$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Pesan Gibran Lebih 'Kuat dan Tegas' dari Bapaknya

GELORABANGSA - Ada sebuah pepatah yang mengatakan, "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", maka hal itu sangat tepat jika kita sem...



GELORABANGSA - Ada sebuah pepatah yang mengatakan, "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", maka hal itu sangat tepat jika kita sematkan pada sosok Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo dengan bapaknya, presiden Jokowi.

Selama ini kita sudah melihat tegasnya seorang Jokowi terhadap para mafia pangan, migas, tambang, ormas radikal, premanisme dan lain sebagainya.

Bahkan kepada para lawan-lawan politiknya pun dibuat tak berkutik oleh Jokowi. Dua periode menjadi presiden itu sudah jawaban yang tak perlu diperdebatkan.

Maka tak heran seorang Ahok menganalogikan ketegasan Jokowi itu berdasar 'teori merebus katak' di dalam panci yang menyala. Awalnya dibuat nyaman tahu-tahu matang.

Sadis, bikin mati kutu lawan-lawannya. Tahu-tahu pada jadi pembantunya saja. Kita tercengang dibuatnya. Sedang yang tak dapat diatur dikirim ke hotel prodeo biar tak bikin onar dan meresahkan rakyatnya.

Begitulah karakter asli orang Solo. Kalem, halus tidak tergesa-gesa, tidak brangasan. Penuh dengan 'semiotika' pesan atau tanda-tanda.

Memang harus diakui Indonesia saat ini masih membutuhkan tipikal pemimpin seperti Jokowi. Jika tipikalnya brangasan bisa hilang kendali. Setiap kebijakan diukur dengan kalkulasi. Jika tidak sesama anak bangsa bisa saling berkelahi.

Lalu siapa sosok yang memiliki karakter dan kemiripan memimpin seperti Jokowi? Dan siap menerima tongkat estafet kepemimpinan di tahun 2024 nanti. Silahkan para pembaca seword menjawab dalam hati.

Kali ini saya lebih tertarik membahas Gibran Rakabuming Raka. Sesuai dengan arti namanya Gibran 'Gigih dan Berani'. Rupanya dia juga mulai memainkan semiotika, bahkan lebih kuat dari Jokowi.

Gibran sudah pasti memiliki kemiripan seperti bapaknya tapi terlalu dini jika untuk tahun 2024. Anak muda ini harus melalui proses yang panjang buktikan saja Solo jauh lebih baik dari pemimpin sebelumnya.

Saya yakin Gibran tentu mendapat banyak masukan dari Jokowi, kakeknya Jan Ethes ini. Sukses dua periode menjadi Wali Kota Solo hingga mendunia dengan tagline Solo "The Spirit of Java".


 
Jokowi sudah pasti hapal luar kepala Solo dan dengan segala permasalahannya. Tapi saya yakin Jokowi pasti membiarkan Gibran menjadi matang dengan masalah yang dihadapi.

Tak beda ketika Gibran dulu dibiarkan jadi pengusaha katering dan tukang martabak. Begitulah Jokowi dalam mendidik anak-anaknya.

Sangat jauh caranya dengan anak-anak Cikeas instan raih kedudukan diberi hadiah oleh peponya. Atau anak-anak Cendana yang satu persatu dibuatkan perusahaan oleh bapaknya.

Gibran menjadi sosok yang berbeda dalam usianya yang relatif muda 33 tahun, sudah memimpin warga Surakarta dengan jumlah penduduk 575.000 jiwa, dan di samping itu dengan komposisi keyakinan sebagai berikut; islam 78,66%) Kristen (21,01%), Buddha (0,23%), Hindu (0,07%), Lainnya (0,03%). Sumber: wikipedia.

Sehingga melihat data di atas kendati islam mayoritas akan tetapi agama kristen juga cukup tinggi. Sehingga peran seorang pemimpin daerah harus hadir netral sebagai penengah melindungi warganya.

Maka atas kejadian tempo hari, perusakan makam warga yang beragama kristen Gibran benar-benar marah. Dia tentu hadir sebagai pemimpin membela bagi yang lemah dan menghukum bagi yang terbukti salah.

Kalimat yang keluar dari mulutnya adalah, "ini sudah perbuatan intoleran." Sampai-sampai mobil dinas Gibran ditinggal di tempat area pemakaman hingga 2 harian.

Ini tentu sebuah pesan atau simbol yang tidak main-main bagi yang paham. Selain dia ingin memberi pesan pada korban bahwa pemerintah hadir di tengah mereka juga memberi pesan kuat kepada pihak-pihak yang berusaha mengacau teritorialnya akan berhadapan dengannya.

Aksi Gibran tak hanya soal perusakan makam. Sebelumnya saat pemecatan lurah Gajahan beberapa waktu yang lalu yang ketahuan pungli ke warga. Gibran juga melakukan hal yang sama. Mobil dinasnya di parkir di kantor kelurahan. Bagi warga Solo simbol semacam itu sudah pasti paham. Sebuah simbol genderang perang. Jangan coba-coba.

Nampaknya bangsa Indonesia untuk masa yang akan datang kiranya sudah lahir seorang pemimpin, yang karakternya tidak jauh sama bapaknya bahkan terlihat jauh lebih "Gigih dan Berani" Gibran, sesuai namanya.

Barangkali usianya yang relatif muda sehingga masih dikuasai darah mudanya yang penuh bergelora. Akan tetapi setidaknya apa yang dilakukan Gibran tidak dompleng nama besar bapaknya. Bahkan dia harus bisa keluar dari bayang-bayang kakeknya La Lembah Manah tersebut.

Demikian, salam





S:Anton cahaya


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Pesan Gibran Lebih 'Kuat dan Tegas' dari Bapaknya
Pesan Gibran Lebih 'Kuat dan Tegas' dari Bapaknya
https://1.bp.blogspot.com/-otVxhNZIDpE/YNmmNfCN9oI/AAAAAAAAPPs/m3DQCToj_1AakCqmyz9UhzTKVU9XskM1wCLcBGAsYHQ/w640-h318/Screenshot_2021-06-28-17-34-54-52.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-otVxhNZIDpE/YNmmNfCN9oI/AAAAAAAAPPs/m3DQCToj_1AakCqmyz9UhzTKVU9XskM1wCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h318/Screenshot_2021-06-28-17-34-54-52.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/pesan-gibran-lebih-kuat-dan-tegas-dari.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/pesan-gibran-lebih-kuat-dan-tegas-dari.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy