$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Klaim Persidangan Rizieq tak Beradab, Rizal Ramli: Hakim Sadar Diri Lah, Sumpahnya Hakim Tuh Hebat Loh!

GELORABANGSA - Persidangan lanjutan Habib Rizieq Shihab pada Jumat, 19 Maret 2021 lalu kembali ditunda hingga Selasa, 23 Maret 2021 besok. ...



GELORABANGSA - Persidangan lanjutan Habib Rizieq Shihab pada Jumat, 19 Maret 2021 lalu kembali ditunda hingga Selasa, 23 Maret 2021 besok.

Habib Rizieq sebelumnya meminta pada Majelis Hakim untuk menggelar persidangan secara offline atau langsung, akan tetapi permintaan itu ditolak oleh hakim.

Persidangan langsung tidak bisa dilakukan dengan alasan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menyoroti sikap hakim tersebut, ekonom senior Indonesia Rizal Ramli buka suara menyampaikan pendapatnya.

Dalam video wawancara dengan ahli hukum tata negara, Refly Harun, Rizal Ramli menjelaskan bahwa permintaan Habib Rizieq untuk dihadirkan dalam persidangan adalah haknya sebagai terdakwa.

"Misalnya kan itu hak dari pada Habib terdakwa untuk hadir di sidang, nggak bisa offline dan sebagainya. 

Pengacaranya hadir, masyarakat biasa berhak juga hadir asal daftar dulu sebelumnya," kata Rizal Ramli pada Senin, 22 Maret 2021.

Namun dalam persidangan Habib Rizieq kali ini, Rizal Ramli menyebut hak-hak tersebut malah dihapuskan oleh hakim.

"Nah hak-hak begini dihapuskan, diadili tanpa terdakwa ada di ruangan sidang, lawyernya juga ngga hadir, audience juga nggak ada," ucapnya dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari kanal YouTube Refly Harun.

Dengan tindakan hakim semacam itu, Rizal Ramli menilai persidangan Habib Rizieq ini seperti permainan atau dagelan.

Maka dari itu, Rizal Ramli menilai bahwa persidangan tersebut merupakan contoh dari persidangan yang berpihak pada penguasa.

Bahkan, mantan menteri ekonomi tersebut mengatakan bahwa cara-cara yang digunakan itu rendah dan tidak beradab.

"Jadi ini kasih contoh yang luar biasa tentang sistem peradilan di indonesia, yang tunduk sama maunya kekuasaan. Sedemikian rendahnya cara-cara yang dipake, semakin tidak beradab," ujar Rizal Ramli menjelaskan.

Kemudian, dalam video tersebut Rizal Ramli meminta pada hakim yang memimpin persidangan Habib Rizieq untuk segera menyadari sikap mereka.

Hal itu disampaikan lantaran menurut Rizal Ramli bahwa sumpah hakim merupakan sumpah yang berat.

"Saya minta hakim sadar diri lah, pak hakim supaya bener lah jadi hakim. Sumpahnya hakim tuh hebat loh," katanya.

Seperti diketahui bersama, Habib Rizieq sebagai terdakwa dalam sidang lanjutannya yang digelar online pada Jumat lalu, memilih bungkam sepanjang proses persidangan.

Mengingat pada persidangan sebelumnya pada Selasa 16 Maret 2021 lalu, terjadi gangguan teknis dari koneksi internet yang buruk.

Maka dari itu Habib Rizieq menolak menghadiri sidang yang digelar secara online karena menurutnya hambatan itu sangat merugikan dirinya sebagai terdakwa.***


S: Tribunnews


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Klaim Persidangan Rizieq tak Beradab, Rizal Ramli: Hakim Sadar Diri Lah, Sumpahnya Hakim Tuh Hebat Loh!
Klaim Persidangan Rizieq tak Beradab, Rizal Ramli: Hakim Sadar Diri Lah, Sumpahnya Hakim Tuh Hebat Loh!
https://1.bp.blogspot.com/-ulBjVjYKp5Y/YFn5eXNUd7I/AAAAAAAAMDo/8_Rro62C9C8PAnJ-CAkA5sA72s3E9h0lQCLcBGAsYHQ/w640-h416/Screenshot_2021-03-23-21-20-05-97.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ulBjVjYKp5Y/YFn5eXNUd7I/AAAAAAAAMDo/8_Rro62C9C8PAnJ-CAkA5sA72s3E9h0lQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h416/Screenshot_2021-03-23-21-20-05-97.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/klaim-persidangan-rizieq-tak-beradab.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/klaim-persidangan-rizieq-tak-beradab.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy