$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Meski Sudah Jadi Menteri Jokowi, Sandiaga Uno Tetep Aja Ngelawak

GELORABANGSA - Terlepas dari statusnya sebagai orang kaya hingga jabatannya menjadi menteri, entah mengapa saya masih kerap tertawa sejak S...



GELORABANGSA - Terlepas dari statusnya sebagai orang kaya hingga jabatannya menjadi menteri, entah mengapa saya masih kerap tertawa sejak Sandiaga Uno masuk dunia politik. 

Hal itu membuat saya berasumsi, bahwa Sandiaga Uno itu terlahir sudah kaya, sehingga hanya fokus pada dunianya semata. 

Meskipun ia diceritakan pernah jadi pengangguran, tetapi ia yang lulusan Amerika sudah menjelaskan, semiskin-miskinnya sandiaga Uno, masih bisa bergaya hidup seperti ‘Sultan’.

Hal yang bikin tertawa dan teringat hingga kini adalah terkait ia membuat Dewi Persik menangis ketika manggung di acaranya di Bali. 

Hal itu karena ada pernyataan tak senonoh kepada Dewi Persik soal permintaan untuk membuka pakaian. Terkait benar atau tidak, tetapi begitulah isu yang beredar.

Nama Sandiaga uno memang masih Fresh di dunia politik, membuat terpaan isu dan hal lucu yang ‘disajikan’ Sandiaga Uno tak mempengaruhi fans politiknya. 

Tak perduli Sandiaga Uno olah raga bersama emak-emak menggunakan celana sejenis legging, dan bahkan digunakan untuk layat orang meninggal pun tidak menyurutkan fans politik Sandiaga Uno tetap memujanya.

Okelah, pilpres sudah berlalu. Sandiaga Uno pun kini masuk dalam kabinet Jokowi menjadi menteri. 

Saya berfikir, setelah menjadi menteri, Sandiaga Uno tidak membuat saya ketawa atau tersenyum simpul. Namun berita yang memuat pernyataan Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk berpantun dalam kehidupan sehari-hari kembali membuat saya tak bisa menahan tawa.

Maksud tujuan Sandiaga Uno memang baik. Tetapi tidak relevan dan tidak tepat sasaran dalam konteks menghargai dan membagakan pantun yang tercatat dalam warisan UNESCO. 

Gak akan mungkin orang berpantun dalam aktivitas sehari-hari. Tetapi kalau memang mau menghargai, harusnya dia membuat sesuatu yang bisa membuat orang beramai-ramai untuk kreatif dan membuat pantun. 

Salah satu caranya mungkin mengadakan lomba membuat dan membaca pantun. Hadiahnya gak perlu besar, cukup ratusan juta atau puluhan juta saja sudah pasti menarik dan saya siap ikut meramaikan.

Acara bisa dibuat dengan mengirimkan video dan upload di youtube. Semua orang bisa berkontribusi sesuai tema yang ditentukan. Buat juga kategori batasan usia. Saya rasa itu lebih masuk akal kalau memang Sandiaga Uno berniat membuat pantun kembali melegenda di tanah nusantara.

Membuat pantun itu tidak mudah, bahkan Ibas saja kesulitan membuat pantun. Bayangkan, dia itu waketum Demokrat dan anak seorang mantan Presiden dua priode loh. Tapi membuat pantun aja tidak sesuai dengan pantun yang sewajarnya.

Membuat pantun juga butuh wawasan. Mengasah orang untuk mencoba berfikir kreatif. Pantun bisa digunakan sebagai tanya jawab atau kuis dalam adu pantun. Dan itu tidaklah mudah. Sekali lagi butuh wawasan yang tinggi.

Pantun juga bisa digunakan untuk mengkritik. Dari pada mengkritik dengan mencaci, mengkritik melalui pantun yang santun serta berisi pasti lebih menarik.


 
Pantun pun bisa digunakan untuk memuji. Memuji dengan cara yang asyik, mengkritik pun juga menjadi asyik kalau menggunakan pantun.

Dari pantun, bisa kita kembangkan dalam kehidupan nyata. Marilah kita ambil contoh dari pantun yang dibawakan oleh Sandiaga Uno dalam acara sosialisasi ADWI 2021 di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Senin (31/5/2021).

"Leng lenggok silis jelita

Memakai baju bahannya sutra

Mari bangun desa wisata

Penduduknya makmur sehat dan sejahtera,"

Ide desa wisata begitu bagus. Tak hanya mempercantik sebuah desa untuk menarik wisata, namun bisa dilakukan dengan mengembangkan produktivitas sebuah desa. Misalnya desa agro wisata. Menata sedemikian rupa. Selain menarik minat wisata, produksinya bisa memakmurkan desa. Tentu saja harus dikelola dengan manajemen yang baik. Atau adopsi sistem koperasi dari anggota untuk anggota.

Apapun programnya, tentu saja harus dikelola secara serius dan professional. Bukan sekedar gegayaan atau semata-mata demi serapan anggaran.

Kalau Sandiaga Uno ingin karir politiknya selalu mencuat, bukan mengandalkan duit dari jualan saham seperti pilpres kemarin, seharusnya ia melakukan gebrakan nyata. Apalagi saat ini ia sudah menjadi menteri, panggung sudah diberikan untuknya melakukan aksi nyata, bukan untuk memberi hiburan melalui pernyataan yang membuat saya dan mungkin banyak orang tertawa.

Saya berharap, Indonesia tidak kekurangan calon pemimpin potensial bagi kehidupan nyata. Tidak semata-mata pandai menata kata. Oleh sebab itu, bersikap kritis pada yang konyol, dan memberi dukungan kepada yang rasional adalah hal penting untuk mewujudkan itu. Udah ah, itu aja… Cak Anton.


S:Cak anton


Name

Berita,6412,Internasional,283,Nasional,5944,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Meski Sudah Jadi Menteri Jokowi, Sandiaga Uno Tetep Aja Ngelawak
Meski Sudah Jadi Menteri Jokowi, Sandiaga Uno Tetep Aja Ngelawak
https://1.bp.blogspot.com/-hH35955Yz64/YLY38dpHGKI/AAAAAAAAOSE/UIC7tWiEmjo_2X1Dbd_RoO2Uk0OH4jOxACLcBGAsYHQ/w640-h452/GCzMJmpfpj-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-hH35955Yz64/YLY38dpHGKI/AAAAAAAAOSE/UIC7tWiEmjo_2X1Dbd_RoO2Uk0OH4jOxACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h452/GCzMJmpfpj-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/meski-sudah-jadi-menteri-jokowi.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/meski-sudah-jadi-menteri-jokowi.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy