$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Waspadalah!!! Virus Misterius Ini Kabarnya Lebih Mematikan Dari Covid-19. Ini Penyebabnya.

GELORABANGSA - Dari berita CNN per tanggal 3 januari 2021 yang berjudul “ Ahli Temukan Wabah Disease X yang Disebut Mematikan” sangat mengk...



GELORABANGSA - Dari berita CNN per tanggal 3 januari 2021 yang berjudul “ Ahli Temukan Wabah Disease X yang Disebut Mematikan” sangat mengkhawatirkan.

Covid-19 saja belum usai, lalu muncul wabah yang lebih berbahaya dan mematikan itu.

Kebayang ngak bagaimana susahnya menanggulangi covid-19 yang sudah berjalan setahun ini. 

Vaksin yang didambakan masih seperti simpang siur. Metode terapi plasma konvalesen juga masih ada yang belum paham.

 Lalu kini diberitakan akan ada lagi wabah yang lebih berbahaya, ditemukan di Afrika.

Dulu, Entah benar atau tidak, kabarnya virus covid-19 ini juga berasal dari hewan. Ada yang bilang dari kelelawar langka dari daratan Afrika, dan ada juga yang bilang dari tikus dan binatang-binatang liar.

Bahkan kita masih ingat awal-awal covid menyerang manusia, ada banyak video yang menjijikkan tersebar. 

Ada orang yang lagi makan anak tikus yang masih hidup-hidup, ada yang makan kelelawar mentah-mentah dan sejenisnya, pokoknya jijiklah. Saya sih ngak mau lihat video itu lagi.

Menurut Professor Jean-Jacques Muyembe Tamfum yang pernah membantu menemukan virus Ebola pada tahun 1976 menyebutkan bahwa umat manusia menghadapi potensi virus mematikan baru yang tidak diketahui jumlahnya.

"Kita sekarang di dunia di mana patogen akan bisa keluar dan mengancam kemanusiaan," kata Muyembe.

Saat pertama kali Ebola ditemukan, virus berbentuk cacing ini telah membunuh 88 persen pasien dan 80 persen staf yang bekerja di rumah sakit Misi Yambuku Republik Demokratik Kongo.

Di Ugende, seorang pasien dirahasiakan namanya karena menderita penyakit misterius ini telah dites ebola tapi hasilnya negatif. Karena itulah terus diwaspadai.

Karena itu, Prof Muyembe memperingatkan kemunculan lebih banyak penyakit zoonosis atau penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia di masa depan. Sangat mengkhawatirkan.

Nampaknya ini ulah manusia sendiri ya? Begitu tega memperlakukan hewan-hewan liar dengan kejam. Telah merusak ekologi dan memperdagangkan satwa liar hanya demi keuntungan sesaat saja.

Penyakit-penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia diantaranya : demam kuning, berbagai bentuk influenza, rabies, brucellosis, dan penyakit Lyme. 

Penyakit ini ditularkan melalui perantara seperti hewan pengerat atau serangga. Mereka pernah menyebabkan epidemi dan pandemi sebelumnya.

Dan tampaknya jika manusia semakin rakus membantai hewan-hewan itu, maka ke depannya penyakit-penyakit pandemi lebih berbahaya dari covid-19.

Covid-19 ini mungkin saja hanya peringatan awal bahwa akan ada yang lebih berbahaya lagi, tunggu tanggal mainnya.

Pada tahun 1901 saja, yaitu saat demam kuning mewabah dari hewan ke manusia, terdapat 200 virus lain yang diketahui sebagai penyebab penyakit pada manusia. Nah, bagaimana kalau tahun-tahun mendatang?

Menurut Mark Woolhouse, seorang profesor epidemiologi penyakit menular di Universitas Edinburgh, telah meneliti bahwa spesies virus baru ditemukan dengan kecepatan tiga hingga empat kali setahun. Mayoritas berasal dari hewan. Sungguh sangat cepat.

Tampaknya alam ini akan semakin rusak, sementara manusia sibuk dengan agenda-agenda politik dan capaian-capaian ekonomi yang hanya berbicara soal cuan atau keuntungan semata. 

Padahal keuntungan terbesar itu adalah tetap menjaga bumi ini dalam keseimbangannya. Kebahagiaan sejati itu bukan pada kekuasaan memonopoli sumber kekayaan bumi ini.

Ketika manusia membantai hewan-hewan liar, maka hewan-hewan kecil yang seharusnya menjadi makanan hewan liar itu justru jumlahnya lebih banyak. 

Misalnya tikus itu bisa jadi makanan bagi hewan-hewan liar pemakan daging. Tapi karena hewan liarnya sudah dibantai, maka jumlah tikus semakin banyak.

Namun ternyata tikus jadi menu makanan manusia. Jangan-jangan manusianya ini ingin mengganti posisi hewan-hewan liar dan buas itu? Maka karena itulah, virus-virus begitu mudah masuk ke tubuh manusia. 

Dan dari satu manusia menular ke manusia lainnya. Dan ini bisa dibilang terjadi kerusakan ekologi kan?

Bahkan ada banyak ilmuwan yang mengaitkan antara ebola dengan pengrusakan hutan hujan. Ini jelas logis dan bisa ilmiah.

Sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan bahwa 25 dari 27 wabah Ebola yang terletak di sepanjang batas bioma hutan hujan di Afrika Tengah dan Barat antara 2001 dan 2014 dimulai di tempat-tempat yang telah mengalami deforestasi sekitar dua tahun sebelumnya. Dan wabah Ebola zoonosis muncul di daerah yang kepadatan populasi manusia tinggi dan virus dapat menular dengan cepat.

Sungguh mengerikan kan?

Dan disinilah muncul sebuah pertanyaan dari seorang teman di group pengajian. Saudara Ardy, teman di satu group WA bertanya kepada Ustad Muhammad Rusli Malik, yang sering memberikan ceramah kajian tafsir Quran.

Ardy bertanya setelah membaca berita itu, “Ustadz, mohon pencerahannya, bagaimana memposisikan Islam sebagai sebuah gerakan ekologi?”

Dan Ustad Muhammad Rusli Malik pun menjawabnya dengan bijak dan bernas,

“Masalah ekologi menurut saya Wi (Panggilan Ardy) adalah efek langsung dari krisis epistemologi dan ideologi. 

Kerusakan lingkungan secara besar-besaran terjadi setelah Revolusi Perancis, yang merupakan simbol awal kekuasaan global dari Empirisme (yang melahirkan materialisme konsumtif hedonistik) dan Kapitalisme Liberal.

“Sejak itu eksploitasi ekologi secara besar-besaran terjadi di hampir seluruh dunia. Mulai dari Safana di Afrika, Borneo di Asia Tenggara, hingga Amazon di Amerika.

“Sejatinya, Islam adalah solusi atas masalah tersebut. Tapi sayangnya, Islam yang "dimunculkan" adalah Islam yang ultra konservatif yang cara pandangnya sangat tekstual dan agresif. 

Sehingga krisis ekologi, alih-alih turut berkontribusi memperbaikinya, malah menjadi "bagian" dari sindikat kapitalisme global perusak lingkungan tersebut.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَا دُ فِى الْبَرِّ وَا لْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّا سِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS. Ar-Rum 30: Ayat 41)”

Demikianlah jawaban Ustad. Semoga kita bisa menjaga alam ini, memahami hidup bukan hanya untuk memuaskan nafsu serakah tapi ada yang lebih utama dan penting dari itu.

 Ini juga bagian dari menegakkan kemanusiaan dan keadilan, sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila.

Begitulah kura-kura...




S:Seword


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Waspadalah!!! Virus Misterius Ini Kabarnya Lebih Mematikan Dari Covid-19. Ini Penyebabnya.
Waspadalah!!! Virus Misterius Ini Kabarnya Lebih Mematikan Dari Covid-19. Ini Penyebabnya.
https://1.bp.blogspot.com/-5n4MdqxEk-w/X_Pdg0vObnI/AAAAAAAAH2g/at2AB5HwcnsSQ0wgQktnKVewLspbVLGwQCLcBGAsYHQ/w640-h440/WDMoWkwxmE-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-5n4MdqxEk-w/X_Pdg0vObnI/AAAAAAAAH2g/at2AB5HwcnsSQ0wgQktnKVewLspbVLGwQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h440/WDMoWkwxmE-feature.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/waspadalah-virus-misterius-ini-kabarnya.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/waspadalah-virus-misterius-ini-kabarnya.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy