$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Miris! Benci Jokowi Sampai Akhir Hayat

GELORABANGSA -Ini pertama kalinya saya menulis tentang orang yang sudah meninggal, di luar pahlawan atau tokoh nasional.  Lebih tepatnya, d...



GELORABANGSA -Ini pertama kalinya saya menulis tentang orang yang sudah meninggal, di luar pahlawan atau tokoh nasional. 

Lebih tepatnya, dari gerombolan mereka yang jadi lawan politik Presiden Jokowi. Tetaplah sebaiknya kita doakan agar orang tersebut mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan. Namun, ada pelajaran yang hendaknya diambil dari peristiwa kematiannya. Oleh sebab itu, saya pun tersentil untuk menuliskannya.

Ada satu petuah orang tua yang selalu saya ingat ketika menderita sakit. Yakni, membaca istighfar. Memohon ampunan kepada Allah SWT, untuk kesalahan dan kekhilafan yang mungkin kita sadari atau tidak.

 Katanya istighfar itu juga akan membantu kesembuhan kita. Menenangkan pikiran, menghalau kecemasan, dan mempercepat penyembuhan. Mau sakit keseleo, luka, atau pun sakit flu. Apalagi ketika sakitnya macam Covid yang beresiko kematian.

 Makin mendekati kematian, biasanya sih yang diingat itu adalah Sang Pencipta ya, dan pastinya keluarga atau kerabat dekat. Mana sempat mikirin yang lain, macam politik. Namun, anehnya itu lah yang terjadi pada (almarhum) Arief Munandar.

Video Arief Munandar dalam kondisi sakit Covid dan sudah memakai alat bantu nafas, beredar di medsos. Yang saya lihat itu yang beredar di Twitter. Nama Arief Munandar sudah ada di media sejak jamannya Pilkada DKI dulu. Ketika Ahok kepleset lidah, soal Al Maidah, Arief Munandar pun sudah bikin video tentang Ahok. Video itu dibuka Arief dengan kata-kata berikut.
 
“2014 sampai dengan 2016, 2 tahun Jakarta mendapatkan cobaan yang lumayan menantang. Dipimpin oleh seorang pemimpin yang bukan berasal dari kita. Bukan karena dia punya bentuk mata dan warna kulit yang berbeda. Bukan karena dia punya etnis yang tidak serupa dengan kita. Tapi karena dia mampu menista apa yang buat kita berharga…”. Disambung dengan paparan soal bergaul dengan 9 naga, soal penggusuran warga yang tinggal di bantaran kali, hingga soal Ahok dilanda banyak kasus hukum. Video lengkapnya beserta counter argument dari pendukung Ahok bisa dilihat di Sumber.

Saya hanya ingin menunjukkan seberapa besar dan seberapa lama kebencian yang mengendap di dalam diri Arief Munandar. Mungkin ada lagi rekam jejak sebelum itu, bisa jadi. Sangat kontras dengan latar belakang intelektualnya. Arief Munandar ini menyandang gelar Doktor Sosiologi dari UI. Juga memiliki gelar S1 dan S2 dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Pernah jadi dosen dan aktif menggagas program beasiswa buat para mahasiswa UI. Juga dikenal sebagai Youtuber dengan nama kanal “Bang Arief” Sumber.

Bahkan ketika Ahok sudah menyelesaikan hukumannya, kebencian Arief tidak pernah padam. Tetap saja terus berusaha memojokkan Ahok. Pada bulan April lalu, ketika beredar kabar akan ada reshuffle kabinet dan adanya potensi Ahok akan mengisinya, Arief pun ikut bersuara lewat videonya. Arief mempertanyakan, apa prestasi Ahok sebagai komut Pertamina dan menyebut soal kerugian Pertamina sebesar 11 triliun di semester pertama 2020 Sumber. Padahal pada bulan Februari 2021 sudah ada berita di media bahwa Pertamina berhasil membukukan laba bersih tahun 2020 sebesar Rp 14 triliun Sumber. Kok Arief yang katanya Doktor ini tidak tahu berita? Dan bahkan pada bulan Juni lalu, disebut juga bahwa Pertamina memberikan kontribusi sebesar Rp 126,7 triliun kepada negara Sumber. Terlihat sekali kebenciannya yang tak pernah pupus ya.

Arief Munandar juga merupakan Wakil Pemimpin Umum di portal berita FNN. FNN ini isinya ya itu, para lawan politik Presiden Jokowi, seperti Rocky Gerung dan Natalius Pigai Sumber. Video-video di kanal Youtube-nya link mayoritas berisi “kritik” terhadap pemerintah. Termasuk pembelaan terhadap BEM UI terkait meme Jokowi dan endorsement terhadap Anies.

Dari sini sudah nyata sekali posisi dan pilihan politik Arief. Bahkan ketika sudah sakit pun, masih sempat bikin video yang sekarang cukup banyak beredar di medsos. “Mungkin selama beberapa hari ini rezim akan sedikit bisa tidur nyenyak, mereka berkurang sparing partnernya… Gue cuma mau bilang kepada mereka, mereka tidak akan tenang lama-lama, karena in shaa Allah gue akan berjuang sekuat tenaga supaya Covid ini segera berakhir. Gue sembuh dan setelah itu gue akan gangguin mereka lagi, supaya mereka tidak seenaknya bisa gangguin rakyat,” ujar Arief dalam video terakhir itu Sumber Sumber.

Masih sempat berpolitik. Masih sempat melontarkan narasi seakan rakyat sedang ditindas oleh pemerintah. Padahal kurang apa pemerintahan Presiden Jokowi ini? Bansos dikasih, listrik didiskon, vaksin dikasih gratis, tidak menerapkan lockdown, dan banyak lagi bantuan pemerintah diupayakan buat rakyat. Yang diminta hanya agar rakyat mentaati prokes, sesuai anjuran dari para ahli kesehatan kan? Sebanyak itu yang sudah diberikan pemerintah, mengapa orang dengan tingkat intelektual setinggi Arief ini masih saja membenci Jokowi? Menafikan semua kerja keras Presiden Jokowi. Bahkan membawa kebencian itu hingga akhir hayatnya.

Semoga ini menjadi pelajaran buat kita semua. Semoga almarhum Arief Munandar husnul chotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga kita jangan sampai terjebak dalam kebencian yang terlalu dalam hingga bersedia melupakan nalar. Sampai menafikan nilai-nilai kebaikan universal (universal virtues). Bahkan sampai menghasut agar masyarakat juga mengamini kebencian tersebut. Selalu dari kura-kura!


S: Ninanoor


Name

Berita,6536,Internasional,283,Nasional,6068,Opini,213,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Miris! Benci Jokowi Sampai Akhir Hayat
Miris! Benci Jokowi Sampai Akhir Hayat
https://1.bp.blogspot.com/-oUUmVNUnJLE/YPLXV0tIMdI/AAAAAAAAPxw/wkhiv_BiS8QvQGBjJcZd4B0FbLWGCxsFwCLcBGAsYHQ/w640-h452/Screenshot_2021-07-17-20-11-20-92.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oUUmVNUnJLE/YPLXV0tIMdI/AAAAAAAAPxw/wkhiv_BiS8QvQGBjJcZd4B0FbLWGCxsFwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h452/Screenshot_2021-07-17-20-11-20-92.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/miris-benci-jokowi-sampai-akhir-hayat.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/07/miris-benci-jokowi-sampai-akhir-hayat.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy