$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Biodata Suparman Nyompa, Hakim yang Kabulkan Rizieq Shihab Disidang Offline, Punya Pesantren Gratis

GELORABANGSA - Berikut ini profil dan biodata Suparman Nyompa, hakim yang mengabulkan Rizieq Shihab disidang offline.  Suparman Nyompa menc...



GELORABANGSA - Berikut ini profil dan biodata Suparman Nyompa, hakim yang mengabulkan Rizieq Shihab disidang offline. 

Suparman Nyompa mencabut penetapan sebelumnya Nomor 221/Pidsus/2021 tentang penetapan sidang secara online, dan menetapkan sidang secara offline atau tatap muka.

Dengan keputusan ini, hakim meminta jaksa penuntut umum (JPU) mendatangkan Rizieq Shihab ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon," ucap Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa dalam persidangan, Selasa (23/3/2021).
 
"Memerintahkan penuntut umum menghadirkan dalam persidangan pada setiap hari sidang," pungkasnya.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal, mengatakan dengan keputusan ini pihaknya akan menghentikan tayangan streaming terkait proses jalannya persidangan Muhammad Rizieq Shihab.

"Kalau disiarkan secara virtual tidak lagi ya, tidak lagi," kata Alex kepada wartawan di PN Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Oleh karena itu, nantinya awak media yang pada persidangan sebelumnya tidak bisa memasuki ruang sidang, mulai Jumat besok akan diberi tempat untuk meliput langsung.

Dengan begitu kata Alex, para masyarakat bisa menyaksikan secara langsung jalannya persidangan Rizieq Shihab di televisi tanpa harus datang ke pengadilan.

"Mungkin nanti media nya yang menyampaikan, nanti ada tempat untuk kalian (awak media)," ungkap Alex.

Keputusan ini disambut gembira Kuasa Hukum Muhammad Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah.

"Kami mengucapkan Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, kami mengajukan sidang secara langsung atau offline dikabulkan oleh majelis hakim."

"Tadi Majelis Hakim membuat tiga kali penetapan, sidangnya akan dilaksanakan secara langsung dan offline, padahal hari Jumat ini nanti dengan jaminan," kata Alamsyah, dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Rabu (24/3/2021).

Alamsyah pun menjamin sejumlah hal, berkaitan dengan digelarnya sidang Rizieq selanjutnya secara offline.

Seperti jaminan akan melaksanakan sidang dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dan melarang para simpatisan Rizieq untuk berkerumun saat pelaksanaan sidang.

"Kami menjamin bahwa sidang ini akan mengikuti protokol kesehatan dan melarang berkerumun, itu jaminan kita sehingga sudah saya sampaikan tadi jaminan itu diterima oleh majelis hakim," ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya juga akan mengimbau para simpatisan Rizieq untuk menonton sidang dari rumah masing-masing.

"Kesimpulannya saya imbau agar pendukung habib nonton di rumah buat layar dan kami mohonkan doanya bukan kehadirannya."

"Jaminan kita apabila ternyata pelanggaran jaminan penetapan sidang online akan ditinjau kembali," tutur Alamsyah.

Suparman Nyompa berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Suparman Nyompa pada 2012 mendirikan pesantren di Desa Sogi, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Dia memberi nama pesantrennya Al Hadi Al Islami.

Selama menuntut ilmu di pesantren Al Hadi Al Islami, para santri tidak dikenakan biaya alias gratis.

Cita-cita Suparman dalam mendirikan pesantren ialah untuk mewujudkan pembangunan akhlak.

Sebelum bertugas di PN Jakarta Timur, ia sempat bertugas di PN Pangkajene dan PN Makassar.

Saat di PN Makassar, Suparman pernah menjadi hakim dalam sidang perkara kasus narkoba yang melilit Amiruddin Rahman alias Aco.

Aco diduga masuk dalam daftar gembong "Raja Narkoba Internasional".

Saat itu, hakim menghukum Aco dengan hukuman mati.

Sabar Pimpin Sidang Rizieq Shihab

Ini lah teriakan Munarman saat walk out sidang Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).

Ini lah teriakan Munarman saat walk out sidang Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). (youtube Kompas TV)
Kesabaran Suparman Nyompa terus diuji saat menyidangkan Rizieq Shihab, Jumat (19/3/2021). 

Suparman pernah meminta jaksa menghadirkan Habib Rizieq Shihab secara paksa, karena bersikeras menolak mengikuti sidang virtual.

"Gunakan cara apapun agar terdakwa hadir di persidangan! Minta tolong aparat kepolisian untuk menghadirkan terdakwa," kata Suparman Nyompa dalam tayangan siaran langsung di akun Youtube Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Ketika akhirnya dihadapkan ke layar yang memperlihatkan majelis hakim di PN Jaktim, Rizieq langsung meluapkan amarahnya.

"Saya dipaksa, didorong, dihinakan! Ini hak asasi saya sebagai manusia," seru Rizieq kepada majelis hakim.

Suparman berupaya menenangkan Rizieq dan meminta terdakwa untuk duduk.

"Duduk dulu, Habib, saya jelaskan. Duduk dulu ya. Silakan duduk dulu. Silakan tenang dulu, Habib," ujar Suparman.

Akan tetapi, Rizieq terus melancarkan kemarahannya sambil tetap berdiri.

"Ini hak asasi saya yang dijamin undang-undang. Undang-undang menjamin dan melindungi saya untuk dihadirkan di dalam ruang sidang," kata Rizieq.

"Saya minta, menuntut Undang-undang itu diterapkan. Ini pengadilan, ada di bawah kekuasaan Undang-undang. Kok hak saya dirampas?" lanjutnya.

Habib Rizieq Shihab menyinggung soal proses persidangan kasus korupsi yang menyeret Djoko Tjandra, jaksa Pinangki Sirna Malasari, hingga Eks Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ia mengatakan para koruptor itu diperkenankan hadir dan mengikuti jalannya persidangan secara tatap muka.

"Maaf majelis hakim, kemarin seminggu lalu, kita sama-sama tahu para koruptor, Djoko Tjandra, jaksa Pinangki, Irjen Napoleon Bonaparte, bisa hadir dalam ruang sidang. kenapa saya tidak bisa?" kata Habib Rizieq Shihab yang terhubung secara virtual dari rutan Bareskrim Polri, Jumat.

Selain itu, dia juga menyinggung pada sidang perdana Selasa (16/3/2021) lalu, di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur banyak dipenuhi puluhan jaksa, pengacara, para awak media, bahkan masyarakat yang berkumpul dalam satu ruangan.

Tapi ia heran mengapa sidang kemarin dirinya tak diizinkan hadir tatap muka dan dipaksa hadir secara virtual.

"Kemarin sidang pertama, dalam ruangan itu di mana majelis hakim ada, ada puluhan jaksa, ada puluhan pengacara, ada puluhan wartawan, kumpul dalam satu ruangan," jelas dia.

“Maaf ya Habib, itu beda. Habib ini banyak simpatisannya. Ketika hadir di sini banyak kerumunan itu. Itulah perbedaannya Habib dengan yang lain,” ujar Suparman Nyompa.

Suparman Nyompa pun menegaskan bahwa tidak ada diskriminasi dalam proses persidangan Rizieq.

Menurutnya, majelis hakim hanya mempertimbangkan keadaan adanya potensi kerumunan apabila Rizieq dihadirkan secara langsung.

Suparman Nyompa pun meminta Rizieq untuk duduk dan tenang dalam mengikuti proses persidangan.

Rizieq pun mengaku siap untuk membantu majelis hakim apabila alasannya tidak dihadirkan secara langsung karena potensi kerumunan massa.

Akan tetapi, majelis hakim tetap tidak dapat memenuhi permintaan Rizieq.

“Tidak bisa Habib. Mohon maaf. Mohon maaf tidak bisa, ada perintah Undang-Undang yang harus kita penuhi. Itu tidak bisa Habib. Ini kan tidak mengurangi nilai persidangan ini,” ucap Suparman Nyompa.

Suparman Nyompa menekankan bahwa terdakwa diberikan persidangan yang terhormat dari negara.

"Ini adalah persidangan, Habib, persidangan negara. Persidangan negara, bukan persidangan pemerintah," ujar Suparman seperti dikutip dari kompas.com.

"Coba lihat di belakang saya itu tidak ada foto Presiden dan Wakil Presiden. Itu adalah gambar Burung Garuda, menandakan ini adalah sidang yang terhormat untuk Habib ini," sambungnya.

Suparman kemudian meminta Rizieq untuk mematuhi persidangan tersebut.

"Makanya Habib, saya minta (persidangan) ini digunakan betul untuk memperoleh keadilan, untuk memperoleh hak-haknya sebagai terdakwa. Karena itu saya mohon kepada Habib, tolong patuhi semua perintah di persidangan ini," ujar Suparman Nyompa.

Persidangan sempat terhenti pada pukul 12.00 WIB karena shalat Jumat dan dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB.

 

S: Tribunnews


Name

Berita,6630,Internasional,310,Nasional,6161,Opini,253,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Biodata Suparman Nyompa, Hakim yang Kabulkan Rizieq Shihab Disidang Offline, Punya Pesantren Gratis
Biodata Suparman Nyompa, Hakim yang Kabulkan Rizieq Shihab Disidang Offline, Punya Pesantren Gratis
https://1.bp.blogspot.com/-PEGlKEYRCIA/YF3mEtdYFhI/AAAAAAAAMJ4/yblyBTGeBDMhvfO0zEs6HpHP6GpZQCChwCLcBGAsYHQ/w640-h348/IMG_20210326_204551.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PEGlKEYRCIA/YF3mEtdYFhI/AAAAAAAAMJ4/yblyBTGeBDMhvfO0zEs6HpHP6GpZQCChwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h348/IMG_20210326_204551.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/biodata-suparman-nyompa-hakim-yang.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/03/biodata-suparman-nyompa-hakim-yang.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy