$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sindiran JK: Cuma di RI Orang Terkayanya Pemilik Pabrik Rokok

GELORABANGSA - Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengkritik struktur dan kondisi ekonomi Indonesia yang didominas...



GELORABANGSA - Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengkritik struktur dan kondisi ekonomi Indonesia yang didominasi oleh sektor perusahaan rokok atau pabrik rokok.

Menurutnya, cuma Indonesia yang mampu menjadikan pengusaha pemilik pabrik rokok sebagai orang terkaya. 

Tidak ada satu negara pun yang menurutnya begitu.

Demikian disampaikan JK di acara International Virtual Conference: Sustainable Development and Its Challenges in the Changing World, Rabu 9 Desember 2020.

"Jadi, orang Indonesia berani, walaupun diancam kanker, dia tidak peduli, sehingga orang terkaya ke-1,2 dan 3 itu pengusaha rokok. Di mana dunia ini yang kayak gini, enggak ada," ungkap JK.

Jauh berbeda dengan Indonesia, orang-orang terkaya di Amerika Serikat, lanjut JK, adalah mereka yang memiliki perusahaan di sektor teknologi dan informasi atau IT.

"Perusahaan paling maju sekarang IT dulu tahun 60-70an perusahaan raksasa paling kaya itu perusahaan minyak, seperti Exxon, Chevron dan sebagainya," ucapnya.

Begitu juga dengan Korea Selatan yang memiliki perusahaan teknologi raksasa seperti Samsung. 

Sedangkan Jepang, dikatakan JK, orang terkayanya adalah pemilik perbankan.

"Di India, orang yang paling kaya justru yang punya energi. Di Indonesia yang paling beda dengan negara-negara lain, di dunia ini mungkin tidak ada," tegas Ketua Umum Palang Merah Indonesia tersebut.

Oleh sebab itu, JK menegaskan, selama dia menjabat sebagai wakil presiden di Indonesia, struktur ekonomi seperti itu berusaha dia ubah dengan menaikkan cukai hasil tembakau.

"Ternyata tidak terlalu berhasil karena banyak juga pendukungnya, termasuk di dalam pemerintah. Jadi ini masalah yang harus kita hadapi," tegas JK.

Menurutnya, jika orang terkaya Indonesia masih dipegang oleh para pengusaha pemilik perusahaan rokok, maka ekonomi Indonesia ke depannya tidak akan berkelanjutan.

"Karena kalau yang kaya 1,2 dan 3 pengusaha rokok, tidak sustainable ekonomi kita. Karena itu perlu ada satu upaya mendukung produktivitas," ungkap JK. (ren)




Name

Berita,6588,Internasional,310,Nasional,6119,Opini,247,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Sindiran JK: Cuma di RI Orang Terkayanya Pemilik Pabrik Rokok
Sindiran JK: Cuma di RI Orang Terkayanya Pemilik Pabrik Rokok
https://1.bp.blogspot.com/-F-0xTg_ID9w/X9Gk5EzMBqI/AAAAAAAAGYM/Z2Cild33wR8fXJrPEryA2Rkf0W7X7lCxACLcBGAsYHQ/w640-h358/Screenshot_2020-12-10-11-31-12-28.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-F-0xTg_ID9w/X9Gk5EzMBqI/AAAAAAAAGYM/Z2Cild33wR8fXJrPEryA2Rkf0W7X7lCxACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/Screenshot_2020-12-10-11-31-12-28.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/sindiran-jk-cuma-di-ri-orang-terkayanya.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/sindiran-jk-cuma-di-ri-orang-terkayanya.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy