekelas wartawan rasanya kok cetek banget ensiklopedianya. Selain inti makna yang dalam. Masyarakat awam saja paham maksud dan tujuan presiden Jokowi menggunakan baju adat. Terlebih selama ini bukankah presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan juga menggunakan baju adat?

Sedang konteksnya untuk saat ini, baju adat suku Baduy yang dipilih Jokowi dalam menghadiri sidang tahunan MPR 2021. Memiliki muatan pesan yang bagus. Di sini saya mengambil contoh dari pakar analisis pakar gestur dan ahli deteksi kebohongan Handoko Gani.

Handoko Gani mengatakan kalau Baduy itu simbol yang unik. Baduy punya beberapa faktor sehingga disebut simbol yang unik. Faktornya meliputi keguyuban hingga kesederhanaan dan juga terkait situasi pandemi COVID-19.

"Simbol pemenang COVID. Salah satu suku yang bisa bertahan, bahkan denger-denger zero case. Simbol guyub kekeluargaan. Mengingatkan kita bahwa ini saatnya semakin mendekatkan diri pada keluarga dan lingkaran terdekat lainnya," ujar dia.

"Simbol keanekaragaman SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) Indonesia. Simbol perhatian dan pemeliharaan pemerintah pada aneka ragam SARA di Indonesia. Simbol kesederhanaan mengoptimalkan alam. Hidup sederhana, beli seperlunya, pakai apa yang ada, optimalkan sesuai kebutuhan seperlunya," kata Handoko Gani.

Maknanya begitu dalam, selain kesederhanaan ternyata salah satunya menyangkut simbol keanekaragaman SARA (suku, agama, ras dan antar golongan) di negara kita. Tapi apa yang dilakukan oleh Muhammad Barnie kebalikannya. Ia justru telah melecehkan suku Baduy dan presiden Jokowi yang dengan cara luar biasa telah menyampaikan pesan untuk rakyat Indonesia.

Kita tunggu tanggapan atau klarifikasi yang bersangkutan secara serius dan resmi jika perlu di hadapan kepolisian republik Indonesia. Sebab ini sudah menyangkut sara. Menghina suku Baduy yang direndahkan sedemikian rupa.

Manusia jenis Bernie ini harus mendapat hukuman yang setimpal., minimal hukuman sosial. Saya lihat beberapa penulis seword sudah juga mengangkat soal ini. Ini penting agar ada jejak rekam sebagai pengingat untuk orang-orang dengan jenis dan pemahaman yang sama.

Saya rasa tak sulit bagi aparat untuk mengajak kopi Bernie barang sesaat di kantor polisi agar upaya penghinaan, pelecehan yang bersangkutan yang berprofesi sebagai penulis atau wartawan di TirtoID tak terulang dan kembali dapat mengembalikkan otaknya ke posisi yang benar dia sebagai wartawan yang seharusnya bertindak objective sebagai pembawa berita.

Bukan malah sebaliknya mempengaruhi publik berdasarkan like and dislike. Ini tentu mengerikan. Bisa-bisa muatan pesannya macam beronani dan ejakulasi disembarang tempat nanti.

Demikian, salam




S: AntoCahaya


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Bernie Penghina Suku Baduy dan Jokowi Disinyalir Wartawan
Bernie Penghina Suku Baduy dan Jokowi Disinyalir Wartawan
https://1.bp.blogspot.com/-28jJijqS2m0/YRuE-tQ-UVI/AAAAAAAAQIQ/qMvXP8pWi089-zNOSimySuQYrCcCcOpNgCLcBGAsYHQ/w640-h302/Screenshot_2021-08-17-16-43-23-49.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-28jJijqS2m0/YRuE-tQ-UVI/AAAAAAAAQIQ/qMvXP8pWi089-zNOSimySuQYrCcCcOpNgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h302/Screenshot_2021-08-17-16-43-23-49.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/bernie-penghina-suku-baduy-dan-jokowi.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/08/bernie-penghina-suku-baduy-dan-jokowi.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy