$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bongkar Skenario SBY, Gede Pasek : Kongres Belum Dibuka, Pencalonan Ketum Demokrat sudah Ditutup

GELORABANGSA - Momen Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat 2015 silam di Surabaya, diceritakan kembali ke publik. Salah satu momen KLB 2015 itu...



GELORABANGSA - Momen Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat 2015 silam di Surabaya, diceritakan kembali ke publik.

Salah satu momen KLB 2015 itu yakni, kongres belum sempat dibuka, namun pencalonan untuk ketua umum sudah ditutup sebelumnya.

Hal ini diungkapkan oleh
Sekretaris Jenderal Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Gede Pasek Suardika.

Menurut dia, kejadian itu dirasa lucu.

Sebab kata dia, hal semacam itu tak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kongres luar biasa partai politik manapun.
 
"Padahal dimana-mana yang namanya kongres itu dibuka dulu, kemudian sidang pertama membahas draf tata tertib untuk kemudian disahkan menjadi tata tertib. Dimana-mana begitu. 

Ini (KLB Surabaya) nggak, pendaftaran calon ditutup semua. Hasilnya tunggal lah dia (SBY)," ujar Gede Pasek saat berbincang dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Jumat (19/3/2021).

Gede Pasek terus menceritakan skenario SBY supaya bisa menjadi Ketua Umum Demokrat di KLB 2015

SBY kata dia, mencalonkan lagi untuk maju kembali dalam perebutan kursi Ketua Umum Demokrat.

Padahal sebelumnya, kata dia, SBY berjanji hanya akan meneruskan sisa jabatan dari Anas Urbaningrum hingga 2015.

Anas sendiri mundur karena ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"Jadi ceritanya di KLB di Bali (2013) itu pun ada kesepakatan pak SBY hanya sampai 2015, meneruskan sisa jabatan mas Anas.

Setelahnya akan beliau berikan kepada kader-kader lain yang berpotensi. Hanya di 2015 ternyata beliau maju lagi," ujarnya.


 
Gede Pasek juga tak habis pikir, sebab dalam KLB di Surabaya tahun 2015 itu terdapat skenario-skenario yang melanggengkan SBY untuk menjadi orang nomor satu di Demokrat.

Salah satunya dengan membuat tata tertib yang membuat hanya SBY yang memenuhi syarat untuk menjadi ketua umum.

"Bayangkan ketua umum bapaknya (SBY), sekjen anaknya (Ibas) dan maju lagi di 2015. Mau jadi ketua umum sampai membuat tatib agar dirinya saja yang memenuhi syarat. 

Marzuki Alie pun tidak memenuhi syarat. Waktu itu dibuat oleh tim khusus, sembunyi-sembunyi, nggak boleh ada yang tahu, tapi kita tahu," ungkapnya.

Beberapa syarat itu antara lain yang boleh menjadi calon ketua umum hanyalah pemilik hak suara.


Maka itu meliputi ketua umum sebelumnya, pengurus DPP, DPD, serta DPC.

Syarat selanjutnya, kata Gede Pasek, adalah berpengalaman menjadi pengurus pusat selama lima tahun. Otomatis hal itu membuat para DPD dan DPC tersingkir.

"Marzuki Alie aja nggak bisa masuk (ke dalam syarat itu). Saya mikir, 'waduh kok kayak begini, namanya sang Demokrat tapi kok ada skenario dibuat seperti itu'," cerita Gede Pasek.

Karenanya seketika itu pula Gede Pasek menyebut Partai Demokrat telah berubah menjadi partai dinasti atau partai untuk sedulur. Sedulur adalah bahasa Jawa yang berarti saudara.

"Padahal dimana-mana yang namanya kongres itu dibuka dulu, kemudian sidang pertama membahas draf tata tertib untuk kemudian disahkan menjadi tata tertib. Dimana-mana begit
 
Ini (KLB Surabaya) nggak, pendaftaran calon ditutup semua. Hasilnya tunggal lah dia (SBY)," ujarnya.

"Saya dan Marzuki Alie kan maunya goda-godain dikit kan gitu. Tapi digodain pun nggak boleh, akhirnya disitulah kemudian semakin absolut partai itu berubah dari Partai Demokrat menjadi partai dulur (sedulur, - red), partai dinasti," tandasnya.



 

S: Tribunnews


Name

Berita,6533,Internasional,283,Nasional,6065,Opini,212,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Bongkar Skenario SBY, Gede Pasek : Kongres Belum Dibuka, Pencalonan Ketum Demokrat sudah Ditutup
Bongkar Skenario SBY, Gede Pasek : Kongres Belum Dibuka, Pencalonan Ketum Demokrat sudah Ditutup
https://1.bp.blogspot.com/-g5diIB0iubk/YFWJHYJE8iI/AAAAAAAAL6w/EUIoGoeQ9U88vCR3xhNcv8OrTZiwamE-ACLcBGAsYHQ/w640-h326/IMG_20210320_123251.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g5diIB0iubk/YFWJHYJE8iI/AAAAAAAAL6w/EUIoGoeQ9U88vCR3xhNcv8OrTZiwamE-ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h326/IMG_20210320_123251.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/bongkar-skenario-sby-gede-pasek-kongres.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/bongkar-skenario-sby-gede-pasek-kongres.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy