$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Cek Fakta: Tiongkok Disebut Minta Pulau Jawa dan Sumatera Untuk Bayar Utang Indonesia, Ini Faktanya

GELORABANGSA - Tiongkok menjadi salah satu negara yang memberikan utang paling besar ke Indonesia. Untuk membayar utang tersebut, disebutka...



GELORABANGSA - Tiongkok menjadi salah satu negara yang memberikan utang paling besar ke Indonesia.

Untuk membayar utang tersebut, disebutkan jika Tiongkok meminta Indonesia menjual pulau Jawa dan Sumatera kepada mereka.

Hal ini bermula dengan adanya foto Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping sedang berjabat tangan disertai narasi tersebut:

“Utang Negara Bertambah, Cina minta Pulau Sumatera dan Jawa Dijual untuk Utang RI.”

Lantas, benarkah jika Tiongkok meminta Indonesia untuk menjual pulau Jawa dan Sumatera untuk membayar utang?

Berdasarkan hasil penelusuran Tim PikiranRakyat-Pangandaran.com dari laman Turn Back Hoax, foto yang beredar tersebut diambil dari jepretan fotografer Reuters saat kunjungan Joko Widodo ke Tiongkok.

Kedatangannya itu dalam rangka peringatan ulang tahun ke-65 hubungan kedua negara pada Maret 2015, di Balai Agung Rakyat di Beijing.

Melalui kunjungannya juga ditandatangani beberapa nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di berbagai bidang termasuk keuangan, perindustrian, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan antariksa.

Hoaks mengenai Tiongkok bukan hanya ini, sebelumnya beredar hoaks yang menyebutkan jika Tiongkok akan mengirim pasukannya ke Indonesia jika tragedi 98 terulang.

Faktanya isu tersebut sempat beredar di tahun 2016 setelah peristiwa Aksi pada tanggal 4 November 2016 atau dikenal dengan nama Aksi 411.

Isu mengenai Tiongkok akan mengirim pasukannya ke Indonesia ini pernah ditanggapi oleh pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Pihak Kemenlu diketahui telah melakukan klarifikasi langsung kepada pihak Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengenai kebenaran isu tersebut.

Hasil klarifikasi itu didapat bahwa Perdana Menteri RRT tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti yang beredar.

“Selamat sore tweeps, hati-hati dengan pemberitaan dari media online seperti ini,” cuit akun Twitter Resmi Kemenlu (@Kemlu_RI) pada tanggal 8 November 2016.

Berdasarkan pemaparan di atas mengenai kabar Tiongkok meminta Pulau Jawa dan Sumatera untuk bayar utang Indonesia adalah tidak benar.

Oleh sebab itu, informasi tersebut masuk ke dalam kategori hoaks misleading content atau konten yang menyesatkan.***




S: Pikiran rakyat



Name

Berita,6417,Internasional,283,Nasional,5949,Opini,208,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Cek Fakta: Tiongkok Disebut Minta Pulau Jawa dan Sumatera Untuk Bayar Utang Indonesia, Ini Faktanya
Cek Fakta: Tiongkok Disebut Minta Pulau Jawa dan Sumatera Untuk Bayar Utang Indonesia, Ini Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-KG6Hj1nzgVM/YAOchELkYVI/AAAAAAAAIvQ/jngr-SU895s-3dEHfMGkQQpUZ-Kp7vMiACLcBGAsYHQ/w640-h382/Screenshot_2021-01-17-09-08-30-43.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KG6Hj1nzgVM/YAOchELkYVI/AAAAAAAAIvQ/jngr-SU895s-3dEHfMGkQQpUZ-Kp7vMiACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h382/Screenshot_2021-01-17-09-08-30-43.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/cek-fakta-tiongkok-disebut-minta-pulau.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/cek-fakta-tiongkok-disebut-minta-pulau.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy