$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sekali Mensos Tri Rismaharini Blusukan di Wilayah Anies Baswedan Coba Lihat Hasilnya, Kata Lurah

GELORABANGSA - Lurah Pegangsaan, Parsiyo menyampaikan alasan warga yang sempat tinggal di kolong flyover di Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pu...



GELORABANGSA - Lurah Pegangsaan, Parsiyo menyampaikan alasan warga yang sempat tinggal di kolong flyover di Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat yang enggan untuk direlokasi.

Melakukan pembersihan bangunan liar di bantaran kali maupun kolong flyover bukanlah hal yang mudah.
 
Terkadang, para petugas membutuhkan waktu sebelum akhirnya sekitar lokasi berhasil disterilkan.

Hal itu juga nampaknya berlaku saat Parsiyo mengetahui ada bangunan liar berupa bedeng di wilayahnya, tepatnya di kolong flyover yang ada di Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Imbas luas bangunan rumah tak sebanding dengan jumlah anggota keluarga, sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) sempat membuat bedeng di sekitar lokasi.

"Jadi kalau waktu relokasi warga yang di sini ke rumah mereka enggak terlalu lama. Mereka juga kooperatif, meski 2 diantara 6 KK tak memiliki tempat tinggal lain. Keduanya mengatakan sanggup menyewa kontrakan," katanya di lokasi, Senin (4/1/2021).

Tak tinggal diam, Parsiyo turut menawarkan warga untuk relokasi ke tempat yang lebih nyaman seperti rumah susun.

Sayangnya, tawaran tersebut ditolak oleh warga dengan alasan lokasi rusun jauh dari tempat usaha mereka.

"Kami tawarkan relokasi, bukan hanya ke 2 KK itu saja, tapi kepada warga yang tinggal di sini yang kondisi rumahnya padat juga sudah kami tawarkan untuk menempati Rusun. Tapi jawabannya karena Rusun dari tempat tinggal disini atau mata pencaharian yang mereka kerjakan di sini dianggap jauh karena adanya di Jakarta Timur dan Jakarta Utara," ujarnya.

Suasana di kolong flyover Pegangangsaan, Menteng, Jakarta Pusat yang sedang dilakukan pembersihan, Senin (4/1/2021).
Suasana di kolong flyover Pegangangsaan, Menteng, Jakarta Pusat yang sedang dilakukan pembersihan, Senin (4/1/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)
Pembersihan tahap finishing

Pembersihan kolong flyover di Pegangsaan masuki tahap finishing.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini sempat blusukan ke kolong jembatan tersebut.

Rencananya, lokasi tersebut akan disulap menjadi taman dan tempat rekreasi warga.

Sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) yang sempat mendiami kolong flyover sudah dipindahkan ke tempat tinggalnya di RW 3 Kelurahan Pegangsaan.

"Pembersihannya kita mulai dari Sabtu kemarin, jadi dua hari Sabtu-Minggu yang diteruskan finishing," ucap Parsiyo.

"Hari ini bisa dilihat sudah bersih dan 6 KK yang menempati tempat ini sudah kembali ke rumahnya masing-masing," imbuh dia mengatakan.

Suasana di kolong flyover Pegangangsaan, Menteng, Jakarta Pusat yang sedang dilakukan pembersihan, Senin (4/1/2021).
Suasana di kolong flyover Pegangangsaan, Menteng, Jakarta Pusat yang sedang dilakukan pembersihan, Senin (4/1/2021). 

(TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)
Parsiyo menegaskan keenam KK tersebut bukanlah tunawisma, melainkan memiliki rumah di RW 3 yang berada tak jauh dari lokasi.

Namun, karena luas rumah tak sebanding dengan anggota keluarga, maka mereka berinisiatif membuat tempat tinggal berupa bedeng di kolong flyover.

Kendati begitu, 2 dari 6 KK yang ada diakuinya tak memiliki tempat tinggal dan sanggup menyewa kontrakan.

"Dari pagi sudah disemprot disinfektan oleh Damkar. Kemudian dibersihkan lagi karena mau dilakukan pengecatan."

"Jadi semua barang-barang 6 KK tersebut sudah tidak ada. Yang 4 KK kembali ke rumahnya, yang 2 KK sisanya mengatakan sanggup mengontrak karena bekerja sebagai sopir bajaj," katanya menandaskan.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini menemui warga penghuni kolong tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara (30/12/2020).
Menteri Sosial, Tri Rismaharini menemui warga penghuni kolong tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara (30/12/2020). (DOK KEMENSOS)
Bakal dicat

Penataan kolong flyover di Pegangsaan akan melibatkan warga sekitar.

Usai 6 KK dipindahkan dari kolong flyover, pembersihan di lokasi mulai memasuki tahap finishing.

Parsiyo mengatakan dalam kurun waktu 2 bulan, kolong flyover akan dijadikan ruang interaksi.

Di mana di dalamnya terdapat taman dan tempat bermain.

"Hari ini kita bersihkan dulu, kita minta bantuan dari Damkar untuk membersihkan ini. Dari pagi disemprot disinfektan, kemudian disemprot sampai bersih karena mau di cat," jelasnya di lokasi, Senin (4/1/2021).

Selanjutnya, Parsiyo akan melibatkan warga Kelurahan Pegangsaan, khususnya warga sekitaran kolong flyover untuk melakukan penataan.

Sehingga bagi warga yang memiliki kreativitas dan potensi dalam dirinya bisa diajak berkolaborasi, terutama dalam hal membuat mural di kolong flyover.

"Mulai hari ini targetnya Pak Wali Kota bulan Februari akan selesai dijadikan ruang interaksi. Namanya ruang interaksi kami upayakan untuk ruang belajar dan bermain dan menggali bakat-bakat anak-anak yang ada di wilayah Pegangsaan. Tujuannya memang akan menggali potensi-potensi warga yang ada di sekitar sini untuk ikut menata ini tidak memandang usia jadi semuanya bisa ikut," katanya menandaskan.(*)


 

S: Tribunnews


Name

Berita,5371,Internasional,278,Nasional,4910,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Sekali Mensos Tri Rismaharini Blusukan di Wilayah Anies Baswedan Coba Lihat Hasilnya, Kata Lurah
Sekali Mensos Tri Rismaharini Blusukan di Wilayah Anies Baswedan Coba Lihat Hasilnya, Kata Lurah
https://1.bp.blogspot.com/-SDN0P2TKxnY/X_Qx5Qw6VGI/AAAAAAAAH3c/pE_-2dGgQQQTeoHZ2FAkO9I1NO48RZvqgCLcBGAsYHQ/w640-h374/Screenshot_2021-01-05-16-30-31-74.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SDN0P2TKxnY/X_Qx5Qw6VGI/AAAAAAAAH3c/pE_-2dGgQQQTeoHZ2FAkO9I1NO48RZvqgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h374/Screenshot_2021-01-05-16-30-31-74.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/sekali-mensos-tri-rismaharini-blusukan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/sekali-mensos-tri-rismaharini-blusukan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy