$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Jokowi Bisa Tunjuk Sosok Ini Jabat Gubernur Pengganti Anies di 2022

GELORABANGSA - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera berakhir. Banyak pihak sudah mulai melihat sosok-sosok yang pan...



GELORABANGSA - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera berakhir. Banyak pihak sudah mulai melihat sosok-sosok yang pantas untuk menggantikan Anies sebagai pelaksana tugas di DKI Jakarta.

Siapa yang akan ditunjuk oleh presiden Jokowi? Sosok yang akan menggantikan Anies Baswedan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta masih misteri.

Tentu hanya seorang Jokowi yang mengetahuinya nanti. Tapi hiruk pikuknya di tingkat atas sudah ramai. Sedang masyarakat umum nampak anteng. Sebab Plt ditunjuk langsung.
 
Banyak nama yang beredar tapi Jokowi nampaknya akan memilih dari salah satu menterinya yang sudah memiliki pengalaman mengelola daerah.

Dan kiranya Risma atau Tri Rismaharini menjadi salah satu kandidat terkuat. Mengingat yang bersangkutan adalah mantan Wali Kota Surabaya yang sukses memimpin daerahnya hingga 2 periode.

Dijajaran kementerian Kabinet Indonesia Maju yang memiliki kans besar adalah Risma. Pertimbangan lain selain pengalaman sosok Risma juga terkait dengan pemilihan presiden 2024.

Provinsi DKI Jakarta adalah miniaturnya Indonesia. Jakarta sebagai episentrum titik pusat perhatian yang seksi, memilikii peta yang sangat strategis dalam perpolitikan tanah air.

Dapat diprediksi masa jabatan bagi Plt Gubernur DKI Jakarta yang ditunjuk oleh Jokowi akan digunakan semaksimal mungkin. Ada interval waktu antara 1,5 tahun s/d 2 tahun. Cukup untuk meraih panggung. Jika memungkinkan saat Pilgub DKI Jakarta menjadi modal atas kinerja.yang telah dilakukannya.

Ini sangat menarik jika skenario berjalan dengan sangat baik. Anies Baswedan bisa nganggur atau memilih salah satu, maju kembali di pilgub DKI Jakarta dan itu artinya besar kemungkinan berhadapan dengan Risma dan tokoh lainnya. Merujuk pada UU yang baru, Pilkada akan digelar sesudah Pileg dan Pilpres mendatang.

Atau fokus tertarik di pilpres 2024, dengan catatan ada partai yang meminangnya. Sebab yang bersangkutan bukan kader partai. Jika kalah masih ada kesempatan maju di pilkada DKI Jakarta. Tapi kemungkinan masyarakat atau warga DKI sulit menerima, karena sudah eneg duluan. Dilabeli sosok yang kemaruk. Pilpres gagal lalu downgrade ikut Pilgub.

Menurut pengamat poltiik Dedi Kurnia Syah, sosok pelaksana tugas bukan soal cocok secara ketokohan.

Karena sosok penganti Anies ini dipilih langsung dari pemerintah pusat. Yang dapat diharapkan adalah pejabat publik yang netral,” ujarnya kepada GenPI.co.


 
Kenetralan itu, menurut Dedi, perlu dibuktikan dengan tidak tergiur mengikuti kontestasi politik atau mendukung salah satu kandidat yang akan bertarung.

“Sehingga kebijakan pemerintah di masa transisi dapat berjalan secara profesional,” tuturnya.

Sementara itu, pengamat politik Zaki Mubarak menilai, Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) merupakan salah satu kandidat pengganti Anies yang bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI.

Namun, kata Zaki, segala kemungkinan masih bisa terjadi, seperti munculnya nama-nama baru.

"Yang penting harus memenuhi syarat, terutama dukungan dari parpol, berintegritas dan benar-benar bisa bekerja," jelasnya.

Selama ini Anies Baswedan sangat dekat dengan PKS. Disinyalir partai ini melalui Mardani Ali juga sudah menggodok tokoh yang akan maju di pilkada DKI Jakarta setelah pileg dan pilpres tahun 2024.

Jika demikian maka bahasa yang dapat kita tangkap bahwa Anies Baswedan oleh PKS benar-benar telah disiapkann untuk pilpres 2024. Terlihat sangat pede, mengingat minimal ada 2 partai. PKS bisa berkoalisi dengan, antara PDIP, Gerindra atau Golkar satu diantaranya.

Atau 3 partai yang berkoalisi PKS bisa gandeng PD dan PAN atau PKB, PPP agar dapat memenuhi ambang batas.

Tak mudah setidaknya dengan PDIP sudah tak mungkin. Jauh hari PDIP sudah memberi sinyal kuat tak akan berkoalisi dengan PKS dan juga Partai Demokrat.

Maka petanya untuk awal sudah terlihat, PKS kemungkinan akan kawin dengan Partai Demokrat. Jika rumor SBY bakal membuat poros tengah maka besàr kemungkinan akan menggandeng antara PAN, PPP, PKB atau Golkar.

Sebab jika dengan PDIP sudah tidak mungkin. Bagaimana dengan Gerindra? Sama saja kiranya pilpres 2019 masih terbawa auranya. Sungguh berat otak-atik gatuk buat Partai Demokrat dan PKS untuk mempelopori poros tengah.

Karakter PKS itu dalam koalisi bukan leader tapi penggembira. Jadi kesimpulannya sungguh berat buat Anies Baswedan di 2024. Bisa-bisa nganggur jika salah dalam mengkalkulasikan. Kembali ke kampus ngajar lagi.

Demikian, salam





S:Anton cahaya


Name

Berita,6627,Internasional,310,Nasional,6158,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Jokowi Bisa Tunjuk Sosok Ini Jabat Gubernur Pengganti Anies di 2022
Jokowi Bisa Tunjuk Sosok Ini Jabat Gubernur Pengganti Anies di 2022
https://1.bp.blogspot.com/-6CIsw5Y6Ji4/YM89tk2SB6I/AAAAAAAAPEQ/0ylp9-XEZZM-Gd95kXY2DdbC5B24HlG1QCLcBGAsYHQ/w640-h358/Screenshot_2021-06-20-20-05-49-80.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6CIsw5Y6Ji4/YM89tk2SB6I/AAAAAAAAPEQ/0ylp9-XEZZM-Gd95kXY2DdbC5B24HlG1QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/Screenshot_2021-06-20-20-05-49-80.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/jokowi-bisa-tunjuk-sosok-ini-jabat.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/jokowi-bisa-tunjuk-sosok-ini-jabat.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy