$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Parah, BPK Temukan Lagi Kelebihan Bayar Subsidi Kepada Transjakarta

GELORABANGSA - Kali ini BPK mencatat adanya kelebihan pembayaran subsidi mencapai Rp 415,9 miliar oleh Pemprov DKI Jakarta kepada PT Transp...



GELORABANGSA - Kali ini BPK mencatat adanya kelebihan pembayaran subsidi mencapai Rp 415,9 miliar oleh Pemprov DKI Jakarta kepada PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta pada tahun anggaran 2018 dan 2019. 

Temuan itu berasal dari ikhtisar hasil pemeriksaan semester II Tahun 2020 yang disahkan oleh Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna beberapa waktu lalu.

BPK meminta jajaran direksi Transjakarta untuk memperhitungkan kelebihan bayar penghitungan subsidi PSO Tahun Buku 2018 dan 2019 dalam periode-periode tahun anggaran berikutnya.
 
Ckckckck.

Sungguh sangat prihatin.

Kelebihan pembayaran sampai segitu besarnya mencapai Rp 415,9 miliar? Ini angka yang sangat fantastis.

Padahal dulu BPK DKI Jakarta juga mendapati kelebihan bayar empat paket proyek pengadaan mobil pemadam kebakaran. Hasil pemeriksaan BPK mengungkap pembayaran item alat pemadam kebakaran pada empat paket proyek Dinas Damkar DKI Jakarta jumlahnya lebih rendah dari harga kontrak. BPK mencatat nilai kelebihan bayar ini mencapai Rp 6,52 miliar.

Dua anggaran yang ketahuan kelebihan bayar. Ini yang ketahuan oleh BPK. Apakah, jangan-jangan ada lagi yang lain tapi lolos dari pantauan? Ini sungguh luar biasa kacau.

Dari dulu, sudah sering kali banyak masalah terkait pengelolaan anggaran. Banyak anggaran siluman lolos. Anggaran pengadaan tak jelas seperti Lem Aibon. Kelebihan bayar lah. Apakah Pemprov DKI tidak melakukan perencanaan yang terperinci atau memang malas melakukannya sehingga terus bermasalah seperti ini?

Kesalahan satu kali masih bisa dimaklumi, tapi kesalahan kedua kali dan seterusnya adalah indikasi adanya kesengajaan atau ketidakbecusan.


 
Dulu wagub DKI pernah melakukan pembelaan soal kelebihan bayar proyek pengadaan damkar. Dia mengatakan kelebihan bayar yang dimaksud bukan berarti pihak Pemprov DKI membayar di atas harga yang sudah ditetapkan, tapi kelebihan bayar itu adalah hasil temuan yang dianggap tidak rasional oleh BPK dan harus dikembalikan.

“Bukan berarti, misalnya Rp 30 miliar kami bayarkan Rp 36,5 miliar. Bukan. Umpamanya nilai kegiatan 4 item itu dinilai oleh BPK bahwa di situ ada item-item yang kurang pas sehingga dianggap tidak rasional. Jadi jangan salah pengertian kelebihan bayar,” kata Riza.

Menurut saya ini aneh, dan sulit dipahami. Tapi anggap saja seperti itu. Tapi bagaimana pun itu adalah kelebihan bayar dan seharusnya bisa menjadi sebuah penghematan. Untung saja ketahuan oleh BPK. Kalau tidak, maka akan menjadi pemborosan yang melenggang mulus semulus paha saya.

Dan yang paling parah adalah kelebihan bayar kepada Transjakarta sebesar Rp 415,9 miliar. Angka ini sungguh fantastis dan sangat tidak masuk akal. Pertanyaan pentingnya adalah, kenapa bisa kelebihan bayar yang sangat besar sekali? Ratusan miliar. Apakah ini kesalahan atau memang ada unsur kesengajaan?

Sementara itu, dulu Pemprov DKI membuat surat kepada dubes negara lain untuk membantu penanganan Covid-19 seolah kayak tidak punya duit lagi untuk melalukannya sendiri.

Tapi kalau dipikir-pikir, ini sungguh keterlaluan.

Banyak pemborosan yang sebenarnya bisa dihindari. Kelebihan bayar ini bisa dihindari kalau memang becus mengelola anggaran. 

Bisa jadi penghematan yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi rusun Nagrak dengan fasilitas berkali lipat dari yang diminta kepada masyarakat dan dubes negara lain. Bahkan banyak sisanya, dan bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

KPK harusnya coba mengusut ini dan melihat apakah ada kesalahan. Masa dua kali kelebihan bayar? Ketahuan lebih bayar, dibalikin, dan masalah beres. Bebas. Besok-besok ketahuan lagi lebih bayar, balikin lagi. Gitu seterusnya sampai kucing bisa main sepak bola lebih hebat dari Cristiano Ronaldo.

Kelebihan bayar ini, menurut saya, berarti tidak teliti, tidak rinci dan tidak detil dalam perencanaan anggaran. Makanya bisa lolos dan lebih bayar. Tapi lucunya, saat bikin surat minta bantuan kepada dubes, bisa dirinci jumlah item sampai ke ember-embernya. Detil dan jelas sekali. Transparan.

Dan yang perlu dipertanyakan adalah, sistem seperti apa yang mereka pakai sehingga bisa kelebihan bayar sampai miliaran? Dulu saat kasus Lem Aibon heboh mencapai Rp 82 miliar, Anies mengatakan sistem saat itu sudah digital, but not a smart system. 

Itu hanya digital saja, mengandalkan orang untuk me-review. Saat itu dia mengatakan sistemnya akan diubah, tidak akan dibiarkan begitu saja. "Let's do it in a smart way," katanya.

Smart apaan? Kelebihan bayar terus. TGUPP di mana aja? BW ke mana nih? Masih sibuk koar-koar soal TWK




S: Ninanoor


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Parah, BPK Temukan Lagi Kelebihan Bayar Subsidi Kepada Transjakarta
Parah, BPK Temukan Lagi Kelebihan Bayar Subsidi Kepada Transjakarta
https://1.bp.blogspot.com/-3jwSMnyh6nA/YOl9fArvafI/AAAAAAAAPmc/VcCPutwxQKMGVaLxCdFjqRMGzOEOFF5MACLcBGAsYHQ/w640-h418/Screenshot_2021-07-10-17-57-38-76.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3jwSMnyh6nA/YOl9fArvafI/AAAAAAAAPmc/VcCPutwxQKMGVaLxCdFjqRMGzOEOFF5MACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h418/Screenshot_2021-07-10-17-57-38-76.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/parah-bpk-temukan-lagi-kelebihan-bayar.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/parah-bpk-temukan-lagi-kelebihan-bayar.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy