$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Pemprov Jatim Batalkan Dana Hibah 9 M, Kekalahan Besar SBY!

GELORABANGSA - Dana hibah sebenarnya bukan sesuatu yang melanggar hukum. Bahkan ada peraturan pemerintah yang memperbolehkan museum milik p...



GELORABANGSA - Dana hibah sebenarnya bukan sesuatu yang melanggar hukum. Bahkan ada peraturan pemerintah yang memperbolehkan museum milik pribadi atau masyarakat untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari pemerintah pusat atau daerah (PP Nomor 66 Tahun 2015).

 Namun, pemberiannya ya harus pula beretika. Mengapa dana hibah Rp 9 miliar dari APBD Jatim buat Museum pribadi SBY dipermasalahkan publik?

Karena pada saat yang sama, Jatim juga mendapatkan utang dari pemerintah pusat sebesar Rp 88,7 miliar, untuk mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di Jatim.

 Karena pada saat yang sama, ada pengurangan-pengurangan yang dilakukan oleh Pemprov Jatim terhadap APBD-nya.

 Ada pengurangan anggaran antara lain di Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Dinas Perhubungan. 

Karena pada saat yang sama, beberapa daerah di Jatim juga terkena bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan erupsi gunung berapi.

 Masak ketiga elemen ini dikalahkan hanya untuk memberikan dana hibah buat proyek museum pribadi? Kan nggak etis, nggak bener prioritasnya.

Apalagi Gubernur Jatim Khofifah tampak sangat memperhatikan pembangunan museum ini. Ketika ada acara groundbreaking pada bulan Februari 2020, Khofifah nampak hadir. 

Padahal acara groundbreaking itu lebih ke acara keluarga. Karena museum itu memang proyek pribadi/keluarga SBY. Lalu pada bulan Oktober 2019, Khofifah mengunggah foto-foto kegiatannya melihat perkembangan pembangunan Museum SBY. 

Disertai dengan uraian singkat soal luas museum dan bahwa museum rencananya akan selesai pada bulan Maret 2021. Khofifah tidak lupa memohon doa agar pembangunan museum berjalan lancar dan sukses. 

Seakan pembangunan museum adalah proyek milik Pemprov Jatim yang dibiayai sepenuhnya oleh uang rakyat. Dari sudut pandang politik, kegiatan Khofifah ini menampakkan sekali keberpihakannya pada Demokrat, partai yang mengusungny
 
Sepanjang tahun 2020, soal dana hibah itu belum ketahuan sama sekali. Tidak ada satu pun berita yang menemukannya. Sementara Khofifah sendiri tidak pernah menyinggungnya. 

Padahal dia hadir di groundbreaking dan memonitor perkembangan pembangunan museum tersebut.

 Sepertinya memang diniatkan untuk disembunyikan? Kalau tidak bocor dari APBD Pacitan, publik tidak akan pernah tahu. Ini sungguh luar biasa. Kalau niatnya baik, ngapain disembunyikan?

Begitu soal dana hibah ini bocor ke publik, jadi gelagepan sendiri kan? Bupati Pacitan akhirnya mengklarifikasi bahwa dana hibah itu bukan dari APBD Pacitan, melainkan dari APBD Jatim. Polemik pun makin heboh. Sementara pihak SBY terlihat sibuk sendiri ngeles dan berkilah. Dari menyebut bahwa SBY tidak pernah meminta dana hibah itu. Hingga membanding-bandingkan Museum SBY dengan Grha Megawati di Klaten, yang notabene adalah milik Pemda Klaten, cuma pinjem nama doang hehehe… “Buzzer” Demokrat yang melontarkan narasi Museum SBY VS Grha Megawati pun menampilkan kebodohan sendiri.

Lalu politisi Demokrat, Rachland Nashidik menyamakan Museum SBY dengan makam Gus Dur. Menyebut makam Gus Dur dibiayai negara. Which is keliru. Karena makam Gus Dur dibuat sepenuhnya dari biaya keluarga. Pernyataan Rachland ini bikin pendukung Gus Dur meradang. Ini fitnah. Mereka pun melayangkan somasi terhadap Rachland. Putri Gus Dur, Alissa Wahid juga memberikan peringatan kepada Rachland lewat akun Twitter-nya. Dengan kata lain, Rachland Nashidik ditegur di depan publik Sumber. Rachland akhirnya minta maaf dan dimaafkan oleh putri Gus Dur. Tapi ingat ya, rekam jejak tidak akan pernah hilang.

Paham kan bagaimana amisnya permainan ini? Padahal duit Rp 9 miliar itu saya yakin kecil lah buat keluarga SBY. Buktinya, pembangunan museum yang menelan biaya puluhan miliar itu tetap saja jalan. AHY yang katanya mau nyapres di 2024 juga sepertinya tidak pernah mempermasalahkan soal dana. Juga ketika AHY maju dalam Pilkada Jakarta tahun 2017 silam. Money is no problem kan?

Dunia politik memang kental dengan pengaruh. Bagaimana Khofifah berpihak terhadap urusan pribadi SBY merupakan simbol kentalnya pengaruh SBY di Jatim. Tapi sayangnya malah “dimanfaatkan” juga buat ngasih dana hibah ke proyek pribadi. Coba nggak ada soal dana hibah, hidup Khofifah dan SBY akan tenang-tenang saja.

Akhirnya dana hibah ini diberitakan dibatalkan oleh Pemprov Jatim, seperti dilansir oleh timesindonesia.co.id. Sesuai dengan surat dari Pemprov Jatim nomor 910/3050/201.2/2021, tentang penarikan kembali bantuan keuangan khusus Kabupaten Pacitan pada perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2020.

 "Semuanya sudah sesuai prosedur, yang penting kita sesuai peraturan. Gara-gara pro kontra masyarakat ahirnya Pemprov Jatim mengambil kebijakan itu," ujar Bupati Pacitan, Indartato. Sumber

Penarikan dana ini cukup memalukan sih. SBY yang awalnya terlihat berpengaruh besar di Jatim, sekarang jadi kalah. Kalau saya jadi SBY, saya akan bikin konferensi pers untuk menolak dana hibah tersebut, dengan alasan bahwa SBY memahami bagaimana banyaknya kebutuhan lain dari Pemprov Jatim. 

Sehingga demi rakyat, SBY pun meminta agar dana hibah itu dibatalkan saja. Nama SBY akan tertolong dengan pernyataan ini. Lah ini kok kayak orang kalah perang. Tiba-tiba saja Pemprov Jatim membatalkan dana hibah, tanpa ada campur tangan SBY. Melenceng dong dari narasi? Tuhan suka nggak ya? Ehh?? Selalu dari kura-kura





S: Seword (ninanoor)


Name

Berita,6541,Internasional,283,Nasional,6073,Opini,213,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Pemprov Jatim Batalkan Dana Hibah 9 M, Kekalahan Besar SBY!
Pemprov Jatim Batalkan Dana Hibah 9 M, Kekalahan Besar SBY!
https://1.bp.blogspot.com/-voexw8fu6aM/YDPAz91OtlI/AAAAAAAAK48/UBMuVI8kOrEVH2HVcF7_25zu9FghBwuxACLcBGAsYHQ/w640-h434/VsjYI3W09L-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-voexw8fu6aM/YDPAz91OtlI/AAAAAAAAK48/UBMuVI8kOrEVH2HVcF7_25zu9FghBwuxACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h434/VsjYI3W09L-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/pemprov-jatim-batalkan-dana-hibah-9-m.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/pemprov-jatim-batalkan-dana-hibah-9-m.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy