$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Ironis! Jatim Ngutang Ke Pusat, Tapi Beri 9 M Buat Museum (Pribadi) SBY!

GELORABANGSA - Soal pembangunan Museum SBY-Ani di Pacitan pernah saya tulis sebelumnya, tahun lalu.  Waktu itu memang terjadi kehebohan kar...



GELORABANGSA - Soal pembangunan Museum SBY-Ani di Pacitan pernah saya tulis sebelumnya, tahun lalu. 

Waktu itu memang terjadi kehebohan karena cuitan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Twitter. 

Dalam cuitan itu Khofifah mengunggah foto-foto kegiatannya melihat perkembangan pembangunan Museum SBY-Ani. Sebuah kegiatan yang banyak mendapat kecaman dari para netizen.

 Karena lebih politis ketimbang bermanfaat buat rakyat Jatim yang sedang menghadapi dampai pandemi.

Dalam tulisan itu saya paparkan juga hasil riset kecil, untuk mengetahui sejarah dan sumber dana pembangunan museum tersebut. 

Singkat cerita, museum itu merupakan warisan dari era SBY yang ada di APBN, ketika Jokowi baru diangkat jadi Presiden RI. Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai Rp 66,5 miliar.

 Waktu itu (tahun 2015) diberitakan bahwa dananya akan diambil dari APBN. Ingat ya, sebagai warisan dari era SBY. 

Dulu namanya Museum Pacitan, karena dikaitkan dengan pengembangan wisata setempat, sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap SBY yang telah menjabat sebagai presiden selama 2 periode. 

Boleh dibilang ini adalah dari SBY untuk SBY.

Dalam perkembangannya, hingga 2017 proyek pembangunan museum ini tidak juga dilaksanakan alias mandek. 

Saya menduga Presiden Jokowi atau Menteri Keuangan tidak menganggap pembangunan museum ini sebagai prioritas. Lha wong Presiden Jokowi kan sedang sibuk membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. Akhirnya pada Februari 2020, pihak SBY dan keluarga menggelar acara groundbreaking pembangunan museum itu. 

Sekarang namanya diganti jadi Museum dan Galeri Seni SBY-Ani. Anggarannya, dilansir threechannel.co, berasal dari proses fundraising (penggalangan dana) secara terbuka oleh Yayasan Yudhoyono sebagai pengelola museum Sumber.

 Kalau mau baca tulisan saya lengkapnya di sini : https://seword.com/politik/mengulas-museum-sby-ani-yang-bikin-khofifah-banjir-1I1fSGuIPL

Jelas ya, bahwa soal pembangunan museum itu sudah jadi urusan pribadi SBY. Tidak ada hubungannya dengan pemerintah/rakyat. Oleh sebab itu, ketika terungkap adanya dana hibah Rp 9 miliar untuk Yudhoyono Foundation yang berasal dari APBD Jatim, maka hal ini patut untuk dipertanyakan. 

"Bukan dari APBD Pacitan. Itu dari pemeritah provinsi yang memberikan bantuan namanya bantuan keuangan khusus kepada pemerintah daerah untuk pembangunan museum Pak SBY," kata Bupati Pacitan Indartato kepada Kompas TV Sumber.

Apakah karena ada dana hibah dari APBD Jatim itu, sehingga Gubernur Khofifah pun ikut repot-repot meninjau proses pembangunan museum itu? Bisa jadi. Pertanyaan selanjutnya, sejak kapan dana hibah ini dianggarkan dalam APBD Jatim? Misalnya masuk ke dalam APBD 2020, maka pembahasannya dilakukan pada tahun 2019.

 Atau bisa juga masuk dalam APBD perubahan, semacam revisi dalam APBD yang dilakukan di tahun 2020. Dalam tahun 2020, banyak daerah yang merevisi APBD mereka, terkait dengan imbas negatif pandemi Covid. Termasuk Jatim. 

Pada bulan Agustus 2020, ada perubahan dalam APBD Jatim yang semula Rp 35,1 triliun menjadi Rp 33,8 triliun Sumber. Ada beberapa pengurangan misalnya di Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Dinas Perhubungan. Ada skala prioritas yang juga berubah. Tapi kok dana hibah buat bikin museum masih ada?

Dalam berita soal groundbreaking museum pada bulan Februari 2020, tidak ada keterangan soal dana hibah ini. Apakah sengaja tidak pernah disebut agar tidak jadi pertanyaan publik? Info dana hibah Rp 9 miliar itu kan akhirnya bocor di medsos. Dikira berasal dari Kabupaten Pacitan.

 Ternyata dari APBD Jatim. Pertanyaan berikutnya, ada beberapa pengurangan di dinas-dinas tersebut di atas, mengapa dana hibah ini masih ada? Sebegitu pentingnya kah pembangunan museum ini buat rakyat Jatim yang sedang kena pandemi dan juga bencana alam?

Ironisnya, Pemprov Jatim telah menerima utangan dari pemerintah pusat. Yakni Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Daerah (Pinjaman PEN Daerah) sebesar Rp 88,7 miliar, pada bulan Desember 2020 lalu. Tujuannya untuk mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di Jatim. Termasuk di dalamnya adalah pembangunan infrastruktur (5 jembatan) dan reformasi sistem kesehatan nasional. Sumber

Loh? Ngutang ke pusat buat pemulihan ekonomi, tapi ngasih dana hibah ke museum yang merupakan proyek pribadi? Saya nggak tahu ya biaya pembuatan jembatan, tapi pastinya dana Rp 9 miliar itu akan sangat berarti untuk membuat jembatan, ketimbang buat museum. Lalu lintas orang dan barang akan diakomodasi oleh jembatan. 

Apalagi di Jatim juga ada bencana banjir kan? Duit Rp 9 miliar akan sangat berarti buat para warga yang terdampak banjir. Kalo dibuat bikin museum, dan masuk museum itu mesti bayar, apa gunanya buat rakyat? Sungguh sebuah ironi! Selalu dari kura-kura




S: Seword (ninanoor)


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Ironis! Jatim Ngutang Ke Pusat, Tapi Beri 9 M Buat Museum (Pribadi) SBY!
Ironis! Jatim Ngutang Ke Pusat, Tapi Beri 9 M Buat Museum (Pribadi) SBY!
https://1.bp.blogspot.com/-EaTXgu4B86U/YCy-WJFrY6I/AAAAAAAAKiY/LFWxxibKhiApUA92AaugqW4BrxpgWTkbwCLcBGAsYHQ/w640-h412/GMQAqV98BG-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-EaTXgu4B86U/YCy-WJFrY6I/AAAAAAAAKiY/LFWxxibKhiApUA92AaugqW4BrxpgWTkbwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h412/GMQAqV98BG-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/ironis-jatim-ngutang-ke-pusat-tapi-beri.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/ironis-jatim-ngutang-ke-pusat-tapi-beri.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy