$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sosok Misterius 'The Man Behind the Door' Muhammad Prananda Prabowo, Cucu Bung Karno

GELORABANGSA - Muhammad Prananda Prabowo (51), biasa dipanggil Prana atau Nanan, adalah aktivis politik Indonesia.  Saat ini Prananda diper...



GELORABANGSA - Muhammad Prananda Prabowo (51), biasa dipanggil Prana atau Nanan, adalah aktivis politik Indonesia.

 Saat ini Prananda dipercaya memimpin sebagai Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2015-2020.

 Sebelumnya, ia adalah Kepala Ruang Pengendali dan Analisis Situasi di Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan.

Belum banyak rakyat Indonesia yang mengenal secara mendalam sosok yang satu ini. Karena selama ini yang bersangkutan memang banyak berkiprah di belakang layar gegap gempitanya perpolitikan di tanah air.

Prananda Prabowo adalah cucu dari Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. 

Ia adalah putra kedua Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri dari suami pertamanya, Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso. Dari pasangan ini Prananda memiliki seorang kakak, Mohamad Rizki Pratama.
 
Prananda atau Nanan saat masih dalam kandungan ibunya, ayahnya wafat dalam kecelakaan pesawat Skyvan T-701 di Biak, Papua Barat, pada 1970. Praktis saat lahir Prananda kecil sudah yatim.

Kemudian dari pernikahan ibunya dengan Taufik Kiemas, Prananda memiliki seorang adik tiri yaitu Puan Maharani yang saat ini menjabat Ketua DPR-RI.

Seperti yang dikutip CNN Indonesia menyebut Prananda sebagai putra mahkota pengganti Megawati Soekarno Putri. 

Jika ini terjadi maka Prananda akan mengikuti jejak AHY yang lebih dulu memimpin Demokrat. Sebuah peta perpolitikan di tanah air tergambar di masa depan dari orang tua ke anak mereka.

Ada sebuah kisah yang cukup menarik, jauh sebelum menjabat sebagai presiden. Joko Widodo memberikan penilain khusus ke Prananda.

"Prananda punya potensi besar. Cara pengorganisasiannya detail. Orangnya memang tak menonjol, tetapi dekat dengan siapapun.”
 
Oleh sejumlah kaum Marhaen, ia dianggap sebagai salah satu pewaris trah Soekarno. Bahkan, ia pernah didaulat sebagai keturunan ideologis Bung Karno yang paling tepat menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Prabowo dikenal sebagai ideolog dan peminat teknologi komunikasi dan informasi.

 Ia pertama kali muncul saat Megawati mengajaknya dalam konferensi pers bersama sang adik, Puan Maharani, menjelang pembukaan Kongres III PDIP 2010 di Bali. Di PDI-Perjuangan, ia ditempatkan sebagai Kepala Ruang Pengendali dan Analisis Situasi (Situation Room) DPP PDI-Perjuangan.

Ia adalah konseptor beberapa pidato politik Megawati. Salah satu sentuhan pidatonya yang dianggap cukup bisa menggambarkan cara pandangnya terhadap dunia politik adalah ketika ia menyisipkan penggalan nasihat dari Kitab Bhagawad Gita, "karmanye vadhikaraste ma phaleshu kada chana" ("kerjakan seluruh kewajibanmu dengan sungguh-sungguh tanpa menghitung untung-rugi"). Pidato yang dibacakan pada Pembukaan Kongres III PDI Perjuangan tahun 2010 tersebut memang kemudian menjadi salah satu pidato Megawati yang paling banyak mendapatkan pujian dari berbagai pihak.

Prananda memang tidak banyak tampil dipublik. Berbeda dengan adiknya Puan Maharani. Tipikal seorang konseptor memang cenderung jauh dari hingar bingar. Makanya kehidupan pribadinya tidak banyak terekspose media. Jejak Prananda di jalur politik jarang tampak. Prananda dikenal sebagai 'tokoh misterius' atau 'the man behind the door'.

Mungkin kemunculannya yang terbaru saat Prananda Prabowo ikut mendampingi ibunya saat meresmikan patung Soekarno di depan gedung utama Kemenhan bersama Prabowo Subianto.

Di dalam intern PDIP sendiri muncul isu ada faksi Prananda dan faksi Puan. Terkait dengan suksesi kepemimpinan di PDI-Perjuangan. Dan perlu diketahui bahwa selama ini yang menentukan setiap kepala daerah, Megawati hanya melibatkan Prananda Prabowo dalam mengambil sebuah keputusan. Apakah ini menandakan jika ia sudah disiapkan jauh hari untuk menggantikannya? Menunggu waktu yang tepat ketika dirasa sudah matang dan siap.

Kini, setelah lama tak terlihat di publik, Prananda kembali muncul. Kemunculannya bahkan di tengah ramainya isu Puan Maharani versus Ganjar Pranowo memperebutkan rekomendasi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu menimbulkan spekulasi bahwa kemunculan Prananda ini menunjukkan bahwa trah Soekarno bukan hanya Puan Maharani. Seolah Megawati sedang memberikan sebuah pesan secara simbolik kepada publik.

Kiranya dapat dijadikan sebuah kode. Jika selama ini Prananda hanya berada di balik layar. Dan Megawati telah memberikan panggung pada Puan di pentas nasional, dari menteri hingga ketua DPR-RI. Dan saatnya Prananda yang ambil peran lebih luas. Sudah saatnya, tokoh 'misterius' the man behind the door itu keluar dari balik pintu menunjukkan eksistensinya.

Demkian, salam




S: Tribunnews


Name

Berita,6412,Internasional,283,Nasional,5944,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Sosok Misterius 'The Man Behind the Door' Muhammad Prananda Prabowo, Cucu Bung Karno
Sosok Misterius 'The Man Behind the Door' Muhammad Prananda Prabowo, Cucu Bung Karno
https://1.bp.blogspot.com/-tbkPcL4wyqI/YMN3nerG2RI/AAAAAAAAOto/SbHPVUCR2JsmkZ_xWSr_6GTw7IAxL3oCQCLcBGAsYHQ/w640-h612/KejbOZW9GB-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-tbkPcL4wyqI/YMN3nerG2RI/AAAAAAAAOto/SbHPVUCR2JsmkZ_xWSr_6GTw7IAxL3oCQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h612/KejbOZW9GB-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/sosok-misterius-man-behind-door.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/sosok-misterius-man-behind-door.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy