$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Indonesia Dituding Pentagon AS sebagai Salah Satu Lokasi Pangkalan Militer China, Menlu Tegas Bantah

GELORABANGSA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang dipe...




GELORABANGSA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang dipertimbangkan untuk dijadikan lokasi pangkalan militer oleh China.

Laporan Pentagon yang disampaikan pada Kongres AS pada Selasa 1 September 2020 menyebutkan bahwa China berupaya membangun jaringan logistik di beberapa negara yang dapat mencakup sebagian besar Samudra Hindia.

Salah satu negara yang disebut AS tengah dipertimbangkan Beijing sebagai lokasi pangkalan logistiknya adalah Indonesia.

Dikutip dari Antara, informasi itu tertuang dalam Laporan tahunan Pentagon berjudul “Military and Security Development Involving the People’s Republic of China 2020” yang mengungkap rencana China untuk membangun jaringan logistik militer di Asia Pasifik.

Dilaporkan Nikkei Asian Review, Rabu 2 September 2020, dalam laporan setelah 200 halaman itu, China menganggap Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, dan negara-negara lain di Afrika dan Asia Tengah sebagai lokasi yang tepat untuk merealisasikan agenda tersebut.

Pemerintah China sendiri mengecam laporan Pentagon yang juga menyebut bahwa China ingin menambah dua kali lipat hulu ledak nuklir dalam satu dekade ke depan.

Laporan tersebut mengungkap bahwa China telah menyamai atau melampaui kekuatan militer AS di beberapa bidang pertahanan.

Kementerian Pertahanan China menegaskan bahwa laporan itu sama sekali salah tafsir serta mencemarkan nama baik militer China.

Pemerintah China mengatakan laporan tersebut adalah contoh terbaru dari ketakutan AS untuk membenarkan anggaran militernya sendiri sebagai yang tertinggi di dunia.

Sementara itu, merespon tudingan AS tersebut, seperti dikutip di Warta Ekonomi pada artikel "Geger RI Jadi Pangkalan Militer China, Retno Tangkis Pentagon," dengan sindikasi konten dari Okezone, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi tegas memberikan bantahannya.

Menlu Retno tegas menyatakan bahwa Indonesia tidak akan menjadi basis atau pangkalan militer negara mana pun.

Pada pengarahan kepada media, Menlu Retno mengatakan Kemlu RI telah membaca laporan Pentagon tersebut dan menyatakan Indonesia tidak akan dapat dijadikan basis militer RRT, atau negara mana pun.

"Secara tegas saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara mana pun," jelasnya, Jumat 4 September 2020.

Selain Indonesia, laporan Pentagon juga menyebutkan sejumlah negara lain di Asia dan Afrika yang mereka yakini dipertimbangkan Beijing sebagai lokasi pangkalan militer, di antaranya Myanmar, Pakistan, Kamboja, Vanuatu, dan Kepulauan Solomon.

Sumber: pojoksatu


Name

Berita,4175,Internasional,259,Nasional,3733,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Indonesia Dituding Pentagon AS sebagai Salah Satu Lokasi Pangkalan Militer China, Menlu Tegas Bantah
Indonesia Dituding Pentagon AS sebagai Salah Satu Lokasi Pangkalan Militer China, Menlu Tegas Bantah
https://1.bp.blogspot.com/-IiEjKK8bddQ/X1IuIqToX8I/AAAAAAAAMrI/o-dmwHHEvY49ezTDgd6OT-9OBdGSnFKDQCLcBGAsYHQ/s640/20200904_200729.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IiEjKK8bddQ/X1IuIqToX8I/AAAAAAAAMrI/o-dmwHHEvY49ezTDgd6OT-9OBdGSnFKDQCLcBGAsYHQ/s72-c/20200904_200729.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/indonesia-dituding-pentagon-as-sebagai.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/indonesia-dituding-pentagon-as-sebagai.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy