$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Ngeri! PPATK Temukan Aliran Dana Transaksi Jiwasraya Hingga Rp 100 T

GELORABANGSA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan terus menyelidiki semua aliran dana terkait kasus gag...



GELORABANGSA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan terus menyelidiki semua aliran dana terkait kasus gagal bayar di PT Asuransi Jiwasraya.

Kepala PPATK, Dian Ediana Rae menyatakan total aliran dana terkait Jiwasraya mencapai Rp100 triliun sejak Januari 2008 hingga Agustus 2020.

Kata dia, total aliran dana tersebut meliputi transaksi baik melalui saham, reksa dana, dan pihak lain.

"Hasil analisis kami untuk tidak menimbulkan persepsi salah, bahwa total aliran dana yang kami maksud dari Januari 2008 sampai dengan Agustus 2020 sebesar Rp100 triliun. Uang keluar masuk Jiwasraya dengan MI [manajer investasi] atau pihak lain," kata Dian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen seperti melansir cnnindonesia.com.

Dian pun mengaku dalam penyelidikan pihaknya butuh waktu yang tak sebentar karena pihaknya menyelidiki semua aliran dana, baik yang besar maupun kecil.

Dia menjelaskan prinsip kerja PPATK adalah mengikuti aliran uang alias follow the money.

"Komplikasi kasus ini cukup besar, semua aliran dana sekecil apapun harus kita ikuti. Ini memakan waktu lumayan signifikan, pemeriksaan dilakukan dengan 53 bank, dan 49 non bank juga," ujar Dian.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan meminta aparat penegak hukum mengusut dugaan pihak-pihak lain ikut terlibat dalam kasus mega korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Menurutnya, kasus yang sudah merugikan negara Rp16,8 triliun ini diduga melibatkan pelaku lainnya selain enam orang terdakwa yang sudah ditetapkan Kejaksaan Agung.

Berangkat dari itu, ia berkata, Komisi III DPR juga mendesak agar aparat melakukan penelusuran terkait pejabat lainnya di lingkungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

"Benny Tjokro hanya pengusaha golongan ekonomi lemah. Di belakangnya ada yang hebat, saya tidak menuduh orang, saya menyatakan tolong ini bapak telaah," ujar Arteria.

Arteria juga sempat menyebut nama Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk ikut diperiksa karena repo saham di Jiwasraya lewat grup Rifan Financindo.

Menurutnya, Rifan Financindo memiliki kaitan dengan Rosan yang merupakan pemimpin perusahaan tersebut.

"Transaksi repo saham di Jiwasraya enggak pernah juga diidentifikasi dengan baik. Apa di situ enggak ada korupsi dan pemufakatan jahat pak? Saya kasih contoh yang dilakukan Rosan Perkasa Roeslani," kata dia.

"Ada hal yang namanya grup Rifan? Namanya Rifan Financindo Asset Management, Rifan Financindo Sekuritas, chairmannya itu Pak Rosan, transaksi ini bertambah pak," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono menyampaikan bahwa usulan Komisi III DPR terkait nama-nama maupun perusahaan lain yang diduga ikut terlibat akan menjadi bahan masukan bagi pihaknya untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Nanti kalau ada perkembangan siapapun masih terbuka," ujar Ali.

Sumber: lawjustice


Name

Berita,4743,Internasional,277,Nasional,4283,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Ngeri! PPATK Temukan Aliran Dana Transaksi Jiwasraya Hingga Rp 100 T
Ngeri! PPATK Temukan Aliran Dana Transaksi Jiwasraya Hingga Rp 100 T
https://1.bp.blogspot.com/-h04kPP6XQGU/X1QyF10yuuI/AAAAAAAAMwY/IcH_y8CQCIEV7PtawebkqyYWFF5MAWwSwCLcBGAsYHQ/s640/bdb4fa164d7043e7fe8f86a2667eaeae_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h04kPP6XQGU/X1QyF10yuuI/AAAAAAAAMwY/IcH_y8CQCIEV7PtawebkqyYWFF5MAWwSwCLcBGAsYHQ/s72-c/bdb4fa164d7043e7fe8f86a2667eaeae_1.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/ngeri-ppatk-temukan-aliran-dana.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/ngeri-ppatk-temukan-aliran-dana.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy