$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Ganjar Sadar Peluang Diusung PDI P Sangat Kecil

GELORABANGSA - PDI P adalah partai terbesar di Indonesia. Memenangkan pemilu dua kali berturut-turut menjadi bukti shahih betapa besarnya P...



GELORABANGSA - PDI P adalah partai terbesar di Indonesia. Memenangkan pemilu dua kali berturut-turut menjadi bukti shahih betapa besarnya PDI P.

 Mayoritas kepala daerah yang sebelumnya menang di Pilkada adalah kader PDI P. Keberhasilan Jokowi memenangkan Pilpres dua kali berturut-turut tak lepas dari kebesaran PDI P.

PDI P juga partai politik yang tak pernah kehabisan kader potensial. Ketika partai-partai lain krisis kader sehingga sampai mengusung orang di luar partai dalam even Pilkada maupun Pilpres, PDI P berbeda.

 Kaderisasi di tubuh PDI P benar-benar bagus sehingga PDI P tak pernah kehabisan stok kader. Haram bagi PDI P untuk mengusung orang lain selama masih ada stok kader hebat di PDI P.

PDI P punya kondisi yang benar-benar ideal untuk memenangkan Pemilu dan Pilpres 2024 dibanding partai lain. Hanya saja, bukan berarti PDI P tidak punya masalah.

 Kondisi baik yang tak dimiliki oleh partai lain justru bisa menjadi masalah besar bagi PDI P jika tidak segera dicarikan solusi. PDI P bisa saja kalah di Pemilu dan Pilpres 2024 tapi bukan karena partai lain lebih hebat, melainkan karena masalah internal.

 Megawati punya tanggung jawab besar untuk memastikan PDI P tetap solid menjelang Pemilu dan Pilpres 2024.
 
Banyaknya kader potensial di PDI P membuat banyak kader yang masuk bursa capres. Namun hal ini menjadi masalah bagi PDI P yang tidak dialami oleh partai-partai lain. 

Ganjar dan Risma adalah kader potensial, masuk bursa capres, dan disebut-sebut sebagai penerus Presiden Jokowi.

 Namun masalahnya, sang Putri Mahkota, Puan Maharani justru kalah populer.

Seandainya Puan Maharani punya elektabilitas dan popularitas yang jauh lebih tinggi dibanding Ganjar dan Risma, sebenarnya tidak akan ada masalah di tubuh PDI P.

 Sebab, saya yakin jauh-jauh hari suara PDI P sudah bulat mengusung Puan di Pilpres 2024. Konsolidasi besar-besaran untuk memenangkan Puan mungkin sudah dilakukan sejak sekarang.

Namun karena kader PDI P yang punya elektabilitas dan popularitas tertinggi justru Ganjar yang seorang kader biasa, hingga detik ini PDI P masih belum menentukan sikap. Nampak ada yang tidak suka dengan Ganjar, lebih-lebih Ganjar adalah kader biasa. Masih banyak kader yang posisinya lebih tinggi dibanding Ganjar.
 
Ganjar nampaknya menyadari bahwa meskipun popularitas dan elektabilitasnya tinggi, tapi hal itu percuma saja jika PDI P tidak mengusungnya di Pilpres 2024. Ganjar sadar Puan Maharani paling berpeluang diusung oleh PDI P. Kader lain pun nampaknya lebih mendukung Puan yang seorang putri Mahkota. Megawati pun nampaknya kurang rela jika bukan putrinya yang diusung di Pilpres 2024.

Ganjar sadar tidak memiliki mesin politik dan logistik yang kuat untuk mengarungi Pilpres 2024. Bersaing di internal partai saja sudah sangat berat perjuangannya. Ganjar kurang mampu merekrut orang-orang agar loyal dan siap menjadi mesin politik untuk dirinya.

Mungkin hal itu yang membuat Ganjar bekerja sendiri, memanfaatkan media sosial untuk mempertahankan popularitas dan elektabilitas hingga tahun 2024. Harapannya mungkin jika tidak diusung oleh PDI P, bisa membelot ke partai lain. Soal ini sebenarnya saya tidak yakin sebab Ganjar adalah anak kandung PDI P dan dekat dengan Megawati. Konon Ganjar sering telponan sama Megawati.

Ganjar mungkin offside dan keblabasan sehingga membuat internal partai kurang suka kepadanya. Ganjar sampai tidak diundang dalam acara Pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya yang dihadiri Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Panti Marhaen Kota Semarang, Sabtu (22/5/2021) malam kemarin. Dalam acara tersebut, Puan bahkan menyindir pemimpin itu yang bisa bekerja di dunia nyata (di lapangan), bukan di sosmed.

Menurut Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto, Ganjar tidak diundang karena sudah kelewatan. Dia sudah mengetahui sikap Ganjar yang terlalu ambisi dengan jabatan presiden padahal belum ada instruksi dari Ketua Umun Megawati Soekarnoputri terkait Pilpres 2024. Di sisi lain, sikap Ganjar dinilai tidak baik bagi keharmonisan partai yang wajib tegak lurus pada perintah Ketua Umum.

Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto juga ikut mengomentari pernyataan Bambang Wuryanto. Dia menegaskan bahwa urusan memenangkan Pemilu merupakan tanggung jawab kolektif. Karena itu, calon presiden yang lahir dari kepemimpinan Partai juga yang memiliki spirit kolektivitas gotong royong. Bukan pada individualisme.

Ganjar mungkin dianggap kelewatan karena terlihat begitu ambisius dengan Pilpres 2024 dan hal itu bisa mengganggu keharmonisan partai. Namun seandainya elektabilitas Puan mengungguli Ganjar, saya kira bakal lain cerita. Sejak sekarang mungkin PDI P sudah menentukan sikap bakal mengusung siapa di Pilpres 2024



S: Seword


Name

Berita,6417,Internasional,283,Nasional,5949,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Ganjar Sadar Peluang Diusung PDI P Sangat Kecil
Ganjar Sadar Peluang Diusung PDI P Sangat Kecil
https://1.bp.blogspot.com/-thldt6eY8uQ/YKph531nNMI/AAAAAAAAN9I/RD3NybCs64sepc7RCePyrrHHJ5PC6jbCQCLcBGAsYHQ/w640-h640/toADmdWkiP-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-thldt6eY8uQ/YKph531nNMI/AAAAAAAAN9I/RD3NybCs64sepc7RCePyrrHHJ5PC6jbCQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h640/toADmdWkiP-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/ganjar-sadar-peluang-diusung-pdi-p.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/ganjar-sadar-peluang-diusung-pdi-p.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy