$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Heboh! Sejumlah Warga Bali Tiba-tiba Keluhkan Kehilangan Fungsi Indra Penciuman

GELORABANGSA - Sejumlah warga di Kecincang, Bebandem, Karangasem, Bali mengeluhkan tiba-tiba kehilangan fungsi indra penciuman. Kepala ...



GELORABANGSA - Sejumlah warga di Kecincang, Bebandem, Karangasem, Bali mengeluhkan tiba-tiba kehilangan fungsi indra penciuman. Kepala Dinas Kesehatan Karangasem Gusti Bagus Putra Pertama bicara soal penyebab warga kehilangan fungsi indra penciuman itu.

"Jadi kalau yang datangnya pengakuan ini kan datangnya pengakuan warga ya, karena saat pada kita tanya berdasarkan riwayat mereka karena kepikiran aja karena memang tidak ada gangguan misalkan gangguan penciuman kan berarti ada tersumbat hidungnya atau ada membuat reseptor untuk penciuman ini sudah terputus di hidungnya," kata Bagus saat dihubungi, Sabtu (5/9/2020).

"Tapi saat ditanya apakah bapak ibu bapak mengalami pilek? tidak, sakit tenggorokan? tidak, itu artinya kan hanya kepikiran (COVID-19)" sambungnya.

Dinkes Karangasem juga masih memantau kondisi warga yang mengeluhkan kehilangan fungsi indra penciuman itu. Vitamin untuk warga tersebut juga dipantau.

"Yang masih keluhkan ini kita pantau terus melakukan istirahat kemudian vitamin dipantau oleh petugas kesehatan yang mewilayahi puskesmas tapi yang dilaporkan sebelumnya kan tidak terlaporkan ya hanya mengaku mungkin saya merasa sebentar kemudian muncul lagi itu yang dibilang banyak warganya tetapi sampai ke akses petugas kesehatan belum ada kecuali yang kita pantau-pantau akibat kasus konfirmasi kasus kontak maupun kasus infeksi penyaluran nafas," ujarnya.

Warga yang mengalami kehilangan fungsi indra penciuman tidak bisa dipastikan angkanya. Menurut pengakuan tokoh masyarakat setempat, ada puluhan warga yang mengeluhkan.

"Dari pengakuan tokoh masyarakat di sana sih ada (puluhan) tapi sedang membaik tapi tidak bisa memastikan berapa semua kan karena sepintas merasakan kemudian pakai beberapa ahli tradisional di sana kemudian balik lagi," ujar Bagus.

Bagus juga mengatakan masyarakat sempat khawatir kehilangan indra penciuman itu berkaitan dengan COVID-19.

"Itu kan karena mendengar sekarang COVID-19 pandemi COVID warga masyarakat ini was-was jangan-jangan kemarin-kemarin keluhan saya yang tidak bisa merasakan bau itu ini ada hubungannya dengan gejala COVID," kata Bagus.

Dinas Kesehatan Karangasem langsung turun ke lapangan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Menurut Bagus, yang dikeluhkan masyarakat tidak ada mengarah ke gejala COVID-19.

"Itu sebenarnya awalnya kemudian langsung kita turun kita mengedukasi semuanya gitu dan ini kalau keluhan itu kan sama sekali nggak ada pilek nggak ada batuk," ujar Bagus.

Sementara itu, Bagus juga menegaskan masyarakat yang mengeluhkan kehilangan fungsi indra penciumannya secara tiba-tiba sembuh dengan sendirinya. Sampai saat ini masih ada 2 warga yang masih kehilangan fungsi penciuman indranya, namun berangsur-angsur sudah membaik.

"Tetapi karena masih yang dua ini, 'oh saya kemarin-kemarin sebulan lalu 2 bulan lalu mengeluh itu jangan-jangan gejala COVID seperti itu. Seperti itulah kita edukasi yang sekarang tidak ada keluhan ya sudah selesai pastikan, yang jelas sekarang sudah sehat masyarakat di sana," ujarnya.

"Sekarang yang masih 2 ini ya kita pantau jadi dengan pemantauan kita sarankan istirahat dan mengikuti protocol kesehatan itu aja yang masih sisa 2," pungkasnya.

Sumber: detik


Name

Berita,4204,Internasional,259,Nasional,3762,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Heboh! Sejumlah Warga Bali Tiba-tiba Keluhkan Kehilangan Fungsi Indra Penciuman
Heboh! Sejumlah Warga Bali Tiba-tiba Keluhkan Kehilangan Fungsi Indra Penciuman
https://1.bp.blogspot.com/-eVw0IiJIayU/X1SlUVujoQI/AAAAAAAAMxg/dgD-dDin05IA6PnMkpbG14pI5shc6W0lACLcBGAsYHQ/s640/1f5d0bb7-f62f-43fd-830d-48d06bfa0257_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-eVw0IiJIayU/X1SlUVujoQI/AAAAAAAAMxg/dgD-dDin05IA6PnMkpbG14pI5shc6W0lACLcBGAsYHQ/s72-c/1f5d0bb7-f62f-43fd-830d-48d06bfa0257_169.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/heboh-sejumlah-warga-bali-tiba-tiba.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/09/heboh-sejumlah-warga-bali-tiba-tiba.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy