$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Rekening FPI Diblokir, PPATK Lacak dan Ungkap Aliran Dana FPI, Sponsor dan Bohir Kocar Kacir

GELORABANGSA - Dalam konferensi pers pengumuman pelarangan FPI, Mahfud MD didampingi oleh Menkumham, Mendagri, Kepala KSP, Jaksa Agung, Men...



GELORABANGSA - Dalam konferensi pers pengumuman pelarangan FPI, Mahfud MD didampingi oleh Menkumham, Mendagri, Kepala KSP, Jaksa Agung, Menkominfo, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala PPATK dan Kepala BNPT.

Mungkin pembaca banyak yang bertanya, untuk apa kepala PPATK ada di sana waktu itu. PPATK adalah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Dari namanya saja sudah jelas kalau PPATK memiliki wewenang mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang, menelurusi aliran dana dan mendeteksi transaksi keuangan yang mencurigakan.

Nah, apa kaitannya dengan FPI?

Mahfud MD menjelaskan alasannya. PPATK akan menelusuri aliran dana kepada FPI. Selain itu Mahfud mengundang Kepala BNPT Boy Rafli Amar untuk mencari tahu ada tidaknya keterkaitan ormas FPI dengan aksi-aksi teror.

Tidak lama kemudian, usai penetapan pelarangan FPI, rekening mereka juga telah diblokir oleh pihak berwajib. Tentu saja ini membuat banyak orang kalang kabut dan kebakaran jenggot. Kabarnya di dalam rekening tersebut masih ada sisa puluhan juta rupiah dan sudah hilang. Tanpa menuduh, pihak FPI bertanya-tanya siapa yang menggarong.

Ini juga masih belum terbukti apakah ada duit tersisa, atau duitnya segitu banyak, atau beneran hilang atau ini semua hanya drama seperti yang sering dilakukan mereka. FPI tidak bisa dipercaya perkataannya. Tidak konsisten. Lagian ngapain juga kalau misalnya pemerintah ngambil puluhan juta. Buat biayai infrastruktur? Hahaha.

Menurut pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji, setelah dinyatakan sebagai ormas terlarang, penegak hukum memiliki wewenang upaya paksa, misalnya wewenang memblokir rekening milik FPI.

"Memang dalam rangka pelaksanaan upaya paksa yang pro justitia, penegak hukum memiliki wewenang upaya paksa tersebut, termasuk pemblokiran rekening FPI, terlepas legalitas legal standing-nya," kata Indriyanto. 

Menurut dia, di dalam upaya paksa dimaksud penekanannya adalah tindakan hukum pemblokiran, bukan subjek standing-nya. 

Mengingat, pemblokiran rekening juga tentunya bisa disebut salah satu upaya tindakan hukum kepada pihak-pihak yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada bohir atau sponsor yang di balik semua kegiatan FPI? Ini terkait dengan kecurigaan dan pertanyaan dari publik, misalnya dari mana FPI dan gerombolannya mendapatkan dana untuk menggelar seluruh kegiatannya, termasuk aksi demo yang entah sudah berapa kali digelar. 

Satu kali aksi demo tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Minimal air minum dan nasi bungkus harus disiapkan. Hitung sendiri biayanya berapa. Sumbangan umat? Masih ada yang percaya hal beginian?
 
Pertanyaan selanjutnya adalah Rizieq yang mampu tinggal di Arab Saudi selama bertahun-tahun. Biayanya dari mana? Biaya hidup di sana mahal. Rizieq tidak sendirian, tapi beserta keluarganya di sana.

Diyakini ada kelompok atau aktor yang selama ini memang menjadi donatur pergerakan FPI di Indonesia.

Nah, inilah yang sedang ditelusuri dan dilacak apakah ada aliran dana aneh yang masuk dan keluar dari rekening FPI. 

Kecuali mereka cerdik dan main cantik, PPATK akan kesulitan melacaknya. Tapi, semoga saja ada satu celah blunder yang dapat mengungkap semuanya. Melihat pergerakan dan aktivitas FPI selama 3-4 tahun belakangan, rasanya tidak mungkin tidak ada sponsor.

Ada yang bilang, bisa saja dananya dari umat. Umat apa? Pengangguran? Makan aja kebanyakan harapkan nasi bungkus. Mau nyumbang apa lagi, paling nyumbang doa.

Seandainya dari hasil penelusuran, diketahui ada bohir yang terlibat di dalamnya, ini bakal menjadi heboh. Kasus ini akan memasuki babak baru yang lebih menegangkan. Ada dua yang mungkin bakal terjadi kalau PPATK menemukan keanehan.

Pertama, misalkan sang bohir atau sponsor terlibat dalam aliran dana masuk, maka ini adalah senjata yang sangat bagus untuk semakin memberangus FPI dan pihak-pihak yang terafiliasi secara politis.

Kedua, misalkan ketahuan ada aliran dana keluar ke aktivitas yang terkait teror, ini juga menjadi senjata makan tuan. Para petinggi dan pengikut bodohnya bakal berada dalam bahaya besar. Ini sangat serius.

Jadi teringat dengan berita baru-baru soal 20 ribu kotak amal yang digunakan untuk mendanai aktivitas teroris.

Sungguh menarik kalau dua hal di atas benar-benar terjadi. Ini bakal menjadi momentum baru untuk menyikat semuanya sampai tak tersisa.





S: Seword


Name

Berita,6001,Internasional,278,Nasional,5540,Opini,206,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Rekening FPI Diblokir, PPATK Lacak dan Ungkap Aliran Dana FPI, Sponsor dan Bohir Kocar Kacir
Rekening FPI Diblokir, PPATK Lacak dan Ungkap Aliran Dana FPI, Sponsor dan Bohir Kocar Kacir
https://1.bp.blogspot.com/-UFOjURRu9OY/X_Rx5lNuLAI/AAAAAAAAH6o/0P-U7axf03MeXMn04VEaoCWBvRMTzSNLgCLcBGAsYHQ/w640-h404/IMG_20210105_210250.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UFOjURRu9OY/X_Rx5lNuLAI/AAAAAAAAH6o/0P-U7axf03MeXMn04VEaoCWBvRMTzSNLgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h404/IMG_20210105_210250.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/rekening-fpi-diblokir-ppatk-lacak-dan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/rekening-fpi-diblokir-ppatk-lacak-dan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy