$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Taktik Jitu Jokowi Lolos Dari Jebakan Kisruh KPK

GELORABANGSA - Jauh hari sebelum muncul polemik tes wawasan kebangsaan yang membuat tidak lolosnya 75 pegawai KPK, Jokowi sudah dianggap se...



GELORABANGSA - Jauh hari sebelum muncul polemik tes wawasan kebangsaan yang membuat tidak lolosnya 75 pegawai KPK, Jokowi sudah dianggap sebagai orang yang ingin melemahkan KPK setelah ramai kisruh RUU KPK.

Jokowi dituduh hendak melemahkan KPK hanya karena menolak beberapa poin dari draft RUU KPK yang diajukan oleh DPR seperti soal penyadapan harus izin pihak luar, cukup izin ke dewan pengawas; penyelidik dan penyidik hanya dari polisi dan jaksa; penuntutan perkara koordinasi dengan Kejaksaan Agung; serta pengelolaan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di luar KPK.

 Juga karena mendukung beberapa poin tentang pembentukan dewan pengawas, penerbitan SP3, izin penyadapan ke dewan pengawas, dan status pegawai KPK menjadi ASN.

Ditambah dengan kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan selaku penyidik KPK yang tak kunjung menemukan kejelasan, Jokowi dianggap sedang mengupayakan gerakan terstruktur untuk melemahkan KPK demi melindungi orang-orangnya yang sedang disasar KPK.

 Tudingan yang paling parah adalah agar Jokowi beserta orang-orangnya bisa korupsi berjamaah.

Sosok Novel Baswedan yang notabene sepupu dari Anies Baswedan serta disebut-sebut sebagai pemimpin geng Taliban di tubuh KPK juga memunculkan narasi bahwa Jokowi ingin melemahkan KPK agar bisa membatasi wewenang Novel sekaligus memberantas geng Taliban. 

Narasi ini mengiringi lahirnya narasi bahwa Novel Baswedan adalah pegawai KPK yang bersih, berintegritas, serta ditakuti oleh koruptor.

Program alih status pegawai KPK menjadi ASN juga dianggap sebagai ajang melemahkan dan membatasi gerak pegawai KPK karena akan terikat dengan undang-undang ASN. 

Jokowi dianggap ingin memiliki kekuasaan untuk mengendalikan dan mengawasi kinerja pegawai KPK.

Program alih status pegawai KPK menjadi ASN kemudian menjadi polemik baru saat 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaan. 

Makin memanas ketika salah satu dari 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan adalah Novel Baswedan.

Sempat muncul isu bahwa 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan akan dipecat. 

Novel Baswedan bahkan sudah sempat marah-marah dan tidak terima, serta menuding ada upaya pimpinan KPK untuk menendang dirinya beserta orang-orang kepercayaannya dari tubuh KPK. Novel Baswedan langsung play victim, mengemis simpati publik.

Simpang siur soal nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan bahkan memancing beberapa tokoh untuk buka suara. Alissa Wahid sampai mencak-mencak karena mantan asisten pribadi yang menjadi pegawai KPK termasuk 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan.

KPK sempat mengatakan akan menonaktifkan 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Namun belakangan KPK membantah menonaktifkan pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, sebanyak 75 pegawai KPK yang tidak lulus TWK tersebut bukan dinonaktifkan. Namun, pelaksanaan tugas mereka berdasarkan arahan langsung dari atasan.

Meskipun telah ditegaskan bahwa 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan tidak akan dipecat dari KPK, namun nampaknya masih banyak masyarakat yang mengira 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan termasuk Novel akan dipecat. 

Sebab, Novel masih mengampanyekan narasi hendak melakukan perlawanan terhadap KPK. Ujung-ujungnya Jokowi yang terkena imbas, dituding sebagai dalang yang ingin melemahkan KPK dengan menendang Novel dan orang-orang kepercayaannya dari KPK.

Akhirnya Jokowi mau tidak mau harus angkat suara menanggapi polemik soal nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan termasuk Novel.

Jokowi menyebut hasil Tes Wawasan Kebangsaan hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK, baik terhadap individu atau institusi KPK dan tidak serta merta menjadi dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes. Jokowi tidak setuju 75 pegawai yang tidak lolos TWK itu diberhentikan. Menurutnya, masih ada opsi lain, yaitu pendidikan kedinasan.

Jokowi juga meminta kepada para pihak yang terkait, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN-RB, dan Kepala BKN, untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes, dengan prinsip-prinsip sebagaimana yang telah disampaikan oleh beliau.

Saya kira penegasan dari Jokowi ini setidaknya membuat beliau lolos dari jebakan polemik 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Sebab, jika Jokowi diam saja, publik akan menganggap ada upaya Jokowi untuk melemahkan KPK dengan mengupayakan untuk menendang Novel dan orang-orangnya.






S:Ayyas


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Taktik Jitu Jokowi Lolos Dari Jebakan Kisruh KPK
Taktik Jitu Jokowi Lolos Dari Jebakan Kisruh KPK
https://1.bp.blogspot.com/-_r9qOfn11Wk/YKMxNSW6EnI/AAAAAAAANr0/EY1Bx2ugINUI1eS0tKURBW0bHxE0QdTCQCLcBGAsYHQ/w640-h640/OSi31NP2yR-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-_r9qOfn11Wk/YKMxNSW6EnI/AAAAAAAANr0/EY1Bx2ugINUI1eS0tKURBW0bHxE0QdTCQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h640/OSi31NP2yR-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/taktik-jitu-jokowi-lolos-dari-jebakan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/taktik-jitu-jokowi-lolos-dari-jebakan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy