$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sosok Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti, Lihai Menyamar Hingga Transaksi dengan Bandar

GELORABANGSA - Simak Sosok Kapolsek Astana Anyar, Kompol Yuni Purwanti yang ditangkap bersama 11 oknum anggota polisi lain terkait kasus na...



GELORABANGSA - Simak Sosok Kapolsek Astana Anyar, Kompol Yuni Purwanti yang ditangkap bersama 11 oknum anggota polisi lain terkait kasus narkoba.

Kabar kurang sedap menimpa institusi yang dipimpin oleh Komjen Listyo Sigit Prabowo. 

Pasalnya, tersiar kabar penangkapan Kapolsek Kompol Yuni Purwanti yang diamankan bersama 11 oknum polisi lain yang diduga terlibat dalam pesta narkoba.

Kompol Yuni Purwanti dan belasan oknum polisi diamankan oleh petugas gabungan Mabes Polri dan Polda Jabar di sebuah hotel di Kota Bandung, Selasa 16 Februari 2021 silam.

Kompol Yuni Purwanti Kapolsek Astana Anyar yang ditangkap karena kasus narkoba
Kompol Yuni Purwanti Kapolsek Astana Anyar yang ditangkap karena kasus narkoba (Video.com via Tribun Timur dan Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik)
"Totalnya ada 12 anggota.

 Termasuk termasuk Kapolsek Astana Anyar. Soal apakah semuanya anggota Polsek Astana Anyar sedang didalami," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago seperti dikutip dari artikel Tribunnews berjudul "Sosok Kapolsek Astana Anyar yang Ditangkap Kasus Narkoba, Ternyata Pernah Ungkap Peredaran Kokain"

Siapa sangka, sosok Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti adalah orang istimewa yang sudah berkecimpung di dunia pengungkapan kasus narkoba.

Ia bahkan lihai melakukan penyamaran hingga bertransaksi dengan bandar narkoba.

Selengkapnya, berikut Sosok atau Profil Kapolsek Astana Anyar, Kompol Yuni Purwanti.

Berdasarkan hasil wawancara Tribun Bogor beberapa waktu lalu, diketahui bahwa Kompol Yuni Purwanti atau Yuni Purwanti Kusuma Dewi adalah perempuan yang lahir di Porong, Sidoarjo, 23 Juni 1971.

Kompol Yuni Purwanti memiliki sepak terjang di dunia pemberantasan narkoba.

Ia pernah bertugas di Bogor dan Polda Jabar.

Selebihnya, ia juga menjadi kapolsek di wilayah hukum Polrestabes Bandung.

Tahun 2019 ia mengungkap kasus peredaran kokain di Bogor.

Saat itu menjabat sebagai Kanit 3 Sub Dit 2 Dit Narkoba Polda Jabar.

Lihai Menyamar Hingga Transaksi dengan Bandar

Diketahui, Yuni Purwanti kerap terlibat dalam operasi peringkusan pelaku narkoba.

Ia sempat mengungkapkan salah satu proses penangkapan pengedar Narkoba saat masih menjabat sebagai Kasat Reserse Narkoba di Polres Bogor.

Melansir artikel Tribunnews berjudul "Sosok Kapolsek Astana Anyar yang Ditangkap Kasus Narkoba, Ternyata Pernah Ungkap Peredaran Kokain" Kompol Yuni sangat lihai dalam melakukan penyamaran di lapangan.

Penampilan yang nyentrik, membuat ibu dua anak ini tidak mudah dikenali, apalagi oleh para pelaku narkoba.

"Aku kan memang pakaiannya seperti ini, pakai kaos, celana levis bolong, sepatu converse," katanya

"Dibuat enjoy saja, walau tidak pulang, niat kami memberi yang terbaik untuk Polres Bogor, niat tanggung jawab dan keikhlasan bekerja," kata Polwan angkatan 1989 itu.

Walau begitu, sebagai perempuan yang memimpin satuan dan menjaga keluarga, Yuni pun sering berkelahi.

Malah, wanita berparas cantik ini juga sering bertransaksi dengan para bandar narkoba.

"Sering ketemu berdua, pas barangnya sudah dikeluarin langsung kami lakukan penangkapan, sering sekali gontok-gontokan kayak petinju, sampai masuk got malah," ujarnya.

Mengungkap Peredaran Kokain

Salah satu prestasi Kompol Yuni Purwanti adalah mengungkap peredaran Kokain pada tahun 2019 silam.

Sejumlah personel jajaran Polda Jabar berhasil menangkap dua orang pelaku yang membawa narkotika jenis kokaina atau kokain di Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3/2019).

Kompol Yuni mengatakan, bahwa untuk menangkap kedua pelaku tersebut digunakan metode undercover atau menyamar selama tiga hari dari daerah Cengkareng hingga Kabupaten Bogor.

"Kami mengintai selama tiga hari dan akhirnya berhasil menangkap dua orang berinisial AS dan YA. Kami membuat janji dengan pelaku untuk membeli kokain tersebut. Kami pancing dengan cara kami sendiri dan mereka sama sekali tidak tahu bahwa kami polisi," kata Kompol Yuni, Selasa (9/4/2019).

Dari tangan AS polisi mendapatkan 20 gram kokain.

Yuni dan anggota polisi lainnya kemudian mengembangkan lagi kasus ini.

Mereka akhirnya bisa meringkus YA di dekat sebuah minimarket di wilayah Gunung Putri, Kabupaten Bogor, sekira pukul 20.00 WIB.

Harga dari kokain tersebut dikatakan Yuni ialah Rp 50 juta.

Ia mengatakan bahwa kokain merupakan jenis narkotika kelas atas (high class).

Indikasi awalnya, bahwa kokain tersebut akan diedarkan di wilayah Gunung Putri karena banyaknya vila di daerah tersebut.

"Tapi karena ini narkotika kelas atas dan mahal, maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengonsumsi. Ternyata di wilayah Jabar ada transaksi kokain, selama ini tidak ada. Kami masih melakukan pengembangan, pengakuan pelaku bahwa barang tersebut berasal dari Jakarta," katanya.

Saat melakukan penangkapan, Yuni mengatakan timnya mendapat perlawanan secara fisik, tapi prinsipnya, mereka tidak ingin targetnya lepas.

"Ya, biasalah, namanya juga orang, ya, tidak mau ditangkap, tapi kami tidak mau melepas target," katanya.

Sosok Istimewa, Punya Dua Anak

Pada 2017, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi merupakan satu dari dua wanita yang mendapat kehormatan menjadi Kapolsek di jajaran Polrestabes Bandung.

"Saya punya dua orang anak, keduanya saat ini sudah kuliah. Saya membesarkan kedua itu sendiri dan tidak merasakan kesulitan," kata Kompol Yuni kepada Tribun Jabar di Mapolrestabes Bandung, Jumat (22/12/2017).

Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi mengaku tidak kesulitan membesarkan kedua anaknya karena sejak kecil mereka sudah paham ibunya adalah seorang pekerja keras.

"Anak-anak sudah paham pekerjaan saya, yang penting perhatian dan komunikasi harus tetap dijaga dengan anak-anak. Itulah hebatnya peranan seorang ibu," kata Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi.

Ditangkap Diduga Terlibat Pesta Narkoba di Hotel

Kapolsek Astana Anyar, Kompol Yuni Purwanti diketahui ditangkap di sebuah hotel di Kota Bandung pada Selasa 16 Februari 2021 silam.

Ia ditangkap melalui operasi petugas gabungan Mabes Polri dan Polda Jabar.

"Totalnya ada 12 anggota. Termasuk termasuk Kapolsek Astana Anyar. Soal apakah semuanya anggota Polsek Astana Anyar sedang didalami," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago.

Saat ini, Kapolsek yang dijabat perwira berpangkat Komisaris Polisi atau Kompol bersama belasan polisi lainnya sedang diperiksa Propam gabungan.

Informasi yang dihimpun, propam mengamankan barang bukti sabu seberat tujuh gram. 

Namun ini belum disebutkan oleh Erdi.

"Barang bukti tidak ada. Tapi, ada satu kasus yang ditangani oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar yang satu kasus awalnya, itu memang ada barang buktinya. Tapi yang di polsek itu tidak ada dan kebetulan ada beberapa orang yang positif setelah dicek urinenya, ini yang akan didalami," ucap Erdi.

Setelah diamankan, tes urine untuk Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi menunjukkan hasil positif mengkonsumsi narkoba.

"Iya, Kapolseknya positif," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago.

 

S: Surya


Name

Berita,5661,Internasional,278,Nasional,5200,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Sosok Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti, Lihai Menyamar Hingga Transaksi dengan Bandar
Sosok Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti, Lihai Menyamar Hingga Transaksi dengan Bandar
https://1.bp.blogspot.com/-11_dBwzyskA/YC0u1lWKUBI/AAAAAAAAKkg/QiAf05sMpjk6k-kqKu4AEVvGEEi7SNBMQCLcBGAsYHQ/w640-h354/Screenshot_2021-02-17-21-56-37-60.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-11_dBwzyskA/YC0u1lWKUBI/AAAAAAAAKkg/QiAf05sMpjk6k-kqKu4AEVvGEEi7SNBMQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h354/Screenshot_2021-02-17-21-56-37-60.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/sosok-kapolsek-astana-anyar-kompol-yuni.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/sosok-kapolsek-astana-anyar-kompol-yuni.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy