$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Genderang Perang Sudah Ditabuh, 30 Tentara Ukraina Tewas Didor Sniper Rusia: Kami Sangat Menderita

Militer GELORABANGSA - Perang antara Rusia dengan Ukraina ternyata telah dimulai di Donbass, wilayah perbatasan Rusia dan Ukraina.   Puluha...

Militer

GELORABANGSA - Perang antara Rusia dengan Ukraina ternyata telah dimulai di Donbass, wilayah perbatasan Rusia dan Ukraina.  

Puluhan tentara Ukraina dilaporkan tewas dalam peperangan senyap dengan Sniper Rusia.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Selasa (20/4/2021) menyampaikan, dari 30 tentara negaranya yang tewas di perbatasan Rusia, mayoritas ditembaki oleh sniper.

Kuleba melaporkan hal tersebut dalam konferensi virtual dengan sekitar 100 jurnalis dari 30 negara lebih.

"Situasi sekarang tentara Ukraina diperintahkan untuk tidak bereaksi atas segala provokasi di garis depan," kata Kuleba saat menjawab pertanyaan dari Kompas.com tentang situasi terkini di Donbass.

"Sayangnya, pihak yang lain melakukan segala cara untuk memprovokasi mereka."

"Salah satu buktinya, sekitar 30 tentara yang tewas sejak Januari 2021 banyak yang terbunuh oleh sniper."

"Sniper jelas ditujukan untuk membunuh orang. Kami menderita sangat banyak dari tembakan sniper, begitu pun dengan masyarakat kami," lanjut Kuleba.

Menlu Ukraina juga menyampaikan Rusia terus menambah pasukan militernya di perbatasan dengan Ukraina.

"Selama berminggu-minggu tentara Rusia terus berdatangan di wilayah dekat perbatasan kami di timur laut, timur, dan selatan."

"Dalam sekitar seminggu kombinasi tentaranya mencapai 100.000. Ini bukan berarti mereka akan berhenti membangun kekuatan di angka itu."
 
"(Pasukan) itu tidak hanya tentara, tapi juga penerjun payung, sistem elektronik yang dapat menghambat komunikas di area Ukraina, rudal balistik, dan pertanda lain yang memungkinkan penyerangan."

Amerika Serikat menyatakan, mobilisasi pasukan Rusia di perbatasan Ukraina adalah yang terbesar sejak 2014.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengungkapkan, penempatan itu merupakan kabar yang paling mengkhawatirkan.

"Ini adalah mobilisasi terbesar sejak 2014, yang menghasilkan pelanggaran kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," kata Kirby.

Kiev khawatir, Rusia yang selama ini menyokong pemberontak di Donbass, bakal berusaha mencari alasan untuk menyerang mereka.

Sejak dimulai tujuh tahun silam, perang di Donbass sudah membunuh 13.000 orang dan membuat 1,5 juta warga mengungsi.

Ukraina dipredisksi jatuh ke tangan Rusia

Ukraina diprediksi bakal habis-habisan melawan Rusia dalam perang di perbatasan.

Diplomat Ukraina pun menyebut aktifitas militer Rusia telah mengarah ke peperangan seperti yang terjadi dalam Perang Dunia III.

Aktifitas militer Rusia pun membuat Presiden AS Joe Biden khawatir.

Joe Biden mengeluarkan peringatan agar Vladimir Putin mengurangi ketegangan dan menahan diri dari tindakan militernya.

“Jika Rusia terus mengganggu demokrasi kita, saya siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menanggapi. Sekarang adalah waktunya untuk menurunkan ketegangan," kata Biden.

AS juga telah membatalkan pengerahan dua kapal perang ke Laut Hitam pada 14 April untuk menghindari eskalasi situasi yang tidak perlu.

Kremlin sebelumnya telah memperingatkan kapal perang AS untuk menghindari Krimea "demi kebaikan mereka sendiri" dan telah menutup sebagian Selat Kerch dalam upaya untuk memblokir kapal perang asing agar tidak mencapai Ukraina.

Sersan Sasha Iovenko, seorang tentara Ukraina di garis depan perbatasan Timur, mengaku telah melihat peningkatan jumlah pasukan Rusia di perbatasan.

“Kami bisa melihat peningkatan jumlah pasukan dan peralatan di perbatasan kami tapi kami tidak bisa memastikannya. Kami tidak dapat membuat ramalan apa pun.

"Tapi mereka membawa kelompok taktis batalion ke perbatasan kami.

Kami siap untuk penyerangan jika itu akan terjadi," ujar Sasha.

Jenderal Tod Wolters, panglima tertinggi militer AS di Eropa, pada Kamis memperingatkan bahwa ada potensi Rusia akan menginvasi Ukraina selama beberapa minggu ke depan.

Tiga kapal perang Ukraina hampir dipaksa untuk menembaki kapal Rusia pada hari Kamis di laut Azov setelah kapal musuh melakukan "manuver provokatif."

Pemerintah Ukraina memperkirakan bahwa sekitar 40.000 tentara dan sejumlah besar peralatan tingkat militer telah dikumpulkan di Krimea dan 40.000 lainnya di dekat Perbatasan Timur.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengunjungi Paris pada 15 April untuk membahas negosiasi perdamaian empat arah dengan Emmanuel Macron, Angela Merkel dan Vladimir Putin.

“Saya bertekad agar kami berempat bisa terhubung. Masalah situasi keamanan di timur Ukraina dan pendudukan wilayah kami - ini adalah masalah yang diselesaikan pada pertemuan N4 (Normandia), di mana empat pemimpin menyelesaikan masalah.” ujarnya.

Sumber: Tribunnews


Name

Berita,6173,Internasional,283,Nasional,5705,Opini,207,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Genderang Perang Sudah Ditabuh, 30 Tentara Ukraina Tewas Didor Sniper Rusia: Kami Sangat Menderita
Genderang Perang Sudah Ditabuh, 30 Tentara Ukraina Tewas Didor Sniper Rusia: Kami Sangat Menderita
https://1.bp.blogspot.com/-Mji_Qs11h0o/YH_D5IIgnxI/AAAAAAAACvk/dg67K_YrsKIwFYhuqvFLWeDLb6GE8nxgQCLcBGAsYHQ/s1050/IMG_20210421_131859.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Mji_Qs11h0o/YH_D5IIgnxI/AAAAAAAACvk/dg67K_YrsKIwFYhuqvFLWeDLb6GE8nxgQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210421_131859.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/04/genderang-perang-sudah-ditabuh-30.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/04/genderang-perang-sudah-ditabuh-30.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy