$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Mantan Wali Kota Padang: Jilbab Itu Kearifan Lokal, Kenapa Diributkan?

GELORABANGSA - Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar menegaskan bahwa aturan yang mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah buka...



GELORABANGSA - Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar menegaskan bahwa aturan yang mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru.

 Aturan berjilbab adalah sebuah kearifan lokal dan ini sudah dibuat lama sekali aturannya.

“Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung.

 Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. 

Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab,” katanya.

Fauzi menegaskan, selain menjaga kaum perempuan, melalui kebijakan tersebut juga dimaksudkan untuk mengembalikan budaya Minang.

“Apa yang kita lakukan dulu dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. 

Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas,” katanya dilansir Detik.com.

Dirinya menambahkan, peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut. “Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Kemana sekarang orang-orang itu?,” kata Fauzi.

Aturan soal jilbab ini sudah lama dibuat karenanya dirinya heran mengapa ini baru diributkan gara-gara segelintir orang. “Kebijakan itu sudah sangat lama dibuat. 15 tahun yang lalu. Kenapa sekarang diributkan?,” katanya.

Wali kota dua periode ini menambahkan bahwa aturan itu dibuat semata-mata untuk melindungi kaum perempuan. “Aturan ini awalnya imbauan, namun kemudian menjadi instruksi Wali Kota Padang karena saat itu SMA sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten,” tegasnya.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No 451.442/BINSOS-iii/2005. Salah satu poinnya mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim, namun di lapangan siswi nonmuslim juga mengenakan jilbab ini.

“Aturan itu saya yang buat,” katanya.

Ditambahkannya, aturan itu dibuat dengan semangat bukan paksaan bagi nonmuslim, tapi melindungi generasi bangsa.(EP)




S: Tribunnews



Name

Berita,6527,Internasional,283,Nasional,6059,Opini,210,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Mantan Wali Kota Padang: Jilbab Itu Kearifan Lokal, Kenapa Diributkan?
Mantan Wali Kota Padang: Jilbab Itu Kearifan Lokal, Kenapa Diributkan?
https://1.bp.blogspot.com/-K6DZbGh4ohg/YA0om8_7jqI/AAAAAAAAJLs/JsDJkG0ww7UV2NlNlarsaMEMyhJkiK4XgCLcBGAsYHQ/w640-h432/Screenshot_2021-01-24-14-56-29-40.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-K6DZbGh4ohg/YA0om8_7jqI/AAAAAAAAJLs/JsDJkG0ww7UV2NlNlarsaMEMyhJkiK4XgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h432/Screenshot_2021-01-24-14-56-29-40.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/mantan-wali-kota-padang-jilbab-itu.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/mantan-wali-kota-padang-jilbab-itu.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy