$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Catatan Besar Atas Hilangnya Jack Ma Usai Kritik Pemerintah

GELORABANGSA - Kadang kita suka berpikir kalau orang besar, orang yang tajir mlintir, orang yang berpengaruh, orang yang berkedudukan tingg...



GELORABANGSA - Kadang kita suka berpikir kalau orang besar, orang yang tajir mlintir, orang yang berpengaruh, orang yang berkedudukan tinggi, orang yang sangat terkenal, mereka itu tak ubahnya seperti manusia yang dijamin dari sisi keamanan, manusia yang tak mungkin bisa disentuh oleh hukum. 

Tapi ternyata, orang besar, orang yang tajir mlintir, orang yang berpengaruh, orang yang berkedudukan tinggi, orang yang sangat terkenal, itu semua hanya predikat yang menempel semata, tapi tidak merubah kondrat mereka sedikitpun sebagai manusia mortal.

Berita hilangnya seorang sebesar Jack Ma, sebagai contoh kasus nyata, ini membuktikan kalau ternyata di mata sebuah Negara, apalagi negara sebesar Cina, Jack Ma bukan siapa-siapa. 

Jack Ma bukan seorang yang lebih besar, lebih kaya, lebih berpengaruh, dan lebih terkenal dari negara Cina itu sendiri. Di mata Negara Cina, Jack Ma hanya satu dari 1.3 miliar rakyat Cina.

Jika Jack Ma atau siapapun merasa sudah besar, sudah sangat kaya raya, sudah menjadi orang penting untuk dunia, sedianya mereka tak memerlukan status kewarganegaraan. 

Sedianya, mereka memiliki "Stateless Man", orang yang memiliki keistimewaan sebagai Warga Negara Global. 

Atau mungkin sebaliknya, mereka mendapatkan hak istimewa untuk menjadi warga negara bagi negara manapun di dunia. 

Ada 192 negara di dunia, orang yang dianggap sudah sangat besar dan istimewa, sedianya dia diberi hak untuk memiliki 50 passport dari 50 negara yang berbeda. Itu baru kita sebut "Orang Besar".
 
Selama seorang manusia hanya bisa memiliki dan mengakui satu atau dua atau maksimal tiga kewarganegaraan, dan mereka pun harus tunduk atas seluruh kewajiban yang dibebankan dan patuh pada peraturan yang ditetapkan oleh negara yang memberikan kewarganegaraan tersebut, maka mereka tetap manusia biasa. 

Karena mereka masih wajib membayar pajak, harus setuju menyatakan setia pada negara dan menjunjung tinggi nama negara.
 
Tapi, sejujurnya, sampai hari ini saya masih tidak percaya kalau seorang Jack Ma menghilang. Apalagi media memberitakan atau menghubungkan hilangnya Jack Ma ini dengan pernyataan atau kritikan keras Jack Ma yang tujukan pada pemerintah negara Cina, tentang kurang inovasinya Pemerintah Cina mengenai uang digital. 

Jack Ma menyebut sistem bank dan keuangan China menghambat inovasi dan dikuasai oleh orang-orang tua. Dan hal itu yang membuat pemerintah China marah. 

Hingga Presiden China, Xi Jinping, sendiri yang turun tangan membatalkan penjualan saham perdana atau IPO Ant Financial, raksasa fintech yang dikendalikan Jack Ma.

Tapi dasar saya yang kebanyakan nonton film-film agen rahasia seperti Film "The Condor", film "Jack Ryan" dan film-film yang bertema politik lainnya, saya pun mulai berpikir, "Tak ada hal yang mustahil yang bisa dilakukan oleh lembaga intelegen negara untuk menghilangkan orang".

Indonesia sendiri pernah mengalami masa suram dimana banyak orang-orang yang bersikap keras terhadap pemerintahan Soeharto, tiba-tiba menghilang. 

Walaupun pemerintah sekarang, atau pemerintahan setelah Soeharto dilengserkan, berusaha membentuk satu lembaga non-struktural seperti Komnas HAM atau lembaga swasta seperti Kontras, yang khusus menangani penyelidikan dan pencarian atas orang-orang yang hilang itu, sampai hari ini, tetap saja kita tidak pernah mendengar ada kasus yang berhasil dibongkar.

Masa suram Indonesia ketika banyak orang hilang di masa Orde Baru, benar-benar telah membuat Indonesia trauma hingga akhirnya, sesaat Soeharto dilengserkan, undang-undang yang membenarkan tindakan menghilangkan orang itu pun dimatikan. Eeeeeh muncul ormas seperti HTI dan FPI. 

Lalu rakyat Indonesia sekarang menuntut pemerintah untuk bersikap tegas terhadap mereka. Bahkan tak sedikit yang meneriakan "bunuh" "hilangkan mereka dari bumi Indonesia".

 Ya percuma teriak sekeras apapun, pemerintah sekarang tak mungkin bahkan mustahil untuk bertindak menghilangkan orang. Sejahat apapun orang itu, hak asasi mereka untuk hidup katanya dilindungi undang-undang. 

Dan fakta lapangan yang kita lihat sekarang pemerintah atau negara Indoensia hanya bisa membubarkan dan memberikan status "Terlarang" pada ormas-ormas yang dituntut rakyat untuk "dihilangkan".

 Rizieq Shihab atau Yanuar Ismanto sampai sekarang tetap ada, bernapas, sehat bahkan masih bisa bersuara mempengaruhi orang lain.

Kembali pada Jack Ma. Kurang besar apa prestasi Jack Ma diakui dunia dan menempatkan dia sebagai orang besar? Dua bulan sudah Jack Ma menghilang, saya tetap melihat dunia masih terus berputar. 

Perusahaan Alibaba yang raksasa yang didirikan oleh Jack Ma, masih tetap beroperasional.

 Tak ada yang berubah kecuali kepanikan sesaat secara internal. Dan jika, hanya jika, Jack Ma tak pernah muncul kembali di kehidupan, maka dunia hanya akan mengenang dia.





S: Seword


Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Catatan Besar Atas Hilangnya Jack Ma Usai Kritik Pemerintah
Catatan Besar Atas Hilangnya Jack Ma Usai Kritik Pemerintah
https://1.bp.blogspot.com/--Z69GdFW7CE/X_O2btSDy8I/AAAAAAAAH18/rhXqhoyNohojwdpiPghJLUzc4wKHBnYtwCLcBGAsYHQ/w640-h372/Screenshot_2021-01-05-07-43-26-16.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--Z69GdFW7CE/X_O2btSDy8I/AAAAAAAAH18/rhXqhoyNohojwdpiPghJLUzc4wKHBnYtwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h372/Screenshot_2021-01-05-07-43-26-16.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/catatan-besar-atas-hilangnya-jack-ma.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2021/01/catatan-besar-atas-hilangnya-jack-ma.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy