$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Viral Chat Ancaman Penjual pada Pembeli yang Tanya Produk, Pakar Hukum Angkat Bicara

GELORABANGSA - Sebuah percakapan atau chat WhatsApp yang berisi ancaman dari seorang penjual terhadap pembelinya viral di media sosial....



GELORABANGSA - Sebuah percakapan atau chat WhatsApp yang berisi ancaman dari seorang penjual terhadap pembelinya viral di media sosial.

Dalam percakapan tersebut, sang penjual tampak marah pada pembelinya yang tak jadi beli setelah menanyakan produk.

Penjual tersebut mengatakan, seharusnya sang pembeli tidak menghubunginya melalui WhatsApp jika hanya sekadar bertanya.

Ia lantas mengancam bahwa pembelinya dapat dikenakan pasal KUHP dan pihaknya akan menyebarkan data pribadi pembeli tersebut.

"Berujung gak jadi beli, jangan ke wa!

Kakak nanya di wa itu kita bayar ke facebook loh. Kakak baca di penawaran kita gk?

Kalo cuma mau nanya, itu di inbox/dm seperti yg lainnya, jangan sampe masuk ke wa kaya gini.

Kalo sampe ke wa, kakak artinya beli, kalo engga beli kakak kena UU KUHP jual beli online..

Jangan sampai di blokir kalo gak ingin kena UU ITE. Karena waktu kakak klik dari iklan sampe masuk ke wa, data kakak kerekam oleh kami.

Gimana nih? Kakaknya mau kena UU KUHP & datanya kita sebar?" begitu bunyi pesan dari sang penjual.

"Kata-kata penjual itu adalah ancaman pada pembeli yang dapat dihukum melalui UU ITE karena dilakukan di medsos," kata Agus saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Selasa (16/9/2020).

Agus menambahkan, menurutnya, pasal KUHP yang digunakan penjual untuk mengancam pembelinya juga tidak tepat dalam kasus ini.

"Bukan tidak ada aturan yang melarang di KUHP tapi kurang tepat digunakan dalam kasus ini," jelasnya.

Ia menjelaskan, perbuatan mengancam melalui media sosial termasuk dalam kejahatan berbasis elektronik.

Pelaku kejahatan tersebut dapat dikenakan hukuman yang diatur dalam UU ITE Nomor 19 Tahun 2016.

"Terutama ketentuan Pasal 29 dan Pasal 48 B," lanjut Agus.

Berikut bunyi Pasal 29 UU ITE:

"Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi."

Sementara itu, menurut Agus, penjual yang melakukan ancaman tersebut dapat dipidana penjara maksimal 4 tahun dan denda paling banyak Rp 750 juta.

Hal itu sebagaimana yang diatur dalam Pasal 45B UU ITE, berikut bunyinya:

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah)."

Agus mengatakan, dalam penjelasan Pasal 45B UU ITE, dijelaskan bahwa ketentuan dalam pasal ini termasuk juga di dalamnya perundungan di dunia siber yang mengandung unsur ancaman kekerasan atau menakut-nakuti dan mengakibatkan kerugian materiil pada seseorang.

"Yang dihukum adalah perbuatan melakukan ancaman kepada konsumen melalui medsos atau internet, maka cukup menggunakan UU ITE sebagai UU Khusus (lex specialis) yang mengecualikan KUHP sebagai UU bersifat umum (lex generalis)," jelas Agus.

Sumber: tribunnews


Name

Berita,4766,Internasional,277,Nasional,4306,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Viral Chat Ancaman Penjual pada Pembeli yang Tanya Produk, Pakar Hukum Angkat Bicara
Viral Chat Ancaman Penjual pada Pembeli yang Tanya Produk, Pakar Hukum Angkat Bicara
https://1.bp.blogspot.com/-BhvDN0Yke8Y/X2C7vF5I-mI/AAAAAAAANF8/z6uDzTRuN6ARF-LExhUVat-J3ePJaUpCwCLcBGAsYHQ/s640/448ffc17eb0e1fa59bfaf2816946206c.webp
https://1.bp.blogspot.com/-BhvDN0Yke8Y/X2C7vF5I-mI/AAAAAAAANF8/z6uDzTRuN6ARF-LExhUVat-J3ePJaUpCwCLcBGAsYHQ/s72-c/448ffc17eb0e1fa59bfaf2816946206c.webp
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/viral-chat-ancaman-penjual-pada-pembeli.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/viral-chat-ancaman-penjual-pada-pembeli.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy