$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Modyar! Jawab Tuntutan Tommy, PUPR: Itu Lahan Sengketa!

GELORABANGSA - Seakan bangun dari tidur panjang, tiba-tiba nama Tommy dan Tutut mencuat kembali ke publik. Pasalnya dalam pembangunan tol D...



GELORABANGSA - Seakan bangun dari tidur panjang, tiba-tiba nama Tommy dan Tutut mencuat kembali ke publik. Pasalnya dalam pembangunan tol Desari yang dibangun pemerintah, ternyata berkaitan dengan anak cendana. 

Di satu sisi, ada perusahaan di bawah Tutut yang menikmati proyek tersebut. Tapi, dipihak lain, justru Tommy merasa dirugikan karena lahan dan bangunannya yang ikut terpakai ternyata belum diganti rugi. 

Tak tanggung-tanggung, Tommy langsung meluncurkan tuntutan 56,7 Milyar kepada pemerintah dan pihak swasta.

Entah kenapa lain bapak, lain pula anaknya. Berbeda dengan Soeharto yang tegas dan cerdik menyingkapi situasi. Anak-anaknya malah cenderung gegabah dan tak punya strategi. 

Jadilah gugatan Tommy menjadi bualan para netizen. Karena pada akhirnya, salah satu pihak tergugatnya adalah kakak kandung tertuanya sendiri.

 Entah bodoh atau tak acuh, yang jelas media sudha memberitakan kalau lahan yang digugat Tommy adalah proyek yang digarap Tutut. Dan kini, seakan alam ikut menyerang balik, akhirnya ketahuan kalau lahan yang dituntut ternyata masih berstatus sengketa.

Seperti diberitakan tempo.com, Tommy Soeharto sebelumnya menggugat Kementerian PUPR dan Kementerian ATR/BPN, Pemerintah DKI Jakarta, serta beberapa pihak swasta untuk membayar ganti atas bangunan miliknya yang tergusur akibat proyek Jalan Tol Desari.

 Tommy meminta para tergugat membayar ganti rugi sebesar Rp 56,7 miliar.
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) menjelaskan status lahan milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dalam proyek Jalan Tol Depok-Antasari (Desari). 

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan tanah seluas lebih-kurang 1.000 meter persegi milik Putra Cendara tersebut merupakan lahan sengketa.

"Ini tanah Pak Hutomo masuk kategori lahan sengketa kepemilikan tanah. Jadi kami tidak bisa bayarkan penggantian tanahnya (secara langsung) karena masih ada sengketa dengan pihak lain,” ujar Endra saat dihubungi Tempo pada Kamis, 28 Januari 2021.

Kementerian PUPR masih dalam proses membebaskan tanah milik Tommy Soeharto untuk menyelesaikan proyek Jalan Tol Desari.

 Proses pembebasan lahan itu melalui mekanisme konsinyasi yang penyelesaiannya dilakukan oleh pengadilan.

Menurut Endra, ada empat kategori lahan yang dibebaskan melalui konsinyasi. Kategori pertama ialah apabila harga penggantian tanah tidak sesuai dengan keinginan pemilik. Kategori kedua, status tanah tidak diketahui kepemilikannya alias unclear.

Kemudian kategori ketiga, tanah termasuk dalam objek perkara pengadilan atau berstatus sebagai jaminan. Adapun kategori keempat, tanah tersebut berstatus lahan sengketa.

“Untuk tanah Pak Tommy, karena masih sengketa, kami titipkan uangnya di pengadilan. Nanti dibayarkan pengadilan melalui konsinyasi,” ucap Endra.
 
Endra memastikan proses pembebasan lahan di proyek jalan bebas hambatan ini merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Nilai penggantiannya pun, kata dia, ditentukan oleh tim appraisal yang diklaim independen serta profesional.

“Mereka adalah tim penaksir harga tanah yang menghitung harga wajar tanahnya berapa,” ucap Endra.

Jalan Tol Desari membentang sepanjang 21,5 kilometer dari Depok hingga Antasari. Saat ini, pembangunan fase jalur Antasari-Sawangan sepanjang 12,1 kilometer telah selesai dan beroperasi secara normal. 

Total proyek yang telah kelar dibangun mencapai 56 persen, sementara sisanya ditargetkan rampung pada 2022.

Adapun dari 21,5 kilometer jalan tol tersebut, total kebutuhan lahan proyek mencapai 167,5 hektare. Sebanyak 79 persen lahan di antaranya diselesaikan melalui mekanisme pembayaran langsung kepada pemilik tanah.

Sementara itu, sisanya sebanyak 21 persen atau 23,4 hektare diselesaikan lewat konsinyasi. Hingga kini, jumlah lahan yang telah selesai dibebaskan ialah sebesar 110 hektare atau 66 persen dari kebutuhan.

Entah kenapa Tommy begitu blunder membuat gaduh di media. Tak sadarkah bahwa pundi-pundi kekayaan yang dimilikinya sejatinya berasal dari ketamakan keluarganya dalam merampok negara. 

Dengan kekayaan 9,7 triliunan, harusnya Tommy mengasingkan diri ketimbang diinvestigasi balik oleh pemerintah. Apalagi ternyata lahan yang dituntut adalah hasil sengketa. Bisa jadi lahan tersebut milik warga sekitar yang ia klaim di masa bapaknya.

Sudah masuk waktunya pemerintah tegas pada koruptor negara. Mau yang bersangkutan telah tiada, aset dan hartanya masih bisa ditelusuri. 

Periode kedua ini sudah diawali dengan baik lewat pembubaran FPI dan pembekuan seluruh keuangannya. Kini giliran para perampok negara yang harus diperlakukan tegas. 

Aturan baru harus dikeluarkan untuk menghukum para koruptor meski terjadi puluhan tahun silam. Termasuk menyita hasil kekayaan beserta asetnya.




S: Seword (nhia alif)


Name

Berita,6634,Internasional,310,Nasional,6165,Opini,254,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Modyar! Jawab Tuntutan Tommy, PUPR: Itu Lahan Sengketa!
Modyar! Jawab Tuntutan Tommy, PUPR: Itu Lahan Sengketa!
https://1.bp.blogspot.com/-DrgD0jdbJOY/YBPW19BRNSI/AAAAAAAAJd4/KyjQN1jYtdkQt8Sv2GIO-OYQCdCfmiybACLcBGAsYHQ/w640-h558/Screenshot_2021-01-29-16-25-56-59.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DrgD0jdbJOY/YBPW19BRNSI/AAAAAAAAJd4/KyjQN1jYtdkQt8Sv2GIO-OYQCdCfmiybACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h558/Screenshot_2021-01-29-16-25-56-59.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/modyar-jawab-tuntutan-tommy-pupr-itu.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/modyar-jawab-tuntutan-tommy-pupr-itu.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy