$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Saat Jokowi Marah dengan Batalnya Investor Asing ke Indonesia

GELORABANGSA - Batalnya Tesla Inc investasi di Indonesia menambah daftar panjang investor asing yang lebih tertarik menamamkan modalnya ke ...



GELORABANGSA - Batalnya Tesla Inc investasi di Indonesia menambah daftar panjang investor asing yang lebih tertarik menamamkan modalnya ke negara lain.

 Bila mengingat pada 2019 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terang-terangan kecewa ketika mengetahui 33 investor yang keluar dari China tapi tidak memilih Indonesia sebagai tempat relokasi pabriknya.

Ketika itu Jokowi mengeluhkan tak adanya perusahaan asing yang mau berinvestasi Indonesia.

 Puluhan perusahaan luar negeri itu lebih memilih negara lain untuk menanamkan modalnya karena rumitnya regulasi di Tanah Air.

"Investor-investor yang kita temui, juga dari catatan yang kemarin disampaikan Bank Dunia kepada kita, kemarin sudah saya sampaikan tapi saya ulang lagi. 

Di 2 bulan yang lalu ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar, 23 memilih di Vietnam.

 Kemudian 10 lainnya perginya ke Malaysia, Thailand dan Kamboja. Enggak ada yang ke kita," ujar Jokowi dalam mengawali pengantarnya saat ratas 'Antisipasi Perkembangan Perekonomian Dunia' di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Bahkan, Kepala Negara sampai dua kali mengingatkan 'kaburnya' perusahaan asal China itu untuk berinvestasi ke negara ASEAN lainnya.

"Saya ulang, 23 ke Vietnam, 10 ke Kamboja, Thailand, Malaysia. Tidak ada yang ke Indonesia. 

Tolong ini digarisbawahi, hati-hati berarti kita punya persoalan yang harus kita selesaikan," tegasnya.

Jokowi pun memaparkan alasan perusahaan asing itu lebih memilih Vietnam. Pasalnya, kata dia, hanya membutuhkan dua bulan mengurus perizinan di Vietnam.

"Kita bisa bertahun-tahun. Penyebabnya hanya itu enggak ada yang lain. Oleh sebab itu saya suruh kumpulkan regulasi-regulasinya itu. Larinya ke sana semua," tutur Jokowi.

Jokowi pun mencontohkan saat perusahaan Jepang juga keluar dari Indonesia pada 2017 silam. Kala itu, terdapat 73 perusahaan yang ingin berinvestasi di Indonesia.

"43 ke Vietnam, 11 ke Thailand, dan Filipina dan baru yang berikutnya 10 ke Indonesia," imbuhnya.

Jokowi menilai, persoalan internal mengakibatkan Indonesia gagal bersaing dengan negara lainnya. Padahal, investasi jangka panjang merupakan kunci memenangkan persaingan dalam perlambatan ekonomi global.

"Dan kemungkinan kita bisa memayungi kita dari kemungkinan resesi global yang semakin besar juga ada di situ," paparnya. (RAMA)




S:idxchannel



Name

Berita,6154,Internasional,283,Nasional,5686,Opini,207,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Saat Jokowi Marah dengan Batalnya Investor Asing ke Indonesia
Saat Jokowi Marah dengan Batalnya Investor Asing ke Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-qXsz_oXI-c0/YC_CRskWgoI/AAAAAAAAKrY/TsIujhZSRSYrG70QUJ6s-lr4RqK44o3TgCLcBGAsYHQ/w640-h394/Screenshot_2021-02-19-20-46-52-60.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qXsz_oXI-c0/YC_CRskWgoI/AAAAAAAAKrY/TsIujhZSRSYrG70QUJ6s-lr4RqK44o3TgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h394/Screenshot_2021-02-19-20-46-52-60.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/saat-jokowi-marah-dengan-batalnya.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/saat-jokowi-marah-dengan-batalnya.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy