$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Soal Dana Hibah Rp 9 Miliar Bantu Pembangunan Museum SBY-ANI, SBY Trending di Twitter

GELORABANGSA - Terkait dana pembangunan museum SBY membuat Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY viral di akun Twitter. Alasannya...



GELORABANGSA - Terkait dana pembangunan museum SBY membuat Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY viral di akun Twitter.

Alasannya, soal hibah Rp 9 miliar untuk membangun museum SBY trending twitter. 

Bahkan, ada netizen yang sandingkan SBY dengan Presiden Soekarno. 

Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI dimulai Februari 2020.

Bupati Pacitan Indartato angkat bicara soal ramainya kabar adanya dana hibah Rp 9 miliar untuk Yudhyono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Indartato membantah bahwa dana Rp 9 miliar tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim).

Menurut dia, dana itu merupakan dukungan dari pemerintah provinsi (pemprov) Jatim untuk pembangunan museum kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan.

Bantuan Pemprov untuk Museum SBY

"Bukan dari APBD Pacitan. Itu dari pemeritah provinsi yang memberikan bantuan namanya bantuan keuangan khusus kepada pemerintah daerah untuk pembangunan museum Pak SBY," katanya dalam laporan KOMPAS TV Pacitan, Senin (15/2/2021).

Indartato menerangkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan awalnya mengusulkan dana bantuan untuk pembangunan Museum SBY kepada Pemprov Jatim.

Kemudian dana yang disebut sebagai bantuan keuangan khusus (BKK) itu diterima oleh Pemda Kabupaten Pacitan pada 9 Desember 2020 lalu.

Dana tersebut selanjutnya dimasukkan dalam APBD Kabupaten Pacitan Tahun 2021.

"Alhamdulillah uangnya keluar. Tapi karena keluarnya tanggal 9 Desember 2020, pemerintah daerah juga tidak berani untuk memberikan ke museum, akhirnya dianggarkan pada APBD 2021," jelasnya.

Tingkatkan Pariwisata

Indartato menambahkan, dukungan Pemprov Jatim terhadap pembangunan Museum SBY di Pacitan itu bukan tanpa sebab.

Menurutnya, berdirinya museum kepresidenan ini akan meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan.

"Harapannya dan alasannya pemerintah daerah itu adalah untuk pertumbuhan ekonomi. Kalau semakin banyak wisata ke Pacitan kan devisanya akan bertambah. Intinya ke sana," terang Indartato.

Dia juga menyebut bahwa BKK tersebut hingga kini belum diserahkan kepada pihak Museum SBY karena masih dalam proses administrasi. "Sampai hari ini uangnya belum diserahkan," pungkasnya.

Sebelumnya, belakangan ini muncul kabar Pemerintah Kabupaten Pacitan telah memberi dana hibah sebesar Rp 9 miliar yang masuk ke Yudhoyono Foundation.

Kabar tersebut viral di media sosial. Yayasan Yudhoyono itu dikatakan mendapatkan hibah sebesar Rp 9 miliar anggaran APBD Kabupaten Pacitan Tahun Anggaran 2021.

Museum SBY-Ani

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, menghadiri groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan, Jawa Timur, Senin (24/2/2020).

SBY terinspirasi dari sejumlah mantan Presiden Amerika Serikat yang mendirikan museum di tempat kelahiran mereka.

Niat SBY diwujudkan dengan meletakkan batu pertama di lokasi pembangunan museum di kawasan Ploso.

Nantinya, di dalam museum akan dipajang beragam karya seni, termasuk foto SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono, selama menjabat presiden dan ibu negara mulai tahun 2004 sampai 2014.

Peletakan batu pertama dihadiri kedua anak SBY dan sejumlah menteri yang menjabat di masa pemerintahan SBY.

Konsep yang ditawarkan museum SBY-ANI adalah wisata edukatif.

Menurut penjelasan SBY, ide awal pendirian ini sudah ada sejak 2015 lalu.

Pada Februari 2014 hingga Januari 2015, ia bersama Ani Yudhoyono sempat berkeliling ke sejumlah museum presiden di Amerika Serikat.

Di antaranya dengan mengunjungi museum Harry S. Trauman, Dwight D. Eisenhower, Bill Clinton, hingga George W. Bush.

Keempat museum tersebut juga dibangun di atas tempat kelahiran masing-masing tokoh.

Hal membangun museum ini pun semakin dikuatkan dengan harapan dan dorongan dari sang istri, Ani Yudhoyono.

Bahkan, sebulan sebelum meninggal dunia pada 1 Juni 2019, Ani Yudhoyono sempat menitipkan pesan soal pembangunan museum ini. 

Editor: Muh Hasim Arfah


 


S: Tribunnews


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Soal Dana Hibah Rp 9 Miliar Bantu Pembangunan Museum SBY-ANI, SBY Trending di Twitter
Soal Dana Hibah Rp 9 Miliar Bantu Pembangunan Museum SBY-ANI, SBY Trending di Twitter
https://1.bp.blogspot.com/-TO9Hcegnz78/YCu7zT6NZpI/AAAAAAAAKgc/a8ODOEzCrwUcPYB1qj9M21EGQJX6ncoMwCLcBGAsYHQ/w640-h354/Screenshot_2021-02-16-19-33-06-43.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TO9Hcegnz78/YCu7zT6NZpI/AAAAAAAAKgc/a8ODOEzCrwUcPYB1qj9M21EGQJX6ncoMwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h354/Screenshot_2021-02-16-19-33-06-43.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/soal-dana-hibah-rp-9-miliar-bantu.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/soal-dana-hibah-rp-9-miliar-bantu.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy