$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

[Cek Fakta] Komnas HAM Bongkar Kebohongan Munarman dan Najwa Shihab? Ini Faktanya

GELORABANGSA - Beredar sebuah artikel yang menyebutkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkap hasil investigasi kematian...



GELORABANGSA - Beredar sebuah artikel yang menyebutkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkap hasil investigasi kematian enam anggota Front Pembela Islam (FPI) dalam bentrokan dengan polisi di tol Jakarta-Cikampek. 

Hasil investigasi Komnas HAM membongkar kebohongan Sekretaris Umum FPI Munarman dan Najwa Shihab.

Artikel dimuat di situs pelitanews.co dengan judul "Komnas HAM Bongkar Konspirasi Kebohongan Munarman FPI dan Najwa Shihab". Artikel dimuat pada 29 Desember 2020.

Akun facebook atas nama Andi Ronald membagikan artikel ini pada 29 Desember 2020.

Dalam artikel disebutkan, hasil investigasi Komnas HAM mementahkan keterangan yang disampaikan Munarman dan Najwa Shihab. 

Najwa Shihab menggambarkan kondisi luka enam anggota FPI dengan lubang tembakan dan luka lebam.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Komnas HAM membongkar kebohongan Munarman dan Najwa Shihab adalah salah. 

Faktanya, Komnas HAM belum memberikan kesimpulan hasil penyelidikan kasus tewasnya enam anggota FPI.

Dilansir dari medcom.id, Komnas HAM belum beri kesimpulan terkait penyelidikan kasus baku tembak anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan polisi. 

Penyelidikan insiden di kilometer (km) 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek itu dilakukan sejak 7 Desember 2020.

"Penting untuk kami utarakan, kami belum pernah ambil kesimpulan apa pun," kata Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam di kantornya, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 28 Desember 2020.

Anam menyayangkan banyak pihak yang berupaya menyimpulkan insiden itu. Hal tersebut mengarah ke informasi hoaks.

"Kalau ada berita kesimpulan kami pastikan itu hoaks," tegas dia.

Menurut Anam, pihaknya masih mengumpulkan sejumlah bukti insiden itu. Komnas HAM akan memanggil sejumlah ahli untuk memaparkan keterangan yang berkaitan dengan peristiwa.

"Kami coba semua informasi kita gali dan saat ini kita sedang konsolidasi temuan itu, keterangan itu dengan temuan Komnas HAM," ujar dia.

Dilansir medcom.id, sejauh ini mengungkap temuan sementara kasus baku tembak anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan polisi di kilometer (km) 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Komnas HAM menemukan tujuh proyektil di lokasi.

Selain itu, Komnas HAM juga menemukan empat selongsong peluru. Kemudian, sembilan serpihan mobil seperti lampu sein dan beberapa bagian mobil lainnya.

Temuan lainnya berupa earphone yang diduga berkaitan dengan insiden tersebut. Selanjutnya kamera pengintai atau CCTV di beberapa bagian area KM 50.

Meski menemukan banyak barang, pihaknya bakal mengecek dan mengonfirmasi ulang. Misalnya proyektil dan selongsong peluru yang harus diuji balistik.

Kesimpulan:

Klaim Komnas HAM membongkar kebohongan Munarman dan Najwa Shihab adalah salah. Faktanya, Komnas HAM belum memberikan kesimpulan hasil penyelidikan kasus tewasnya enam anggota FPI.

Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.






S: Medcom


Name

Berita,5387,Internasional,278,Nasional,4926,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: [Cek Fakta] Komnas HAM Bongkar Kebohongan Munarman dan Najwa Shihab? Ini Faktanya
[Cek Fakta] Komnas HAM Bongkar Kebohongan Munarman dan Najwa Shihab? Ini Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-LJ6vRd0Yuq0/X-wJx9VeTRI/AAAAAAAAHY4/z79CdVLGfBUSrkDi24Zb6wyZl86FhTAywCLcBGAsYHQ/w640-h320/IMG_20201230_120139.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LJ6vRd0Yuq0/X-wJx9VeTRI/AAAAAAAAHY4/z79CdVLGfBUSrkDi24Zb6wyZl86FhTAywCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h320/IMG_20201230_120139.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/cek-fakta-komnas-ham-bongkar-kebohongan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/cek-fakta-komnas-ham-bongkar-kebohongan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy