$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Hina Presiden Akan Dijebloskan ke Bui, Refly Harun: Presiden Itu Benda Mati, Itu Ada dalam Hukum Tata Negara

GELORABANGSA - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun memandang keberadaan RKUHP perihal sanksi hukuman penjara bagi penghina Presiden sama p...



GELORABANGSA - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun memandang keberadaan RKUHP perihal sanksi hukuman penjara bagi penghina Presiden sama persis seperti di zaman kolonialisme Belanda dan orde baru.

Pasalnya, menurut Refly Harun, pada zaman kolonialisme Belanda dan orde baru, aturan itu diberlakukan demi melindungi harkat dan wibawa seorang Presiden.

“Prinsip dari rezim ini menurut saya tidak perlu dipertahankan karena Presiden dan Wakil Presiden itu benda mati,” ujar Refly Harun melalui saluran YouTube Refly Harun, Selasa 8 Juni 2021.

Menurutnya, anggapan mengenai Presiden dan Wakil Presiden sebagai benda mati itu merupakan istilah yang sudah ada dalam hukum tata negara.

“Memang, kita masih belum bisa membedakan antara Presiden sebagai orang dan Presiden sebagai jabatan. Tapi hal itu ada dan sangat bisa dibedakan dalam hukum tata negara,” papar Refly Harun.

Pengajar Ilmu Hukum Universitas Tarumanegara ini mengungkapkan bahwa Presiden dan Wakil Presiden itu tidak beristri dan beranak karena hanya orang dalam jabatan itu yang bisa melakukan kedua hal itu.

“Makanya kita tidak pernah menemukan orang yang disebut dengan ‘Nyonya Presiden’ karena Presiden itu tidak beristri dan beranak,” imbuh Refly Harun.

“Yang ada sebagai manusia yang kebetulan sebagai Presiden siapapun dia. Jadi, yang ada itu istri Pak Jokowi, ada istri Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” lanjutnya.

Oleh sebab itu, Refly Harun menegaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden itu tidak boleh merasa tersinggung dan terhinakan dengan ucapan apapun.

“Dalam sebuah lembaga, Presiden itu sebenarnya benda mati, benda hidupnya itu orang yang mengisi jabatan itu. Jadi, jabatan itu tidak boleh tersinggung dan terhinakan seharusnya,” tegas Refly Harun.

Walaupun begitu, Refly Harun cukup merasa menyayangkan dengan adanya pihak-pihak yang masih ingin mempertahankan bahkan ingin menghidupkan kembali aturan perihal sanksi hukuman penjara bagi penghina Presiden.

“Tetapi sayangnya kita masih mempertahankan pasal-pasal semacam pasal penghinaan Presiden. Menurut saya tidak perlu lagi kita menghidupkan pasal semacam itu,” tutur Refly Harun.

Menurutnya, rezim Presiden Jokowi seharusnya kini lebih fokus terhadap perlindungan warganya, bukan perlindungan Presiden.

“Apalagi kita ingin menjadi negara demokratis, maka seharusnya negara yang terlebih dahulu melindungi warganya karena hal itu sudah diatur dalam konstitusi,” pungkasnya. ***

Lihat artikel asli




S: Glamedians



Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Hina Presiden Akan Dijebloskan ke Bui, Refly Harun: Presiden Itu Benda Mati, Itu Ada dalam Hukum Tata Negara
Hina Presiden Akan Dijebloskan ke Bui, Refly Harun: Presiden Itu Benda Mati, Itu Ada dalam Hukum Tata Negara
https://1.bp.blogspot.com/-f9gy53SCn18/YL9ezXwcJUI/AAAAAAAAOkg/Ipdn7LRac6Q_zQ2ssSiIpR8hMsEZc5e4ACLcBGAsYHQ/w640-h418/Screenshot_2021-06-08-19-12-03-83.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-f9gy53SCn18/YL9ezXwcJUI/AAAAAAAAOkg/Ipdn7LRac6Q_zQ2ssSiIpR8hMsEZc5e4ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h418/Screenshot_2021-06-08-19-12-03-83.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/hina-presiden-akan-dijebloskan-ke-bui.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/06/hina-presiden-akan-dijebloskan-ke-bui.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy