$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

3 Hal yang Harus Diikuti Agar Tidak Terlihat Bodoh Soal Palestina VS Israel

GELORABANGSA - Konflik antara Palestina dan Israel ini sudah berlangsung lama.  Artinya pertikaian antara dua bangsa ini, sudah sangat peli...



GELORABANGSA - Konflik antara Palestina dan Israel ini sudah berlangsung lama.

 Artinya pertikaian antara dua bangsa ini, sudah sangat pelik dan complicated.

 Namun terlepas dari hal ini, banyak sekali orang-orang Indonesia ikut-ikutan mengomentari ini. Pertikaian antara pendukung pun terjadi.

Saran saya, sebelum tahu ketiga hal ini, sebaiknya kalian diam saja. Para pendukung Palestina atau para pendukung Israel di Indonesia, pahami dulu 3 sudut pandang yang harus diketahui agar nggak kelihatan bodoh di media sosial. Jangan ikut-ikutan suara SJW. Apa saja 3 pandangan ini? Selengkapnya...

Pertama, aksi ini adalah aksi kekerasan dari kedua pihak.
 
Kekerasan terjadi di dua pihak, baik Israel maupun Palestina. Kedua elemen ini berseteru terus-terusan. Kesalahan ada di dua pihak.

 Jadi kalau mau dikata, pembelaan kebanyakan orang Indonesia kepada Palestina, maupun pembelaan sedikit orang Indonesia kepada Israel, masing-masing tak punya dasar.

Namun yang menjadi seru adalah, sentimen agama dan suku yang memang sangat kental terjadi di dala konflik tersebut. Kedua agama ini, seolah membenarkan kekerasan dan mewacanakan perang. Si vis pacem para bellum. In order to have a peace, we have to prepare war.

Kedua pandangan ini pun sangat pelik. Kenapa? Karena kedua pihak merasa diri mereka benar. Kedua-duanya merasa benar, tapi berdiri di standar yang berbeda. Secara filosofis, ini namanya kontradiktif. Karena tidak mungkin ada A dan anti A benar secara bersama-sama.

Logika deduktif kita pun mengatakan hal demikian. Bagaimana memberi dan mencuri, bisa dikategorikan sebagai kedua hal yang sama? Secara logika, mereka tidak akan bisa memenangkan satu argumen. Karena kedua pihak, baik Israel maupun Palestina, salah.

Kedua-duanya salah – itu adalah logika yang paling mungkin terjadi, ketimbang kedua-duanya benar. Jadi dalam hal ini, valid jika kita mengatakan bahwa kedua pihak salah, karena sama-sama menggunakan kekerasan.

Kedua, masalah ini akarnya sangat kompleks dan tidak banyak yang paham secara detail.
 
Kompleksitas polemik antara Israel dan Palestina ini sangat tinggi. Mereka berebut satu tanah yang sama. Mereka saling klaim satu sama lain. Saling klaim ini, didasari dari sebuah pola pandang dasar, yakni kepercayaan. Kepercayaan mereka bahwa tanah yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham adalah milik mereka.

Mereka dituntut masing-masing untuk menjalankan kepercayaan mereka. Dengan berbagai kitab yang saling diadu. Antara Torah dan Quran. Mereka saling mengklaim. Saya tidak mau membahas terlalu banyak soal ini, karena saya bukan penganut keduanya dan saya tidak membela keduanya.

Saya tidak sempat mempelajari kompleksitas itu. Makanya saya tidak akan membahas terlalu banyak. Tapi banyak orang-orang yang nggak pinter, malah merasa lebih paham sejarahnya. Modalnya apa? Modalnya ceramah yang dikeluarkan oleh orang yang tidak paham sejarah. Paham?

Ketiga, kita tidak pernah tahu kondisi di lapangan. Orang Indonesia ini tinggal di Indonesia. Orang yang paling paham konflik Palestina vs Israel adalah orang yang tinggal di sana. Mereka yang tinggal di dekat perbatasan. Mereka yang mungkin adalah WNI, yang harus segera dipulangkan karena ketakutan.

Mereka-mereka inilah yang paling tahu kondisi lapangan. Sedangkan yang tinggal di Indonesia tidak. Tapi ada saja beberapa orang radikalis memanfaatkan ini untuk menggalang dana. Menggalang dana justru untuk menyuburkan Terorisme di daerah-daerah Timur Tengah sana.

Perselisihan di sana, keadaan di sana, dan cara mereka saling membunuh itu sangat kejam. Ada yang dirajam pakai batu sampai mati. Bayangkan dirajam pakai batu yang besar-besar. Dikerumuni oleh orang-orang bar-bar. Mereka menggunakan emosi mereka untuk membunuh.

Kamu paham gak bagaimana kebencian yang saling dimunculkan di sana? Kalau tidak paham, sebaiknya diam saja. Kalau mau berdoa kepada Tuhan, berdoalah agar Dia menyelamatkan orang-orang yang menjadi korban. Ibu dan anak-anak yang tidak bersalah, namun demi perut anaknya yang harus dikenyangkan, mereka jadi tentara dan rela ada di garis terdepan.

Kondisi ini pelik banget. Nggak bisa dibayangkan. Nggak sesederhana Tes Wawasan Kebangsaan yang dengan sangat mudah menghancurkan kekadrunan Novel Baswedan dan 74 kadal gurun lainnya. Ini kondisi yang tidak pernah kita ketahui.

Maka bijaklah dalam bermedsos. Mending tahu diri bego, lalu belajar dari yang paham ketimbang pura-pura pinter, ngomong semuanya, eh malah jadi kelihatan begonya.

Begitulah bego-bego



S:Seword


Name

Berita,6417,Internasional,283,Nasional,5949,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: 3 Hal yang Harus Diikuti Agar Tidak Terlihat Bodoh Soal Palestina VS Israel
3 Hal yang Harus Diikuti Agar Tidak Terlihat Bodoh Soal Palestina VS Israel
https://1.bp.blogspot.com/-K5BslVcAqY8/YJ0qNFLhROI/AAAAAAAANgo/KCU5wS2HPcsuMQgs6dZU8dp9ZsbjBbn-QCLcBGAsYHQ/w640-h388/Esi1dOJiYw-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-K5BslVcAqY8/YJ0qNFLhROI/AAAAAAAANgo/KCU5wS2HPcsuMQgs6dZU8dp9ZsbjBbn-QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h388/Esi1dOJiYw-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/3-hal-yang-harus-diikuti-agar-tidak.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/05/3-hal-yang-harus-diikuti-agar-tidak.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy