$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Jaksa Tuntut Rizieq 6 Tahun Penjara, Ayo Tebak Hakim Bakal Vonis Berapa Tahun?

GELORABANGSA - Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, kasus tes swab RS Ummi Bogor adalah kasus paling berat yang dihadapi Rizieq dib...



GELORABANGSA - Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, kasus tes swab RS Ummi Bogor adalah kasus paling berat yang dihadapi Rizieq dibandingkan kasus kerumunan di Megamendung dan Petamburan. 

Kasus di RS ini melibatkan banyak pihak, dramanya seru, menegangkan, ada aksi hadang-menghadang satgas Covid-19, ada episode yang aneh di mana ngakunya sehat tapi ternyata terpapar Covid-19, ada aksi main petak umpet, kabur lewat pintu belakang.

Ini benar-benar berat. Rizieq terlalu berani bermain drama dalam hal ini, yang terkait dengan situasi pandemi.

Bersama Dirut RS Ummi Andi Tatat dan menantunya, Muhammad Hanif Alatas, Rizieq dinilai menghambat proses tracing atau pelakan Covid-19 di Kota Bogor
 
Karena itulah, JPU menuntut Rizieq dengan hukuman enam tahun penjara terkait kasus tersebut. Tuntutan dibacakan jaksa di ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq selama enam tahun penjara," kata jaksa.

Dasar tuntutan tersebut adalah Rizieq diyakini bersalah dan melanggar salah satunya Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1.

Jaksa membeberkan hal-hal yang memberatkan Rizieq di kasus ini. 

Salah satunya adalah dia sebelumnya pernah dihukum dua kali, yakni pada 2003 dan 2008. Selain itu, Rizieq juga tidak mendukung pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Ada upaya mengganggu pelaksanaan dan ketertiban umum serta menimbulkan kerasahan masyarakat.

Jaksa juga menganggap Rizieq tidak sopan dalam persidangan dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

Sedangkan hal yang meringankan adalah Rizieq dianggap dapat memperbaiki perilakunya di masa depan.
 
Saya pribadi tidak menyangka tuntutan terhadap Rizieq akan setinggi ini. Saya pikir paling hanya 3 tahun, atau paling maksimal 4 tahun. Tapi kalau 6 tahun? Ya sudahlah, toh ini demi kebaikan Rizieq juga, hehehe. Kita tidak protes kok. Mau dituntut 20 tahun juga tidak protes. Mungkin malah banyak yang senang.

Tapi ini baru tuntutan dari JPU. Ini belum final karena semua putusan vonis ada di tangan hakim.

Sekadar info, hakim sempat memvonis Rizieq dengan hukuman yang lebih ringan di dua kasus sebelumnya. Tuntutan 10 bulan penjara dan denda Rp 50 juta untuk kasus Megamendung divonis dengan denda Rp 20 juta. Tuntutan 2 tahun penjara di kasus Petamburan hanya berbuah vonis 8 bulan penjara.

Jadi mari tebak, berapa lama hukuman yang akan dijatuhkan hakim kepada Rizieq? Kalau melihat pola sebelumnya, bisa jadi hanya divonis 2-3 tahun penjara.

Bahkan jangan kaget kalau vonis tiba-tiba turun jadi 1 tahun saja. Siapa tahu nanti hasil ini karena pertimbangan Rizieq adalah tokoh agama yang dikagumi umat, sekaligus punya pendukung setia yang jumlahnya jutaan, atau pernah jadi tamu VIP raja Salman sehingga diberi visa unlimited dan boleh tinggal di sana sampai kapan pun.

Mungkin ada yang protes, kenapa jaksa menuntut Rizieq dengan hukuman setinggi itu. Mungkin ada yang mulai percaya dengan perkataan Refly Harun yang mengatakan jaksa terkesan sangat bernafsu memenjarakan Rizieq.

Begini ya, jaksa tidak bisa sembarangan menuntut terdakwa. Tergantung UU mana yang dilanggar dan pasal berapa yang diperkarakan. Nah, di situ pasti tercantum jenis dan lama hukuman baik minimal maupun maksimal. 

Jaksa main di situ. Tak mungkin lah ancaman maksimal 2 tahun penjara, lantas jaksa menuntut 10 tahun penjara. Memang ada unsur lain misalnya faktor yang memberatkan. Rizieq pernah dipenjara dua kali, sering bikin ulah, mengganggu proses pelacakan yang dilakukan satgas Covid-19.

Sisanya di tangan hakim. Seperti yang saya prediksi, hakim kayaknya tidak akan menambah jumlah tuntutan dari jaksa. Kemungkinan besar akan meringankan. Seringan apa, kita lihat saja nanti.

Yang jelas, tanpa Rizieq, negara ini jadi adem. Tidak terlalu ricuh. Tak ada lagi demo-demo tak jelas yang disertai teriak-teriak mirip orang stres. Yang artinya memang kelompok ini selalu bikin resah dan biangnya kegaduhan. Kalau ada mereka, tiada hari tanpa bikin ulah.

Bagaimana menurut Anda?




S: Xhardy


Name

Berita,6412,Internasional,283,Nasional,5944,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Jaksa Tuntut Rizieq 6 Tahun Penjara, Ayo Tebak Hakim Bakal Vonis Berapa Tahun?
Jaksa Tuntut Rizieq 6 Tahun Penjara, Ayo Tebak Hakim Bakal Vonis Berapa Tahun?
https://1.bp.blogspot.com/-TiZHjVlT7DM/YLjaNE0TUcI/AAAAAAAAOZw/_NMucUc7hTMONn94HmS3a8_kw1Xa2bAcgCLcBGAsYHQ/w640-h334/IMG_20210603_203104.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TiZHjVlT7DM/YLjaNE0TUcI/AAAAAAAAOZw/_NMucUc7hTMONn94HmS3a8_kw1Xa2bAcgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h334/IMG_20210603_203104.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/jaksa-tuntut-rizieq-6-tahun-penjara-ayo.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/jaksa-tuntut-rizieq-6-tahun-penjara-ayo.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy