$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Kapten Vincent Duga Penyebab Sriwijaya Air SJ182 Jatuh Bukan karena Cuaca

GELORABANGSA - Pilot sekaligus YouTuber Kapten Vincent Raditya menduga, penyebab pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh, bukan karena faktor cua...



GELORABANGSA - Pilot sekaligus YouTuber Kapten Vincent Raditya menduga, penyebab pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh, bukan karena faktor cuaca.

Dia menduga ada penyebab lain yang membuat pesawat tersebut jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno - Hatta, Sabtu (9/1/2021).

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapten Vincent Raditya saat menjadi pembicara dalam acara Prime News CNN TV, Sabtu (9/1/2021).
 
Menurut Vincent, faktor cuaca diperkirakan sangat kecil membuat pesawat Sriwijaya Air jatuh. Walaupun sebelum kejadian, penerbangan Sriwijaya Air rute Jakarta - Pontianak itu sempat ditunda karena hujan ringan.

"Saya mungkin salah karena belum punya data, tapi sepengetahuan saya cuaca bukan satu hal yang (jadi penyebab), kecuali cuaca ekstrem," kata Vincent seperti dikutip Suara.com, Senin (11/1/2021).

Vincent menjelaskan, berbagai cuaca baik dan buruk menjadi suatu hal yang selalu dihadapi pilot setiap hari saat melakukan penerbangan.

"Cuaca itu sesuatu yang kita (pilot) hadapi sehari-hari. Penerbangan berjadwal, kami akan selalu bertemu dengan cuaca hujan, petir," ungkap Vincent.

Dalam menghadapi berbagai cuaca saat mengudara, pilot dilengkapi dengan alat bernama radar agar bisa menghindari sel-sel aktif atau cuaca buruk yang dapat mengganggu penerbangan.

Menurut Vincent, jika cuaca saat itu memang benar-benar buruk, seharusnya akan mengganggu penerbangan lainnya juga, tidak hanya pesawat Sriwijaya Air yang mengangkut 62 orang itu.

"Kalau dibilang (masalah) cuaca, kenapa enggak pesawat lain juga begitu (jatuh), tapi pesawat lain baik-baik saja. Sebenarnya cuaca buruk itu hal biasa yang dihadapi ketika kita terbang," ungkapnya.

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara Senin, 11 Januari 2021 | 14:03 WIB

"Kalau cuaca begini, ini sehari-hari kita hadapi di ketinggian 10 ribu ini, cuaca yang biasa menurut saya," kata kapten Vincent
Berdasarkan pengalamannya menjadi pilot yang menerbangkan banyak pesawat, cuaca hujan ringan yang dihadapi pesawat Sriwijaya Air kala itu biasa ditemui dalam penerbangan, bukan sebuah cuaca ekstrem yang berpengaruh besar terhadap penerbangan.

"Kalau cuaca begini, ini sehari-hari kita hadapi di ketinggian 10 ribu ini, cuaca yang biasa menurut saya," tukas Vincent.

Melanie Subono Kritik Keras

Sesaat setelah pesawat Sriwijaya Air jatuh di Kepulauan Seribu, Vincent langsung mendatangi lokasi diduga titik jatuhnya pesawat.

Ia juga langsung merekam lokasi tersebut dan membagikannya melalui akun YouTube miliknya yang memiliki jutaan subcriber.

Namun, unggahan itu justru menuai kritik dari sejumlah warganet, termasuk selebriti sekaligus aktivis Melanie Subono.

Melanie menyayangkan pembuatan konten dengan memanfaatkan insiden kecelakaan tersebut dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai pilot.

"Karet gelang dikasih nyawa. Bikin Konten. Sesama pilot padahal," sindir Melanie dikutip dari akun Instagram-nya, Minggu (10/1/2021).

Dalam unggahan itu, ia juga menunjukkan tangkapan layar konten YouTube Vincent Raditya yang berjudul "Live dari Dugaan Crash Site Sriwijaya SJ-182".

Melanie menyebut agar sebaiknya konten tersebut diambil beberapa minggu usai kejadian lantaran situasi yang masih sensitif



S:Suara


Name

Berita,6005,Internasional,278,Nasional,5544,Opini,206,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Kapten Vincent Duga Penyebab Sriwijaya Air SJ182 Jatuh Bukan karena Cuaca
Kapten Vincent Duga Penyebab Sriwijaya Air SJ182 Jatuh Bukan karena Cuaca
https://1.bp.blogspot.com/-1DtHUl9w5U4/X_z720LmdjI/AAAAAAAAIZM/XZ7ynEmL_Ag7_9zNJzOwGWKo3Qh9gtTJwCLcBGAsYHQ/w640-h358/Screenshot_2021-01-12-08-28-55-61.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1DtHUl9w5U4/X_z720LmdjI/AAAAAAAAIZM/XZ7ynEmL_Ag7_9zNJzOwGWKo3Qh9gtTJwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/Screenshot_2021-01-12-08-28-55-61.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/kapten-vincent-duga-penyebab-sriwijaya.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/kapten-vincent-duga-penyebab-sriwijaya.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy