$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Strategi Ganjar Lawan Covid Tuai Pujian Dari IDI Hingga Singapura!

GELORABANGSA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan kepala daerah yang terlihat paling aktif mendatangi warga dalam masa pandemi ...



GELORABANGSA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan kepala daerah yang terlihat paling aktif mendatangi warga dalam masa pandemi ini. 

Ganjar yang memang hobi gowes, kerap blusukan sambil bersepeda, ke pasar-pasar dan kampung-kampung warga. 

Juga sesekali menyapa warga yang berjualan di pinggir jalan. Menegur dan mengingatkan mereka soal prokes. 

Ganjar juga sering meninjau warga yang sedang menjalani isolasi di lokasi-lokasi isolasi pasien Covid. Lalu menyemangati agar mereka cepat sembuh. 

Ke rumah-rumah sakit pun Ganjar sempat untuk meninjau. Padahal kita tahu bahwa wilayah Jawa Tengah itu luas. 

Capek lho mengurusi wilayah segitu luasnya. Jangan heran kalau Pak Ganjar ini tidak bisa gemuk badannya hehehe….

Pujian atas kinerja Ganjar bukan hanya datang dari para netizen atau warga masyarakat. 

Namun juga dari mereka yang ahli. Artinya kita tidak omong kosong ketika memaparkan kelebihan Ganjar dalam penanganan pandemi. Tidak sekedar tata kata alias omong doang. Karena juga didukung oleh pendapat para ahli.

Pertama, datangnya dari Singapura. Seorang dokter spesialis bedah tulang dan tulang belakang di Mount Elizabeth Hospital. Nampaknya beliau ini berasal dari Indonesia, karena namanya nama Indonesia, dokter Tony Setiobudi. 

Dokter ini juga seorang youtuber dengan subscriber mencapai 411 ribu. Video-video yang dibuatnya di kanal Youtube-nya juga berbahasa Indonesia link channel youtube.

 Kebanyakan video yang dibuatnya itu berkisar tentang bidang keahliannya, yakni tulang, sendi, syaraf dan tulang belakang. Namun ada satu video yang dia buat khusus untuk memuji strategi Ganjar menghadapi pandemi Covid link video.

Dokter Tony mengawali videonya dengan memaparkan bahwa di masa pandemi ini diperlukan adanya seorang pemimpin yang handal, yang punya wawasan luas, punya strategi yang jelas dan tegas, yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri

 Kemudian dia menyebut Ganjar sebagai pemimpin pertama di Indonesia yang menyampaikan strategi yang jelas dalam menangani pandemi. Pujian ini mengacu pada 5 poin arahan Gubernur Ganjar kepada para jajarannya untuk menangani pandemi.

Pertama, seluruh daerah diminta menghitung ulang kapasitas tempat tidur ICU atau isolasi yang ada di rumah sakit dan jumlah SDM tenaga kesehatan. Sehingga jika terjadi kekurangan bisa segera ditambahkan. 

Kalau tidak bisa, kepala daerah bisa langsung telpon Ganjar untuk segera dibantu. Kedua, setiap kabupaten kota harus menyiapkan tempat isolasi terpusat, seperti gedung yang tidak terpakai, hotel, balai diklat, wisma yang bisa digunakan untuk isolasi. 

Ketiga, Lurah dan Kades harus menyiapkan tempat isolasi terpusat di tingkat desa atau kelurahan, di rumah atau gedung yang tidak digunakan. 

Aktifkan lagi (program) jogo tonggo agar pergerakan keluar masuk warga bisa terpantau ketat. Keempat, operasi justisi ditingkatkan lagi, tidak boleh berhenti, pantau dan perketat keramaian di titik strategis, tempat wisata, mall, pasar, tempat olahraga, area publik. Kalau tidak bisa diatur harus ditutup. Kelima, percepatan vaksinasi Covid-19 di seluruh wilayah Jateng Sumber tambahan.

Program jogo tonggo adalah program yang mengedepankan partisipasi aktif warga untuk saling menjaga dari penularan Covid-19. Jika ada yang kena, maka para warga sekitar akan saling memberi perhatian dan saling membantu. 

Program ini didukung pula dengan pembentukan Satgas jogo tonggo yang diketuai oleh Ketua RW, dibantu para Ketua RT, dan beranggotakan tim kesehatan, tim ekonomi, serta tim keamanan. Konsep jogo tonggo besutan Ganjar ini menjadi salah satu juara dalam acara Top Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Penanganan Covid-19 dan Pengaduan Terbaik 2020, dalam kategori Pelayanan Publik Penanganan Covid-19, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaa Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sumber Sumber
 
Gubernur Ganjar tidak berhenti berinovasi. Ganjar baru saja menggagas program baru bernama Rembug Desa, dengan mendayagunakan entitas desa. Melalui program ini, Ganjar ingin menyaring informasi faktual yang ada di lapangan, termasuk mendengar keluhan atau kendala yang dihadapi desa dalam penanganan pandemi. 

Juga sekaligus bisa memberikan arahan langsung dan menyerap contoh baik yang telah dilakukan beberapa desa agar ditiru daerah lainnya. Caranya dengan mengadakan rapat dengan para kepala desa (kades), yang digilir per kabupaten. Dimulai pada hari Senin lalu (19/7), Ganjar mengadakan Rembug Desa dengan para kades di Banjarnegara secara virtual. Sebanyak 244 lurah/kades mengikuti acara ini memakai aplikasi zoom Sumber Sumber. Mantap!

Terobosan Rembug Desa ini kemudian menuai pujian kedua dari epidemiolog dari Universitas Diponegoro, Ari Udijono dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah, Djoko Handojo. Ari menilai program ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan masyarakat dalam pengendalian Covid. Desa merupakan garda terdepan dalam menangani pandemi. Program ini menjadi sarana komunikasi dari bawah ke atas, yang pada akhirnya bisa dipakai untuk menggerakkan masyarakat untuk menyadari pentingnya mentaati prokes. Sedangkan Djoko Handojo menyamakan strategi Ganjar dengan strategi perang perjuangan Jenderal Soedirman. Yang mampu mengoptimalkan seluruh kekuatan termasuk kurir hingga prajurir terbawah untuk memenangkan peperangan. Para kades/lurah akan bekerja optimal karena sudah berdialog langsung dengan pimpinan tertinggi di Jateng dan perintah yang diberikan pun akan dilaksanakan sesuai dengan situasi di daerahnya masing-masing Sumber.

Semua bekerja. Dari gubernur hingga ke lurah/kades, sampai Ketua RT. Dalam satu komando. Ini dia yang namanya strategi. Tidak hanya meninjau satu tempat lalu marah-marah, tapi kemudian ternyata salah. Atau keluyuran di makam, “menjual” drama kesedihan. Atau jadi pahlawan kesiangan mendatangi pasar yang sudah terlanjur jadi tempat kerumunan, sambil membawa rombongan awak media, menciptakan kerumunan lagi. Ganjar bekerja nyata, terarah, bersinergi, berkoordinasi, dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin. Mau turun ke lapangan dan menjalin dialog dengan segala pihak. Demi kepentingan rakyat. Ini dia yang namanya pemimpin. Bravo! Selalu dari kura-kura!

Tulisan sebelumnya: Lewat Bima Arya, Presiden Jokowi “Rebus” Anies! Tulisan-tulisan saya yang lain bisa dibaca di sini : Ninanoor Credit foto : cnbcindonesia.com

S: Seword


Name

Berita,6536,Internasional,283,Nasional,6068,Opini,213,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Strategi Ganjar Lawan Covid Tuai Pujian Dari IDI Hingga Singapura!
Strategi Ganjar Lawan Covid Tuai Pujian Dari IDI Hingga Singapura!
https://1.bp.blogspot.com/-N0NL4iPYPyo/YPlbwtrz_rI/AAAAAAAAP4M/TB1uxmoRAREwdRebfcUGSmUT-QfsGk8rgCLcBGAsYHQ/w640-h418/Screenshot_2021-07-22-18-48-23-93.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-N0NL4iPYPyo/YPlbwtrz_rI/AAAAAAAAP4M/TB1uxmoRAREwdRebfcUGSmUT-QfsGk8rgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h418/Screenshot_2021-07-22-18-48-23-93.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/strategi-ganjar-lawan-covid-tuai-pujian.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/strategi-ganjar-lawan-covid-tuai-pujian.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy