$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

[Cek Fakta] Anies Baswedan Sebut Air Dimasukkan ke Tanah Sisanya Rumah Orang-Orang? Ini Faktanya

GELORABANGSA - Beredar sebuah foto tangkapan layar memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto itu beredar di media sosial. Ad...



GELORABANGSA - Beredar sebuah foto tangkapan layar memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto itu beredar di media sosial.

Adalah akun facebook Omar Shah yang turut mengunggah foto tersebut. Pada foto itu terdapat narasi seolah Anies memberikan saran terkait banjir.

Berikut narasinya:

"DiSeluruh dunia Air di masukin ke tanah

Sisanya masukin kerumah
orang - orang ... !!!."
Akun facebook Omar Shah membuat narasi terkait foto itu. Berikut narasi selengkapnya:

"Buat Walikota Semarang dan Gubernur JawaTengah, ini ada solusi mengatasi Banjir dari Ahlinya Banjir, semoga bermanfaat."

Penelusuran:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa solusi banjir dari Anies adalah memasukkan air ke tanah dan sisanya ke rumah sejumlah orang, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid dan resmi mengenai hal itu.

Foto Anies tersebut merupakan tangkapan layar dari sebuah video yang beredar pada 2017 lalu. Pada video itu, Anies sedang memberikan 'ceramah' di sebuah masjid.

Dari ceramah itu, beredar pernyataan kontroversial. Berikut pernyataannya:

"Dan ini aneh, betul-betul aneh. Ini bukan kampanye tapi saya sampaikan di sini. Di satu sisi menyiapkan jalur-jalur air untuk dikirim ke laut. 

Di sisi lain, di laut dipasang dengan pulau reklamasi. Tinggal tunggu waktu jadi rob. Air balik. Dan ini melawan sunatullah. Kenapa? Air itu turun dari langit ke bumi bukan ke laut.

 Harusnya dimasukkan ke dalam bumi, masukkan ke tanah. Di seluruh dunia, air jatuh dimasukkan ke tanah. 

Bukan dialirkan pakai gorong-gorong raksasa ke laut. Jakarta telah mengambil keputusan yang fatal," kata Anies dalam sebuah video yang juga diunggah salah satu channel Youtube, 14 Desember 2017.

Namun dari pernyataan itu, tidak ada pernyataan Anies bahwa air selain dimasukkan ke tanah, juga dimasukkan ke rumah sejumlah orang atau penduduk. Beberapa waktu lalu kami juga menemukan isu senada.

Selengkapnya dapat dibaca di sini:

Kesimpulan:

Klaim bahwa solusi banjir dari Anies adalah memasukkan air ke tanah dan sisanya ke rumah sejumlah orang, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid dan resmi mengenai hal itu.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan).

 Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok.

 Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.






S: Medcom


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: [Cek Fakta] Anies Baswedan Sebut Air Dimasukkan ke Tanah Sisanya Rumah Orang-Orang? Ini Faktanya
[Cek Fakta] Anies Baswedan Sebut Air Dimasukkan ke Tanah Sisanya Rumah Orang-Orang? Ini Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-AL8bFn3z_YI/YCEgeARs9OI/AAAAAAAAKDU/3Jjmokww-K8SaTRxP8VTo_9MPPU0E2uIQCLcBGAsYHQ/w558-h640/Screenshot_2021-02-08-18-25-02-84.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-AL8bFn3z_YI/YCEgeARs9OI/AAAAAAAAKDU/3Jjmokww-K8SaTRxP8VTo_9MPPU0E2uIQCLcBGAsYHQ/s72-w558-c-h640/Screenshot_2021-02-08-18-25-02-84.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/cek-fakta-anies-baswedan-sebut-air.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/02/cek-fakta-anies-baswedan-sebut-air.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy