$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Prihatin Melihat Negara Tercarai-berai 4 Tahun Terakhir, SBY: Membahayakan Masa Depan Bangsa

GELORABANGSA - Menyambut tahun baru 2021 ini, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY mengutarakan pendapatnya...



GELORABANGSA - Menyambut tahun baru 2021 ini, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY mengutarakan pendapatnya tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia.

SBY mengemukakan pandangannya lewat akun Facebook resminya pada Jumat, 8 Desember 2021.

Pada unggahan tersebut, SBY menyoroti beberapa aspek yang kini menjadi masalah besar di Indonesia, di antaranya soal vaksinasi, perkenomian negara hingga terbelahnya masyarakat karena polarisasi sosial politik.

SBY mengakui bahwa masyarakat Indonesia saat ini terbelah menjadi beberapa kubu, yang harusnya hal itu tidak boleh terjadi.

Menurutnya, adanya kubu-kubu tersebut sudah berlangsung selama tiga hingga empat tahun lamanya.

Permasalahan awalnya dimulai dari dinamika politik pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2017 silam.

“Dengan tekun saya amati apa yang terjadi di negeri kita 3-4 tahun terakhir ini. Bermula dari dinamika politik pada Pilkada Jakarta tahun 2017, sepertinya dalam kehidupan masyarakat kita terbangun jarak dan pemisah yang semestinya tak terjadi,” ujar SBY, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Facebook SBY.

Seperti diketahui Pilkada Jakarta tahun 2017 silam berlangsung dengan sangat panas lantaran kental dengan isu SARA.

Tragedi penistaan agama menjadikan Ahok harus menerima hukuman penjara.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi KPU, Anies Baswedan akhirnya memimpin perolehan suara sebanyak 57,95 persen, dan menjadikannya Gubernur DKI Jakarta.

SBY merasa masyarakat dengan mudah melabeli golongan tertentu sebagai lawan lantaran tak sejalan dengan ideologi dan identitasnya.

“Sebagian kita menganggap mereka yang tidak sama identitasnya (agama misalnya), partai politiknya dan juga garis ideologinya adalah lawan,” katanya.

Perpecahan bangsa lantaran isu-isu tersebut dirasa sangat menyedihkan dan membahayakan keberlangsungan negara.

“Keadaan ini sungguh menyedihkan dan sekaligus membahayakan masa depan bangsa kita,” ujarnya.

SBY beranggapan bahwa polarisasi antar kubu politik yang sangat tajam membuat kehidupan demokrasi menjadi tidak sehat.

Kedepannya pemilihan calon pemimpin bisa jadi berpatokan pada ideologi tertentu saja.

Dalam mengatasi problema tersebut, SBY menganjurkan para pemimpin negara dan elemen bangsa harus bertemu dan berdialog.

“Mumpung belum terlalu jauh divisi dan polarisasi sosial serta politik di negeri kita, para pemimpin dan semua elemen bangsa harus sadar bahwa sesuatu harus dilaksanakan. Pembiaran dan inaction adalah dosa dan kesalahan besar,” ujar Presiden RI ke-6 ini.

Ia pun mengecam pihak-pihak yang justru memelihara polarisasi sosial-politik demi kepentingan pribadi.

“Kalau ada pihak-pihak yang berpikiran dan bertindak seperti itu, menurut saya mereka bukan hanya tidak bertanggung jawab tetapi juga tidak bermoral,” katanya.***




S: Tribunnews



Name

Berita,6392,Internasional,283,Nasional,5924,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Prihatin Melihat Negara Tercarai-berai 4 Tahun Terakhir, SBY: Membahayakan Masa Depan Bangsa
Prihatin Melihat Negara Tercarai-berai 4 Tahun Terakhir, SBY: Membahayakan Masa Depan Bangsa
https://1.bp.blogspot.com/-4zZNVE3_eSI/X_h_tFEIZGI/AAAAAAAAIJk/OsGozWCD9u0MUN2aLnUH46mLSdgvtT93QCLcBGAsYHQ/w640-h374/Screenshot_2021-01-08-22-50-49-65.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4zZNVE3_eSI/X_h_tFEIZGI/AAAAAAAAIJk/OsGozWCD9u0MUN2aLnUH46mLSdgvtT93QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h374/Screenshot_2021-01-08-22-50-49-65.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/prihatin-melihat-negara-tercarai-berai.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/prihatin-melihat-negara-tercarai-berai.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy