$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Tahun ini Hambalang Sudah Berusia 17 Tahun, Demokarat Nggak Mau Rayain Gitu?

GELORABANGSA - Tahun ini Hambalang sudah berusia 17 tahun. Proyek yang dimulai dari tahun 2004 ini, sudah lewat dari masa remaja dan masuk ...



GELORABANGSA - Tahun ini Hambalang sudah berusia 17 tahun. Proyek yang dimulai dari tahun 2004 ini, sudah lewat dari masa remaja dan masuk ke fase pemuda. Kata orang-orang, usia 17 ini adalah usia yang sangat baik dalam kedewasaan. Sudah mulai dewasa.

Kalau lelaki usia 17 tahun, sudah puber, melewati masa pencarian jati diri. Jati diri sudah mulai terbentuk, jakun sudah muncul, dada melebar dan suara jadi ngebass. Sedangkan perempuan juga sudah dewasa dengan berbagai gejala fisik yang berbeda.
 
Hambalang sekarang dah berusia 17 tahun. Sudah siap digarap sebenarnya. Kalau proyek ini jadi pada tahun-tahun yang ditentukan yakni tahun 2012, bulan Desember tanggal 31, seharusnya hari ini mereka sudah 9 tahun. Tidak bisa dibayangkan betapa banyak atlet yang bisa dibentuk dari sana.

Mungkin saja Hambalang jika selesai rampung di tahun 2012, timnas Indonesia bisa masuk ke Piala Dunia, karena latihan-latihan yang ada. Tapi apa daya, karena hasrat kekuasaan beberapa orang, proyek ini hanya berakhir jadi candi. Candi dengan rumput-rumput yang tidak dipotong.

Biaya ratusan miliar bahkan triliunan sudah diinvestasikan kepada olahraga. Tapi pada akhirnya apa yang terjadi? Proyek itu berhenti. Cat belum selesai, masih ada struktur-struktur besi yang menganga tidak tertutup beton kemudian berkarat. Karatan sesuai dengan nama partainya. Partai berkarat.

Proyek Hambalang sudah direncanakan 17 tahun silam, oleh era Tukang Prihatin. Mega proyek prestisius yang sempat memberikan harapan besar kepada para atlet dan para calon atlet. Namun akhirnya, ternyata hanya harapan palsu, karena ulah koruptif dari beberapa orang yang ada di lingkaran kekuasaan.

Seharusnya Tukang Prihatin, gubernur gagal dan adiknya menjadi trio cowok yang bisa merayakan, atau setidaknya melakukan rekoleksi atau reuni para pemangku proyek Hambalang ini. Mengingat dan merayakan bahwa proyek itu membawa keuntungan besar bagi mereka. Keuntungan apa? Keuntungan buat Joko Widodo. Kok bisa?

Sebenarnya megaproyek Hambalang ini adalah kegagalan besar buat penguasa saat itu yang membuatnya nyangkut dan menyurutkan elektabilitas partai Demo di seantero nusantara. Orang jadi tidak percaya lagi. Maka ini untungnya buat presiden Joko Widodo. Kenapa saya katakan untung?

Karena di era Jokowi lah, Hambalang bisa merayakan ulang tahunnya yang ke-17. Proyek yang tidak serius dikelola oleh KPK dari masih ada Novel Baswedan sampai saat ini Novel kabur. Seharusnya KPK selain usut kasus Anies terkait korupsi tanah haram jadah, KPK juga usut buka lagi proyek Hambalang.


 
Karena makin lama, bisa makin kadaluwarsa. Kalau proyek triliunan gagal bangun itu kadaluwarsa dalam waktu sekitar 20 tahun, maka kasus itu otomatis bisa ditutup. Mau bagaimana pun juga, KPK harus bergerak. Bergerak agar Hambalang tidak bisa merayakan ulang tahunnya yang ke 18 dan seterusnya.

Mari kita simak kronologisnya.

Tahun 2004 dilakukan pembayaran kepada para penggarap lahan di lokasi tersebut. Sudah dibangun masjid, asrama, lapangan sepak bola dan satu lagi yang paling penting. Pagar. Tahun 2004-2009 proyek ini mandeg karena pengurusan sertifikat tanah Hambalang yang nyangkut 5 tahun.

Pelaksana proyek tetap makan gaji selama 5 tahun itu. Kemudian di tengah-tengah itu, tahun 2004, ada studi geologi oleh konsultan pekerjaan di Hambalang. Tahun 2006, dianggarakan pembuatan maket dan masterplan. Dari rencana awalnya yakni pusat peningkatan olahraga, jadi pusat atlet nasional dan elit. Mantap.

Tahun 2007, ada perubahan nama yang tentu punya proyek juga. Dari pusat pendidikan pelatihan olahraga nasional menjadi pusat pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga nasional. Asik banget. Ganti nama kan butuh biaya ya.

Tahun 2009 mereka pun mengajukan anggaran pembangunan dan dapat alokasi sebesar 1,25 miliar. Dan tahun 2019, ada hak sertifikat pakai nomor 60 atas nama Kemenpora dengan luas tanah 312.448 meter persegi. Dan pada 30 Desember 2010 keluar izin membangun.

Lalu pada tahun 2010 juga ada perubahan lagi yakni penambahan fasilitas sarana dan prasarana antara lain bangunan sains sport, asrama atlet senior dan lain-lain sebesar 1,75 triliun. Belum berhenti, anggaran total yang dari tahun 2009-2010 sudah keluar 675 miliar. Mantap.

Tahun 2012, pekerjaan seharusnya selesai di akhir tahun ini dan penerimaan siswa baru di tahun 2013-2014. Tapi apa yang terjadi? Nggak jadi-jadi tuh. Hahaha.

Kalau lihat ini, saya sih jijik dan enek ya. Merayakan sweet 17 Hambalang di tahun 2021 dengan kejijikan.

Begitulah geli-geli.


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Tahun ini Hambalang Sudah Berusia 17 Tahun, Demokarat Nggak Mau Rayain Gitu?
Tahun ini Hambalang Sudah Berusia 17 Tahun, Demokarat Nggak Mau Rayain Gitu?
https://1.bp.blogspot.com/-7LZEJ9wgTrk/YL-F4Ru_BeI/AAAAAAAAOmo/MtrhWZx7p_Eo5YcBwlu59xCRD5EuBdoIwCLcBGAsYHQ/w640-h418/VKbf3Eqq4U-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-7LZEJ9wgTrk/YL-F4Ru_BeI/AAAAAAAAOmo/MtrhWZx7p_Eo5YcBwlu59xCRD5EuBdoIwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h418/VKbf3Eqq4U-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/tahun-ini-hambalang-sudah-berusia-17.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/tahun-ini-hambalang-sudah-berusia-17.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy