$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Pantas Jadi Penerus Luhut Binsar Panjaitan, Ini Sosok Septian Haryono Pasaribu Peraih Adhi Makayasa

GELORABANGSA - Inilah sosok Sermatutar Septian Haryono Pasaribu yang ditahbiskan sebagai lulusan terbaik Taruna atau peraih Adhi Makayasa T...



GELORABANGSA - Inilah sosok Sermatutar Septian Haryono Pasaribu yang ditahbiskan sebagai lulusan terbaik Taruna atau peraih Adhi Makayasa Tahun 2021. Penerus Luhut Binsar Panjaitan? Ini kisahnya

Adhi Makayasa adalah gelar sebagai taruna berprestasi. Adhi Makayasa juga adalah penghargaan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri

Penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang secara seimbang dapat memperlihatkan prestasi terbaik dari tiga aspek. Ketiga aspek tersebut mencakup akademis, jasmani, dan kepribadian.

Penghargaan Adhi Makayasa diberikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa saat upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana bagi Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil Tahun Ajaran 2021.
 
Sermatutar Septian Haryono Pasaribu dari Program Studi Manajemen Pertahanan Korps Infanteri (Inf) dengan Nomor Akademi 2017.021. Nilai prestasi akumulatif akademiknya adalah 850.557.

Sermatutar Septian Haryono Pasaribu merupakan lulusan dari SMAN 2 Balige dan berasal dari Kabupaten Toba.

Diberikannya penghargaan ini kepada Sermatutar Septian Haryono Pasaribu mengingatkan kita pada sosok Jenderal TNI Purn Luhut Binsar Panjaitan

Catherine Simbolon (sebelah kiri), Kepsek SMAN 2 Aldon Samosir dan  Septian Pasaribu (paling kanan) usai acara wisuda Akmil di Magelang
Catherine Simbolon (sebelah kiri), Kepsek SMAN 2 Aldon Samosir dan Septian Pasaribu (paling kanan) usai acara wisuda Akmil di Magelang (HO / Tribun Medan)
Luhut Binsar Panjaitan adalah peraih lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan 1970 sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Baik Luhut maupun Septian sama-sama lahir di Silaen, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Luhut lahir 28 September 1947 dan Septian lahir 25 September 1999.

Suami dari Devi Simatupang itu masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada 1967 dan karir militernya banyak dihabiskan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Purnawirawan Jenderal itu pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura pada 1999-2000 dan menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
 
Bersama Presiden Jokowi, Luhut menduduki jabatan paling lama di pemerintahan dimulai dari Kepala Staf Presiden (2014-2015), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (2015-2016), dan berlanjut menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2016-2019).

Dalam Kabinet Indonesia Maju 2019, ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Apakah Septian akan mengikuti jejak karir Luhut Binsar Panjaitan?

Luhut Pandjaitan
Luhut Pandjaitan (facebook)
Orang tua taruna terbaik Akademi Militer Septian Pasaribu terharu melihat anaknya dipanggil sebagai peraih Adhi Makayasa tahun 2021.

Sebagai orang tua, Parlindungan Pasaribu dan Rusdiana Panjaitan menitikkan air mata saat menyaksikan anaknya terpilih sebagai penerima Adhi Makayasa

"Saat melihat anak kami dipanggil sebagai taruna terbaik, peraih Adhi Makayasa untuk Akmil tahun 2021, saya terharu sebagai ayah," ujar Parlindungan, Rabu (7/7/2021). 

"Tidak menyangka anak saya dapatkan prestasi itu," tambahnya.

Ia juga berharap bisa bertemu dengan Presiden Jokowi saat pelantikan putranya yang direncanakan pada tanggal 13 Juli 2021 mendatang.

Oleh karena itu, hingga saat ini, Parlindungan Pasaribu dan istrinya masih berada di Jakarta. 

"Apalagi pada tanggal 13 Juli ini, orang tua akan bertemu dengan Presiden Jokowi pada pelantikan di Jakarta. Kami sekarang di Jakarta dan menunggu pelantikan anak kami," sambungnya. 

Lalu, Rusdiana Panjaitan, mengisahkan sosok Septian Pasaribu. 

"Sosok Septian sejak kecil, ia rajin sekolah minggu, ia sering baca buku atau gemar baca buku. Ia adalah orang yang sangat tegas, tidak banyak omong, bicara seadanya saja," ujarnya

"Mana yang penting-penting, itu yang dibicarakan sama kita," sambung Rusdiana Panjaitan. 

Ia menyampaikan bahwa Septian Pasaribu adalah orang yang suka olahraga sebagai persiapan memasuki Akademi Militer di Magelang. 

"Dia juga suka bermain bola di Lapangan SMAN 2, kemudian ia berenang saat di SMP Budhi Dharma. Ia memang hobby olahraga," ungkapnya. 

Niat Septian Pasaribu sudah muncul sejak ia memasuki bangku SMAN 2 Balige. 

"Ia mengutarakan niatnya sekolah di Akmil sejak ia masuk kelas X. Jadi kami sebagai orangtua mendukung, mempersiapkan dirinya, ia memperkuat di bidang olahraga, dan ia juga mempersiapkan kesehatannya dengan periksakan diri di Rumkit Medan," sambung Rusdiana Panjaitan. 

Selama di sekolah, ia juga masuk 5 besar. Yang pada akhirnya, ia tidak bisa menahan air mata sebab merasa terharu dan bangga. 

"Sejak SMA, ia selalu mendapat 5 besar. Saya terharu saat anak saya dipanggil peraih nilai terbaik. Dan sampai menitikkan air mata, kami sebagai orang tua gembira dan bangga," ujar Rusdiana Panjaitan sambil menangis. 

"Karena diantara 227 orang Akademi Angkatan Darat, ia terpilih yang terbaik di antara mereka. Itu adalah anugerah yang sangat besar dari Tuhan. Dan bukan karena kekuatan kami, dan bukan karena keadaan kami," sambungnya. 

"Dia itu anak ketiga dari 4 bersaudara. Kakak adiknya sangat terharu," pungkasnya.

Sermatutar Chaterine I Simbolon sebagai lulusan terbaik putri atau Anindya Wiratama (Kiri) Sermatutar <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/septian-haryono-pasaribu' title='Septian Haryono Pasaribu'>
                    </div>Septian Haryono Pasaribu</a> sebagai lulusan terbaik putra atau <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/adhi-makayasa' title='Adhi Makayasa'>Adhi Makayasa</a> (Kanan)

Sermatutar Chaterine I Simbolon sebagai lulusan terbaik putri atau Anindya Wiratama (Kiri) Sermatutar Septian Haryono Pasaribu sebagai lulusan terbaik putra atau Adhi Makayasa (Kanan) (HO / Tribun Medan)
Sang Guru Bangga

Dua siswa alumnus SMAN 2 Balige terpilih menjadi taruna dan Taruni terbaik saat wisuda Akademi Militer di Magelang pada Senin (5/7/2021). 

Sebelum upacara wisuda, keduanya; Catherine Simbolon dan Septian Simbolon sempat terkejut melihat kepala sekolahnya di SMAN 2 hadir dan menyaksikan perolehan gelar Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama untuk pertama kalinya. 

Kepala Sekolah SMAN 2 Balige Aldon Samosir bercerita bahwa kedua mantan siswa dan siswinya terkejut sekaligus gembira saat melihat kehadirannya. 

"Bangga luar biasa. Sebelum upacara berlangsung pada Senin (5/7/2021) di Magelang itu, mereka terkejut karena saya datang. Ini kan masa pandemi, mereka mungkin sudah berpikir bahwa saya enggak bisa datang. Berkat doa dan dukungan para guru, akhirnya saya lihat mereka," ujarnya saat dikonfirmasi tribun-medan.com pada Selasa (6/7/2021). 

"Ini menjadi sejarah bagi kami. Pertama sekali mendapatkan gelar taruna terbaik dan taruni terbaik sekaligus. Ini sangat membuat kami bersemangat. Ini perdananya," sambungnya. 

Sebagai kepala sekolah yang telah memimpin sekolah SMAN 2 Balige selama 8 tahun, ia merasa terharu melihat dua alumnus mereka dipanggil saat upacara wisuda karena mendapat peringkat terbaik. 

"Kalau lulusan Akmil sudah lumayan lah. Tapi untuk Adhi Makayasa baru-baru ini. Dan, kita dapat dua-duanya kan, baik putra maupun putri. Inilah yang membuat kita terharu dan bangga," terangnya. 

Saat mengecap pendidikan di Akademi Militer, kedua sosok tersebut kerap berkomunikasi dengan kepala sekolahnya, berbagi kisah selama dalam pendidikan dan saling menyemangati. 

"Kalau komunikasi selama mereka sekolah di Akmil, sangat bagus ya. Mereka kerap chat kita, berbagi cerita dan informasi dan yang pasti saling menyemangati," terangnya. 

"Mereka juga kerap berkunjung ke sekolah kita. Dan, terbukti ada 10 orang adik-adiknya yang kini mengikuti pendidikan di Akademi Militer di Magelang juga. Ada motivasi dan inspirasi dari mereka," terangnya. 

"Saat berbincang, saya sampaikan bahwa kita bangga sebab mereka sudah berjuang  semaksimalnya. Karena tradisi itu tradisi nusantara. Saat disebutkan namanya, saya harus dan bangga," ungkapnya. 

"Mereka berdua adalah pemecah rekor. Karena sejak dari sekolah, kita sudah berikan fasilitas dan bimbingan dan mereka yakin bahwa semua yang mereka terima berbuah," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Sosok Septian Pasaribu, Suksesor Luhut Panjaitan Peraih Adhi Makayasa, Putra Kebanggaan Toba

 

S: Tribun Manado


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Pantas Jadi Penerus Luhut Binsar Panjaitan, Ini Sosok Septian Haryono Pasaribu Peraih Adhi Makayasa
Pantas Jadi Penerus Luhut Binsar Panjaitan, Ini Sosok Septian Haryono Pasaribu Peraih Adhi Makayasa
https://1.bp.blogspot.com/-sJPcdj3Z0uk/YOaSbHcL_CI/AAAAAAAAPjk/C31bawRzG0QTImesEdK0rlhSafqyp2NYgCLcBGAsYHQ/w640-h378/Screenshot_2021-07-08-12-50-30-80.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sJPcdj3Z0uk/YOaSbHcL_CI/AAAAAAAAPjk/C31bawRzG0QTImesEdK0rlhSafqyp2NYgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h378/Screenshot_2021-07-08-12-50-30-80.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/pantas-jadi-penerus-luhut-binsar.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/pantas-jadi-penerus-luhut-binsar.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy