$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Amien Rais Minta Jokowi Mundur, Refly: Boleh Saja, yang Tidak Bisa Berontak Gunakan Kekuatan Senjata

GELORABANGSA - Pakar hukum tata negara, Refly Harun menanggapi pernyataan Amien Rais yang disampaikan di Restoran Pulau Dua, Senayan, pada ...



GELORABANGSA - Pakar hukum tata negara, Refly Harun menanggapi pernyataan Amien Rais yang disampaikan di Restoran Pulau Dua, Senayan, pada Kamis, 17 Desember 2020 lalu.

Seperti diketahui, Amien Rais menawarkan dua hal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari jabatannya atau melakukan rekonstruksi ulang negara.

Tanggapan tersebut disampaikan Refly melalui satu unggahan di kanal YouTube pribadinya Refly Harun, Jumat 18 Desember 2020.

Sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com, Refly mengatakan bahwa seorang warga negara boleh meminta kepala negaranya untuk mundur dari jabatannya.

“Warga negara boleh meminta penguasanya mundur, yang tidak boleh itu memberontak, menggunakan kekuatan senjata untuk meminta seorang kepala negara mundur,” ucap Refly.

Menurutnya, tidak ada yang salah apabila ada seorang warga negara yang mengemukakan pendapatnya.

“Kalau menyampaikan opini, tidak ada masalah menurut saya, demikian juga melakukan unjuk rasa juga tidak masalah,” katanya.

Ia menegaskan bahwa warga negara tidak boleh memaksa untuk meminta mundur seorang kepala negara

“Dalam tanda kutip. (tidak boleh) di luar koridor konstitusional. Sebab seorang presiden bisa diganti itu ada tiga. 

Pertama, melalui election yang diatur dalam Pasal 6a, kemudian diatur juga mengenai pemberhentian presiden yaitu Pasal 7a, 7b, dan 7c ya, lalu yang ketiga yakni pengunduran diri, Pasal 8,” ujarnya.

Ia menilai, sepanjang hal itu melalui jalur konstitusional, tidak ada masalah.

“Yang tidak boleh adalah coup d’Etat, yaitu melakukan pengambilalihan kekuasaan. Itu namanya kup (kudeta), sebagaimana yang sering terjadi di Thailand,” kata Refly.

Refly menerangkan, dalam kesempatan di Restoran Pulau Dua, sebenarnya tidak hanya bicara mengenai tuntutan Amien Rais itu, tapi lebih pada tuntutan bagaimana menyelesaikan kasus 6 laskar FPI dan Habib Rizieq.

“Jadi ada 3 tuntutan. Satu adalah bagaimana menyelesaikan masalah laskar FPI dengan sejujur-jujurnya, yang kedua adalah membebaskan Habib Rizieq karena dianggap telah dikriminalisasi, dan yang ketiga yaitu membentuk sebuah tim pencari fakta gabungan yang independen,” ucapnya.

Refly mengungkapkan bahwa dirinya tidak berada dalam posisi berpendapat.

Karena menurutnya, yang penting warga negara boleh berpendapat sepanjang itu di dalam koridor konstitusi.

“Jadi yang setuju mundur, boleh. Yang tidak setuju mundur juga boleh,” kata Refly.***




S: pikiran rakyat



Name

Berita,6154,Internasional,283,Nasional,5686,Opini,207,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Amien Rais Minta Jokowi Mundur, Refly: Boleh Saja, yang Tidak Bisa Berontak Gunakan Kekuatan Senjata
Amien Rais Minta Jokowi Mundur, Refly: Boleh Saja, yang Tidak Bisa Berontak Gunakan Kekuatan Senjata
https://1.bp.blogspot.com/-0AJbpMbnD7s/X97MrIwC5TI/AAAAAAAAGvI/HEE4kbEx2fIuZ33iQDyORlDLg37FjlwSQCLcBGAsYHQ/w640-h406/Screenshot_2020-12-20-11-00-22-32.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0AJbpMbnD7s/X97MrIwC5TI/AAAAAAAAGvI/HEE4kbEx2fIuZ33iQDyORlDLg37FjlwSQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h406/Screenshot_2020-12-20-11-00-22-32.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/amien-rais-minta-jokowi-mundur-refly.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/12/amien-rais-minta-jokowi-mundur-refly.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy