$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Survei CPCS: Ganjar dan RK Merajai Pemilih Milenial dan Generasi Z

GELORABANGSA - Konon kelompok milenial dan generasi Z oleh partai sedang dilirik dan ditarik untuk mendulang suara di Pemilu 2024. Beberapa...



GELORABANGSA - Konon kelompok milenial dan generasi Z oleh partai sedang dilirik dan ditarik untuk mendulang suara di Pemilu 2024. Beberapa partai terlihat sudah mulai mendekati publik figure yang masih muda di dunia keartisan. Barangkali PBB yang sudah merangkul artis seperti Aldi Taher, Andika Kangen Band dan Charlie.

Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan, keberadaan pemilih milenial dalam kontestasi elektoral termasuk Pemilu 2024 sangat penting atau bisa dikatakan menentukan.

Kita flashback sebentar, berdasarkan catatan pada Pemilu 2019 yang telah lalu jumlah pemilih milenial pada Pemilu serentak 2019 lebih dari 42 juta. Dari jumlah itu yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu serentak 2019, 17.501.278 orang diantaranya berusia 20 tahun, dan 42.843.792 orang berusia 21-30 tahun.
 
Dan pada Pemilu 2024 suara pemilih milenial dan generasi Z diperkirakan naik. Menguasai hingga 54% dari total suara pemilih. Tentu sebuah angka yang sangat menggiurkan bagi partai. Mereka berlomba-lomba berusaha menarik kelompok suara pemilih milenial dan generasi Z.

Selama ini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kerap merajai survei elektabilitas capres beberapa tahun terakhir. Namun, survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pemilih milenial dan Gen Z dikuasai oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan Gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (15/6).

Dan berikut elektabilitas para capres yang masuk 5 besar pilihan milenial dan generasi Z

Ganjar Pranowo, 17,7 persen
Ridwan Kamil, 16,0 persen
Prabowo Subianto, 12,8 persen
Anies Baswedan, 7,6 persen
Agus Harimurti Yudhoyono, 7,3 persen
Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil menikmati dukungan elektabilitas terbesar di antara pemilih milenial dan Gen Z dibanding tokoh-tokoh yang lain, termasuk Prabowo Subianto.

Menurut Okta, tingginya elektabilitas Prabowo selama ini lebih banyak disumbang oleh pemilih generasi yang lebih tua.

Sementara itu, lanjut dia, perubahan demografi telah terjadi sejak Prabowo pertama kali berlaga pada Pemilu 2009, ketika berpasangan dengan Megawati. Berikutnya Prabowo dua kali menjajal sebagai capres pada 2014 dan 2019, tetapi kalah.
 
Lalu bagaimana dengan tokoh yang lain? Apakah suara milenial juga generasi Z melirik mereka. Berikut hasil untuk tkoh lain ang selama ini muncul di setiap survei.

Erick Thohir (6,0 persen)
Sandiaga Uno (5,8 persen)
Tri Rismaharini (4,3 persen)
Giring Ganesha (2,3 persen)
Khofifah Indar Parawansa (2,3 persen)
Mahfud MD (1,0 persen)
Lainnya hanya di bawah 1 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 14,6 persen.
Survei CPCS dilakukan pada 1-10 Juni 2021, dengan jumlah responden 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia dan berusia 16-39 tahun.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dan yang mengejutkan Puan Maharani justru sama sekali tidak muncul. Rupanya tokoh yang akhir-akhir ini cukup menyita publik atas manuvernya kepada Ganjar Pranowo tersebut tidak menarik generasi milineal dan Gen Z.

Sangat memungkinkan capres dan wacapres kombinasi muda dan tua di tahun 2024 menjadi sebuah kombinasi yang tepat.

Ada banyak alternatif pilihan jika melihat tokoh-tokoh yang selama ini mendominasi hasil survei. Dan diperkirakan tak akan banyak perubahan hingga mendekati pemilu 2024 nanti.

Dari fakta di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan. Bahwa tokoh seperti Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil yang selama ini aktif di sosial media ternyata membawa dampak yang signifikan atas keterpilihan. Dua tokoh ini lebih maju selangkah dibandingkan tokoh lain.

Di zaman sekarang kelompok milenial dan generasi Z tak lepas dari pengaruh dunia digital hal ini tentu berbanding terbalik dengan kelompok tua yang tidak concern dengan dunia digital atau internet.

Memang terbilang premature untuk saat ini. Mengingat pemilu masih 3 tahun lagi. Akan tetapi melihat peta di atas kiranya dapat sebagai gambaran bagi partai untuk menentukan tokoh atau calon presiden dan calon wakil presiden di tahun 2024.

Demikian, salam






S:Anton jaya


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Survei CPCS: Ganjar dan RK Merajai Pemilih Milenial dan Generasi Z
Survei CPCS: Ganjar dan RK Merajai Pemilih Milenial dan Generasi Z
https://1.bp.blogspot.com/-MtltpNJEDWo/YMnrGLchVvI/AAAAAAAAO40/Ps91xiR6xkgpUbwMcapsXneUwCBoILmRgCLcBGAsYHQ/w640-h462/Screenshot_2021-06-16-19-12-38-42.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MtltpNJEDWo/YMnrGLchVvI/AAAAAAAAO40/Ps91xiR6xkgpUbwMcapsXneUwCBoILmRgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h462/Screenshot_2021-06-16-19-12-38-42.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/survei-cpcs-ganjar-dan-rk-merajai.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/survei-cpcs-ganjar-dan-rk-merajai.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy